PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAMES PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 1 KELAS IV SDN SINDANG RASA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.5108Keywords:
Pengembangan Media, Board Games, Mata Pelajaran IPAAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan Board Game untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA Tema 1 pada pokok bahasan sifat – sifat bunyi kelas IV di SDN Sindang Rasa Bogor. (2) Mengetahui kelayakan Media Board Game sebagai kegiatan yang menunjang pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN Sindang Rasa Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa Media Board Game ini secara keseluruhan memperoleh nilai dengan kategori layak, dengan rincia presentase kelayakan media sebagai berikut: ahli desain pembelajaran dengan perolehan nilai keseluruhan 80,41%, ahli media pembelajaran dengan perolehan nilai keseluruhan 82,8%, ahli materi dengan perolehan nilai keseluruhan 86,5%. Selain itu, dilakukan uji one to one terhadap 3 peserta didik dengan total keseluruhan penilaian sebesar 88,5% dan uji coba small group terhadap 8 orang peserta didik dengan totak keseluruhan penilaian sebesar 80,28%.
References
Amri, Sofan dan Ahmadi Khoiru Lif. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta : Prestasi Pustaka.
A. P., Benny. 2016. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta : PRENADA MEDIA GROUP.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Besta, Nusantara dan Irawan, Andjrah Hamzah. 2012. Perancangan Boardgame Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Anak SD Kelas 1. Surabaya : JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 1, No. 1, (Sept. 2012) ISSN: 2301-928X.
Himmaie, Y, Adi, S, Ratih, SP. 2019, Pengembangan Permainan Papan (Board Game) Edukatif Sebagai Media Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Sekolah. Malang : http://journal2.um.ac.id/index.php/jfi k/index http://fik.um.ac.id/
Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Nasional Berbasis Mobile.
Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264 -
Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ jtp/article/view/8685
Parsaulian, MM, Simanjuntak, Afirianto, T, Wardhono, WS, Pengembangan Board Game Edukasi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus Permainan Ular Tangga). Universitas Brawijaya : Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548964X Vol. 3, No. 3, Maret 2019, hlm. 2425 - 2435
Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Puskurbalitbang.
Rayanto, Yudi Hari dan Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2D2 : Teori & Praktek. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institute 2020.
Rosdiana, Mila, Hidayar Nur Jefri, dan Nurbudi. R. Firman. 2017.
Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Sains Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pragaan Laok I. Universitas Wiraraja : ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 1, No. 2, Juli-Desember 2017 pISSN 2580-6890 eISSN2580-9075
Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Bogor. PT RajaGrafindo Persada.
Setyanugraha, F, Setyadi, DI. 2017, Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Mitigasi Kebakaran Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 8-12 Tahun Di Surabaya. Surabaya : JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 6, No.1, (2017) 2337-3520 (2301-928X Print)
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D : ALFABETA. Susilana, Rudi dan Riyadi, Cepi. 2009. Media Pembelajaran. Bandung : CV WACANA PRIMA.
Uno Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Akasara.
Widya Ana, Mawati Tentram Arin dkk. Pengantar Teknologi Pendidikan : Kita Menulis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dina Nurhayani, Dedi Supriadi, Maimunah ,
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |