Optimalisasi pembelajaran baca tulis Alquran di MA Gaza Al-Islami Bogor

Authors

  • Aisyah Salsabila University of Ibn Khaldun
  • Chodidjah Makarim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Bahrum Subagiya Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i1.15958

Abstract

Baca Tulis Qur'an (BTQ) is a Qur'anic reading and writing lesson that must be given to every Muslim. This learning is usually carried out in every Islamic-based school in Indonesia. This study aims to determine the objectives, methods, strategies, and learning style tendencies of students in the learning process of reading and writing the Qur'an at MA Gaza Al-Islami Bogor. The method used in this research is qualitative with a field study approach (field research), data sources obtained from observation, interviews, documentation conducted at the school. This study found that the purpose of implementing learning to read and write the Qur'an is to explore the potential of students in reading and being able to write the Qur'an by exploring its content. There are two methods used in the learning process of introducing hijaiyah letters (makhorijul huruf) and the binnadzhor method. The strategy used by teachers in improving reading and writing skills is by paying attention to the ability of students, observing and choosing the right method. The learning styles of the learners include visual, auditive, and kinestic (VAK) learning styles, emphasizing that learning should take advantage of the sensory tools that students have.

Abstrak

Baca Tulis Qur’an (BTQ) adalah merupakan pembelajaran baca tulis Alquran yang wajib diberikan kepada setiap muslim. Pembelajaran ini biasa dilaksanakan di setiap sekolah yang berbasis kepada keislaman di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, metode, strategi, dan kecenderungan gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran baca tulis Alquran di MA Gaza Al-Islami Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research), sumber data didapatkan dari observasi, wawancara, dokumentasi yang dilakukan di sekolah. Penelitian ini menemukan bahwa tujuan pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Qur’an adalah menggali potensi peserta didik dalam membaca dan mampu menulis Alquran dengan mendalami isi kandungannya. Ada dua metode yang digunakan pada proses pembelajaran pengenalan huruf-huruf hijaiyah (makhorijul huruf) dan metode binnadzhor. Strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis yakni dengan cara memperhatikan kemampuan peserta didik, mengamati dan memilih metode yang tepat. Gaya belajar para peserta didik meliputi gaya belajar visual, auditif, dan kinestetik (VAK), dengan menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan alat indra yang dimiliki siswa.

References

Aprilia, A. (2023). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Quran Pada Siswa SMP Swasta PAB 2 Helvetia. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 65–82.

Hasiwa, A. P., & Darwis, M. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Membaca dan Menulis Alquran. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 678–685. doi: 10.57235/jleb.v1i2.1112

Ma’mun, M. A. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Alquran. Jurnal Annaba’STIT Muhammadiyah Paciran, 4(1), 2–10.

Mansur, S. (2011). Studi Agama Islam. FUDPRESS. Diambil dari http://repository.uinbanten.ac.id/3334/1/STUDI%20AGAMA%20ISLAM.pdf

Maulana, R. (2017). Motivasi Siswa SMAN 1 Kota Jantho dalam Membaca Alquran (PhD Thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Diambil dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1906/

Maulidiyah, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alquran Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III Di SDN Lambangkuning Probolinggo. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(2), 81–93. doi: 10.58355/competitive.v2i2.18

Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, mix method (mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Nurjayanti, D., Pudyaningtyas, A. R., & Dewi, N. K. (2020). Penerapan Program Taman Pendidikan Alquran (Tpa) Untuk Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 8(2), 183–195.

Nurseha, A., & Saputra, A. (2023). Upaya Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Baca Tulis Al-Quran. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 1062–1073.

Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: Panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.

Tibamani, S. (2020). Metode guru Alquran Hadits dalam mengatasi kesulitan baca tulis Alquran siswa kelas III MI Al-Madaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. UIN Mataram, Mataram.

Yani, A. (2020). Tujuan Inti Pesan Wahyu Alquran. Jurnal STIU Darul Hikmah, 6(1), 30–44.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Salsabila, A., Makarim, C., & Subagiya, B. (2024). Optimalisasi pembelajaran baca tulis Alquran di MA Gaza Al-Islami Bogor . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(1), 43–49. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i1.15958

Issue

Section

Articles