Program pembiasaan mushofahah terhadap guru untuk meningkatkan kualitas adab siswa MA Al-Hidayah Citaringgul
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i6.18032Keywords:
Pembiasaan, Mushofahah, Adab Terhadap GuruAbstract
The mushofahah habituation program is a very effective method in improving the quality of student manners at MA Al-Hidayah Citaringgul. Mushofahah, which is a tradition of shaking hands while praying for each other, teaches students about the importance of respect, politeness, and fostering harmonious relationships between students and teachers. Through mushofahah, students learn to appreciate the role of teachers as educators and leaders in schools. This study aims to describe and critically analyze the mushofahah program in improving student manners. A qualitative approach with a case study method was used, involving all students and teachers. Data were collected through interviews, observations, questionnaires, and documentation. Qualitative descriptive analysis includes four aspects: understanding and perception, participation, impact, and evaluation of the mushofahah program. The results showed that this program had a significant influence in shaping student manners, especially in respectful attitudes and better interactions between students and teachers.
Abstrak
Program pembiasaan mushofahah merupakan metode yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas adab siswa di MA Al-Hidayah Citaringgul. Mushofahah, yaitu tradisi berjabat tangan sambil saling mendoakan, mengajarkan siswa tentang pentingnya rasa hormat, kesopanan, serta membina hubungan yang harmonis antara siswa dan guru. Melalui mushofahah, siswa belajar menghargai peran guru sebagai pendidik dan pemimpin di sekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis program mushofahah dalam meningkatkan adab siswa. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan, melibatkan seluruh siswa dan guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis deskriptif kualitatif mencakup empat aspek: pemahaman dan persepsi, partisipasi, dampak, serta evaluasi program mushofahah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini memiliki pengaruh signifikan dalam membentuk adab siswa, khususnya dalam sikap hormat dan interaksi yang lebih baik antara siswa dan guru.
References
Abnisa, A. P. (2022). Adab Murid Terhadap Guru Dalam Perspektif Hadits di STAI Asy-Syukriyyah Tangerang. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah 1(2), hal. 92–103.
Al-Qudsy, Fauriyan. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Budaya Bersalaman dalam Upaya Menumbuhkan Akhlakul Karimah. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di FDIK UIN Raden Intan Lampung. (dipublikasikan).
Fitriana, N. (2018). Relevansi Pengetahuan Masyarakat Tentang Etika, Agama dan Berjabat Tangan Dengan Lawan Jenis Dalam Tinjauan Islam di Fakultas Syari’ah IAIN Madura. Research Gate: Jurnal Pendidikan Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir.
Hidayat, A. A. (2021). Studi Kasus Keperawatan; Pendekatan Kualitatif. Surabaya: Health Books Publishing.
Kadir, A. (2020). Konsep Adab Menuntut Ilmu Dan Mengajarkannya. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan 3(02), hal. 23–44.
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan. Metodeloginurin di RA Miftahul Falah Salatiga. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 9(2). hal 153-163.
Munadi, R. (2021). Berjabat Tangan Dalam Perspektif Hadis Nabi (Suatu Kajian Ma’anil Hadis). Media Dialog pemikiran Islam: Jurnal Ushuludin UIN Alauddin Makassar 23(2), hal. 99-115.
Nugroho, E. (2018). Prinsip-prinsip menyusun kuesioner. Malang: UB Press.
Prasetya, A. E. (2020). Implementasi Sikap Hormat pada Sekolah Berbasis Humanistik di SD Sanggar Anak Alam. Jurnal PGSD UIN Sanata Dharma Sleman 4(2), hal. 489-499.
Roosinda, W. F. & Salshabila, A. F. (2021). Rebranding Koperasi INTAKO Melalui Program Redecor Showroom dan Pemberdayaan Digital Marketing. Jurnal Warta LPM: FISIP UBHARA 24(2), hal. 176–186.
Samsul, A. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural di SMP Negeri Kecamatan Gedong Tataan Pesawaran. Doctoral Dissertation, Skripsi PAI UIN Raden Intan Lampung. (Dipublikasikan).
Sari, A. A. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu. (dipublikasikan).
Wardi, M., Mansur, A., & Kusuma, N. A. (2023). Implementasi Budaya Jabat Tangan Dalam Pembentukan Sikap Hormat Siswa di MI Al-Ghazali Rombasa Pragaan Sumenep. Jurnal Cendikia: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam 15(1), hal. 154-164.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Parhan, Bahrum Subagiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.