Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Bambang Sahono Universitas Negeri Bengkulu
  • Bayu Insanistyo
  • Emi Agustina

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6791

Keywords:

Model Pembelajaran number head together (NHT), dan prestasi belajar IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrIPAikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 47 Kota Bengkulu. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 47 di Kota Bengkulu yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 13 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan tes, sedangkan teknik analisis data dengan rata-rata (mean) dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 47 Kota Bengkulu. Implikasi hasil penelitian ini adalah jika guru-guru ingin meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, maka dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

References

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Arpiah, A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika di MAN Balikpapan. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9 No. 1 FKIP ULM.

Atiyah, Umi, Untari, Mei Fita Asri dan Tsalatsa, Ahmad Nashir. 2019. "Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa”, International Journal of Elementary Education. Vol. 3, Number 1: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung, Yrama Widya.

Efgivia, M. Givi. 2020. Pemanfaatan Big Data dalam Penelitian Teknologi Pendidikan. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 5, No. 2.

Kemmis, Mc.Taggart R. 1993. Action Research a Short Modern History. Victoria, Deakin University Press.

Mulyana, Agisni Mutia; Hanifah, Nurdinah, dan Jayadinata, Asep Kurnia. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1 No. 1: Prodi PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang.

Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta, Gajah Mada University Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Slavin. RE. 1997. Cooperative Learning. Second Edition. Allyn & Bacon. A Simon & Aschuster Company.

Sudarwati, Budi Utami, dan Kus Sri Martini. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 4 SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 2: Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya, Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

31-01-2022

How to Cite

Sahono, B., Insanistyo, B., & Agustina, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 170–188. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6791

Issue

Section

Artikel