Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan efisiensi manajemen sekolah

Authors

  • Ahmad Khumaidi Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Umdatul Mursiyah Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16573

Keywords:

Komunikasi, Manajemen sekolah, Teknologi informasi

Abstract

Implementation of a technologically successful academic management information system in schools has the potential to improve efficiency, effectiveness and the teaching and learning process. The aim of this research is to explore further the implementation of management information systems (MIS) to improve the quality of teaching and learning services. In the educational context, the management and use of MIS is an inseparable part of the teaching and learning process, student registration and other academic activities. MIS can effectively overcome various challenges in education, this shows that computerization technology is progressing. All stakeholders involved in the learning process, including school administrators, administrative staff, teachers, students, and parents, can easily manage information about student achievement and overall school progress using information technology. By using information technology, student learning management can be maximized, not only during class meetings, but also to obtain lesson-related information outside of face-to-face interaction and other school activities.

Abstrak

Implementasi sistem informasi manajemen akademik yang berbasis teknologi di sekolah memiliki potensi dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas serta proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih jauh tentang implementasi sistem informasi manajemen (SIM) untuk meningkatkan kualitas layanan pengajaran dan pembelajaran. Dalam konteks pendidikan, pengelolaan dan pemanfaatan SIM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar-mengajar, pendaftaran siswa, dan kegiatan akademik lainnya. SIM dapat secara efektif mengatasi berbagai tantangan dalam pendidikan, ini menunjukkan bahwa teknologi komputerisasi mengalami kemajuan. Semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pembelajaran, termasuk administrator sekolah, staf administrasi, guru, siswa, dan orang tua, dapat dengan mudah mengelola informasi tentang pencapaian siswa dan kemajuan sekolah secara keseluruhan dengan menggunakan teknologi informasi. Dengan menggunakan teknologi informasi, manajemen pembelajaran siswa dapat maksimal, tidak hanya pada saat pertemuan di kelas, akan tetapi juga untuk mendapatkan informasi terkait pelajaran di luar interaksi tatap muka dan kegiatan sekolah lainnya.

References

Adisel. (2019). Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran. Journal of Administration and Educational Management, Volume 4 Nomor 1 Edisi Mei 2019:105-112.

Aditiya, N., & Prastowo, A. Penggunaan Video Youtube pada Pembelajaran Daring untuk Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, Volume 9 Nomor 2 Edisi Juli-Desember 2021: 108-117

Arifudin, O. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web dalam Meningkatkan Mutu Siswa di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Volume 9 Nomor 1:100-109.

Ayuliana, Neva, Susanti, N., & Fahreza (2011). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Sistem Informasi Manajemen Sekolah: Studi Kasus pada SMA 78 Jakarta, ComTech, Volume 2 Nomor 2 Desember 2011: 1172-1191.

Idrus, A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Layanan Administrasi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja di SMA Negeri Kota Jambi. Tekno-Pedagogi Volume 4 Nomor 2: 20-31.

Nadeak. (2020). Manajemen Humas pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Nur, M., Harun, C.Z., & Ibrahim, S (2016). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie, Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 4 Nomor 1 Februari 2016

Sofyan. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Volume 13 Nomor 2 Edisi April 2020: 237-242

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304-318.

Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), Voume 7 Nomor 1 Edisi April 2020: 380-391.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Khumaidi, A., & Mursiyah, U. (2024). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan efisiensi manajemen sekolah. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 232–241. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16573

Issue

Section

Articles