PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Penulis

  • Bambang Sahono Universitas Negeri Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4101

Kata Kunci:

Model Pembelajaran snowball throwing dan prestasi belajar IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 47 Kota Bengkulu. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 47 di Kota Bengkulu yang berjumlah 23 orang, terdiri atas 9 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan tes, sedangkan teknik analisis data dengan rata-rata (mean) dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 47 Kota Bengkulu. Implikasi hasil penelitian ini adalah jika guru-guru ingin meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, maka dapat digunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing.

Referensi

Arif, Syaiful dan Riyanto, Tri. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar dan Minat Peserta Didik (Meta-Analisis Data). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 6 No. 3 Tahun 2017, 371-377.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aulia, Putri. 2014. Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar:Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan. Vol. 1 No. 2 Tahun 2014, 23-30.

Bayor, A. 2010. "Snowball Throwing”. Diunduh dari: http://akmaldebayor.blogspot.com/2010/05/snowball-throwing_08. html. Diakses pada tanggal 10 Februari 2020.

Cahyo, Ristian. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMKN 1 Panggelan Banjarnegara. Semarang: PPs Universitas Negeri Semarang.

Isjoni. 2009. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Johnson & Johnson. 2010. Cooperative Learning in the Classroom. Virginia, Association for Supervision and Curriculum Development.

Kemmis, S. & Mc.Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: DeakinUniversity Press.

Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ngalimun.2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin:Scripta Cendekia.

Saminanto. 2010. Model-model pembelajaran. Bandung: PT. Refika.

Rosidah, Ani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol. 3 No. 2. Edisi Juli 2017, 29-36.

Slavin. RE. 1997. Cooperative Learning. Second Edition. Allyn & Bacon. A Simon & Aschuster Company.

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: Teori riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Diterbitkan

2021-01-22

Cara Mengutip

Sahono, B. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. EDUCATE, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4101

Terbitan

Bagian

Artikel