Analisis nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam buku The Art Of Life karya Abu Bassam Oemar Mita
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i4.19953Kata Kunci:
pendidikan nilai islamAbstrak
This study aims to analyse the values of Islamic education contained in the book The Art of Life by Abu Bassam Oemar Mita. This book is a non-fiction literary work that is full of moral and spiritual messages that are packaged in reflective and easy-to-understand language. This study uses a qualitative method using a library research approach and content analysis techniques to identify and examine the meanings contained in the text. The results show that this book contains Islamic educational values which include Aqidah values (faith in Allah Ta'ala and patience in facing life tests) and Akhlak values (sincerity, empathy, morals towards oneself, family, and in studying). The book does not explicitly discuss sharia or worship, but conveys these values implicitly through life narratives that guide readers to strengthen their spiritual relationship with Allah Ta'ala and improve themselves morally. This finding shows that da'wah literature such as The Art of Life book can be an effective educational medium in shaping Islamic character amidst the challenges of the modern era.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam buku The Art of Life karya Abu Bassam Oemar Mita. Buku ini merupakan sebuah karya sastra non fiksi yang sarat dengan pesan-pesan moral dan spiritual yang dikemas dalam bahasa reflektif dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research (studi kepustakaan) serta teknik analisis isi untuk mengidentifikasi serta mengkaji makna-makna yang terkandung dalam teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang meliputi nilai Aqidah (iman kepada Allah Ta’ala dan kesabaran dalam menghadapi ujian hidup) serta nilai Akhlak (ikhlas, empati, akhlak terhadap diri sendiri, keluarga, dan dalam menuntut ilmu). Buku ini tidak secara eksplisit membahas syariat atau ibadah, tetapi menyampaikan nilai-nilai tersebut secara tersirat melalui narasi kehidupan yang membimbing pembaca untuk memperkuat hubungan spiritual dengan Allah Ta’ala dan memperbaiki diri secara moral. Temuan ini menunjukkan bahwa sastra dakwah seperti buku The Art of Life dapat menjadi media pendidikan yang efektif dalam membentuk karakter Islami di tengah tantangan era modern.
Referensi
Ikhtiono, G. (2018). Dualism and Integration System of Education: Perspektif Sejarah. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 155.
Jarir. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Media Massa (Kajian Terhadap Rubrik Opini Riau Pos Tahun 2014-2017). Jurnal Ilmiah Keislaman, vol 5, no, 8–104.
Nabila, A. A. & Pratikno, H. (2022). Analisis Nilai Agama Islam pada Novel “Cinta Suci Zahrana” Karya Habiburrahman El Shirazy. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 121–126.
Nisa, M. (2020). Nilai- Nilai Religius Dalam Film Ajari Aku Islam Pendidikan Agama Islam.
Nur Aulia, F. (2020). Metodologi Penelitian. Uisi, EKONOMI, 33–37.
Priatna, T. (n.d.). Pendidikan Islam. 1–18.
Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180.
Septuri, D. H., & Ag, M. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Novel Api Tauhid Karangan Habiburrahman El-Shirazy Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Mendapatkan Gelar Sarjana S1 dalam Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.
Shafira, M., Afifah, D., Islam, U., & Sunan, N. (2023). Mitadalam Video Youtube.
Sita, N. K. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Ajari Aku Islam Karya Denu Pusung dan Relevansinya Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam. 1–78.
Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sumiyati. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. 17.
Yanti, S. R., & Rabiaty, R. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 22(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Azzahra Alfadhilah, Gunawan Ikhtiono, Asep Gunawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


