Peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa MIN 1 Pali

Authors

  • Asmuni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Win Afgani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Afriantoni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Motivasi Belajar, Peran Guru, Rekayasa Pedagogik

Abstract

This research aims to analyze the role of teachers in providing student learning motivation at MIN 1 Pali. Strengthening and instilling motivation to learn is in the hands of the teachers. Because apart from students, the most important element in learning activities is the teacher. Teachers are educators who play a role in pedagogical engineering. Who prepares learning designs and implements them in the teaching and learning proccess. Teachers are the core key in the learning process, both in improving the quality of education and in providing learning motivation to students. There are many factors why students are less motivated to learn, both external factors and factors within the students themselves. The type of research used is a qualitative descriptive method. This research was carried out in class 4 MIN 1 Pali, taking teachers and students as subjects. Data was obtained through observation, interviews, documentation and recording. The research results show that the teacher's role in providing learning motivation to students has been carried out optimally. The role of the teacher includes as a learning manager, the teacher is able to adjust to student conditions, the teacher as a guide, as a facilitator, as a mediator, as a motivator and as an evaluator.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa di MIN 1 Pali. Penguatan dan penanaman motivasi belajar berada di tangan para guru. Karena selain siswa, unsur terpenting yang ada dalam kegiatan pembelajaran adalah guru. Guru adalah pendidik yang berperan dalam rekayasa pedagogik. Yang menyusun desain pembelajaran dan dilaksanakan dalam proses belajar mengajar. Guru merupakan kunci inti dalam proses pembelajaran, baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan maupun dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa. Banyak sekali faktor siswa kurang termotivasi untuk belajar, baik faktor dari luar maupun faktor dari dalam diri siswa itu sendiri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 4 MIN 1 Pali dengan mengambil subjek guru dan siswa. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa sudah dilakukan secara maksimal. Peran guru meliputi sebagai pengelola pembelajaran, guru mampu menyesuaikan kondisi siswa, guru sebagai pembimbing, sebagai fasilitator, sebagai mediator, sebagai motivator dan sebagai evaluator.

References

Abbas, St Aisyah. (2017). Kedudukan Guru sebagai Pendidik. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 3(1), 9-24.

Abdillah, Rendra H. (2020). Efektivitas BION (Bintang Online) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184-198.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Ismaya, Erik Aditia. 2013. Peranan Guru Profesional dan Berkarakter dalam Pembangunan Sumber daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional. PGSD Universitas Muria Kudus, 30 Maret 2013.

Fauziah, Amni (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 47-53.

Herliandry. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Idzhar, Ahmad. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221-228.

Istaryatuningtias, dkk. (2021). Implementasi Demokratisasi Kurikulum pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Transformation, 2(1), 93-104.

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52-62.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Putria, dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Rizawati. (2017). Hubungan antara Interaksi Edukatif Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 113-120.

Santi, N. N. (2016). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua Dan Persepsi Terhadap Kondisi Lingkungan Sekolah, Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 45-54.

Taufiq, A. U., Tina, K. T., & Djafar, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Awareness Training Terhadap Motivasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 10-16.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Asmuni, Afgani, W., & Afriantoni. (2024). Peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa MIN 1 Pali. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(5), 482–489. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JIEM/article/view/16978

Issue

Section

Articles