PENERAPAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI

Authors

  • Bambang Sahono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Ismaren Ismaren 2ESekolah Menengah Atas Negeri 1 Tebingtinggi, Empat Lawang Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2848

Keywords:

Penerapan potrofolio, Kreativitas, dan Prestasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan portofolio untuk meningkatkan kreativitas siswa, (2) mendeskripsikan penerapan portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dan (3) mendeskripsikan efektifitas penerapan portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilanjutkan dengan eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Empat Lawang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan tes. Analisis data menggunakan rata-rata (mean) dan uji - t. Simpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan portofolio dapat meningkatkan kreativitas siswa, (2) penerapan portofolio dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan (3) penerapan portofolio efektif untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran Biologi

References

Akbar, Reni. 2001. Kreativitas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV Wacana Prima.

Baharuddin. H. (2009). Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Campbell, N. A. 2009. Biology. Concepts and Connections. California: The Benjamin/Cummings Publishing.

Fajar, Arni. 2009. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia.

Haribowo. 2000. Penilaian Portofolio (portofolio Asessment). Jakarta: Pelangi Pendidikan.

Irnaningtyas. 2016. Biologi untuk SMA/MA Kelas X, Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Erlangga.

John W Creswel. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.

Kurniawan, Heru. 2013. Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka cipta.

Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka cipta.

Nasir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999, hlm. 63.

Nasution S. 1996. Pengertian Belajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Grasindo.

Purwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Purwanto, Ngalim. 2007. Adminitrasi dan Superfisi Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Rangke L , Setia Adi, Hinduan : Model-Model mengajar Metodik Khusus Pendidikan Ilmu pengetahuan Alam Sekolah Dasar, makalah dalam penataran Calon Penatar Dosen Pendidikan Guru SD (Program D-II). 1990.

Rasyid, Harun; Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Rustaman, A. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.

Saptono S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: UNNES.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2000. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjoko. 2001. Membantu Siswa Belajar IPA. Yogyakarta. FMIPA UNY.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfa Beta.

Supriadi, Dedi. 2001. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK. Bangung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Tirtonegoro, Sutraitinah. 2001. Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusun Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

30-01-2020

How to Cite

Sahono, B., & Ismaren, I. (2020). PENERAPAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 23–38. https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2848

Issue

Section

Artikel