PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN, MOTIVASI BERPRESTASI DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP BUDAYA MUTU GURU DINIYAH TAKMILIYAH PADA PENDIDIKAN DINIYAH SE KOTA BOGOR ( STUDI KASUS PADA GURU-GURU DINIYAH DI KOTA BOGOR)
DOI:
https://doi.org/10.32832/educate.v5i1.2843Keywords:
Implementasi Kebijakan, Motivasi Berprestasi, Model Pembelajaran Budaya Mutu dan Guru Diniya TakmiliyahAbstract
Abstrak : Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kususnya madrasah kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah :1). Implementasi Kebijakan Pendidikan, Model Pembelajaran, Motivasi Berprestasi terhadap Budaya Mutu Guru Diniyah Takmiliyah Bogor. 2). Implementasi Kebijakan Pendidikan terhadap Budaya Mutu Guru Diniyah Takmiliyah Bogor. 3). Model Pembelajaran terhadap Budaya Mutu Guru Diniyah Takmiliyah Bogor. 4). Motivasi Berprestasi terhadap Budaya Mutu Guru Diniyah Takmiliyah Bogor.
Metode Penelitian adalah kuantitaf dengan teknik pengambilan sample adalah simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin di dapat sebanyak 193 guru. Metode penelitian asosiatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda
Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1). Implementasi Kebijakan berpengaruh terhadap Budaya Mutu pada Guru Diniyah Takmiliyah Kota Bogor. 2). Model Pembelajaran berpengaruh terhadap Budaya Mutu pada Guru Diniyah Takmiliyah Kota Bogor 3). Motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap Budaya Mutu pada Guru Diniyah Takmiliyah Kota Bogor 4). Hasil analisis menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan, Model Pembelajaran, dan Movitasi berprestasi berpengaruh secara simultan terhadap Budaya Mutu pada Guru Diniyah Takmiliyah Kota Bogor.
References
Amirin, T. M. (2011). Populasi dan sampel penelitian 4: Ukuran sampel rumus Slovin. Erlangga, Jakarta.
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
D.P, P. D. E. and K. (1993). Learnig and Teaching 2nd ed. (nd). Massachussets: Allyn and Bacon.
Daerah, P. (2013). Lembaran daerah Kota Bogor Tahun 2013 Nomor 1 Seri E Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Diniyah Takmiliyah. Retrieved from https://jdih.kotabogor.go.id/assets/file/peraturan/20181221021032.pdf
Efgivia, M. G. (2007). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Sistem Informasi Managemen. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3).
Fauzi, A., & Nikmatullah, C. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Madrasah Diniyah Di Kota Serang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 157–178.
Husni, M., & Hasyim, M. (2017). Konsep Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Mutu Akademik Religius. Palapa, 5(1), 77–108.
Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.
Prastowo, A. (2014). Paradigma Baru Madrasah Dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 95–114.
Rachman, F., & Maimun, A. (2016). Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) sebagai Pusat Pengetahuan Agama Masyarakat Pedesaan (Studi tentang Peran MDT di Desa Gapura Timur Gapura Sumenep). 'Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman, 9(1), 55–94.
Rahmania, M., & Effendi, Z. M. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 1(2).
Sallis, E. (1993). Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Educational anagement Series.
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, Cet. Ke-3.
Santrock, J. . (2011). Edicational Psychologi (ed). McGraw Hill.
Wibowo, N., & Sutarto, H. P. (2014). Dampak implementasi SMM ISO 9001: 2008 terhadap budaya mutu pada SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |