PENERAPAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2848Keywords:
Penerapan potrofolio, Kreativitas, dan Prestasi Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan portofolio untuk meningkatkan kreativitas siswa, (2) mendeskripsikan penerapan portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, dan (3) mendeskripsikan efektifitas penerapan portofolio untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilanjutkan dengan eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Empat Lawang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan tes. Analisis data menggunakan rata-rata (mean) dan uji - t. Simpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan portofolio dapat meningkatkan kreativitas siswa, (2) penerapan portofolio dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan (3) penerapan portofolio efektif untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran BiologiReferences
Akbar, Reni. 2001. Kreativitas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV Wacana Prima.
Baharuddin. H. (2009). Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Campbell, N. A. 2009. Biology. Concepts and Connections. California: The Benjamin/Cummings Publishing.
Fajar, Arni. 2009. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia.
Haribowo. 2000. Penilaian Portofolio (portofolio Asessment). Jakarta: Pelangi Pendidikan.
Irnaningtyas. 2016. Biologi untuk SMA/MA Kelas X, Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Erlangga.
John W Creswel. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.
Kurniawan, Heru. 2013. Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka cipta.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka cipta.
Nasir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999, hlm. 63.
Nasution S. 1996. Pengertian Belajar. Bandung: Bumi Aksara.
Ngalim Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Grasindo.
Purwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.
Purwanto, Ngalim. 2007. Adminitrasi dan Superfisi Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Rangke L , Setia Adi, Hinduan : Model-Model mengajar Metodik Khusus Pendidikan Ilmu pengetahuan Alam Sekolah Dasar, makalah dalam penataran Calon Penatar Dosen Pendidikan Guru SD (Program D-II). 1990.
Rasyid, Harun; Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Rustaman, A. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Saptono S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: UNNES.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2000. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjoko. 2001. Membantu Siswa Belajar IPA. Yogyakarta. FMIPA UNY.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfa Beta.
Supriadi, Dedi. 2001. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK. Bangung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tirtonegoro, Sutraitinah. 2001. Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusun Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |