PEMANFAATAN APLIKASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK ADHD

Penulis

  • Siti Maesaroh Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Fanny Sidqia Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Aprilliantoni Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16601

Kata Kunci:

Aplikasi, E-learning, media, learning, ADHD

Abstrak

Salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sebagai bentuk perkembangan teknologi informasi adalah menggunakan e-learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan penggunaan media aplikasi e-learning pada anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan cara yang lebih efektif dan efisien serta membuat belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan media pembelajaran dapat lebih menarik dan efektif digunakan oleh anak ADHD melalui media aplikasi e-learning seperti web gamifikasi, quiziz dan video. Media aplikasi e-learning ini juga dapat menjadi solusi pembelajaran yang baik, karena biasanya siswa lebih menyukai pembelajaran yang menggunakan media yang menarik.

Referensi

Amka, M. (2016). Pendidikan Anak ADHD (Attenttion Deficit Hyperavctivity Disorder). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Astrella, N. B. (2018). ADHD Pada Anak Dengan Retardasi Mental. Jurnal psikologi. vol.5, No. 1. 38-49.

Aulia, R., & Hendriani, W. (2022). E-Learning Pada Visual Impairment: A Literature Review. Psikovidya. Vol. 26, No. 2.

Budiyarti, L., Agustini, N., & Rachmawati, I. N. (2022). Manfaat Intrervensi berbasis Digital Terapeutik Terhadap Peningkatan Atensi Dan Perilaku Regulasi Diri Pada Anak ADHD. Journal of Telenursing (JOTING). Vol 4, No 1.

Hafid, A. Utami, I. S. (2022). Studi Desain Perpustakaan Inklusi Berbasis ICT Bagi Penyandang Disabilitas Di Sekolah. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. ISSN 0740-8188.

Harahap, Y. S., Ginting, S. S. W., & Indriyani, N. K. (2023). Pendidikan Teknologi dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 7, No 1. 1898-1906.

Nisa, U., Rifandi, A., Mardiah, Syahrida, A.F. (2023). Early Detection Of Children With Special Needs And Adaptive Learning Design Program On Early Childhood Education. Vol. 7, No. 5.

Novriani, C., Iwa, R., Syahputri, R. P., Febiana, T. I., & Andriani, O. (2023). Fasilitas Yang Menunjang Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol. 1, No. 1 256-260.

Purnamasari, P. S. & Cahyono, R. (2002). Physchological Well-Being Orang Tua Dalam Mendampingi Anak pada Pembelajaran Daring Studi Fenomologi Orang Tua Dengan Anak ADHD di Usia Late Childhood. Khazanah Intelektual. Vol. 6, N0. 1.

Putra, A. S., Warnars, H. L. H. S., Abbas, B. S., Trisetyarso, A., Suparta, W. & Kang, C. H. (2018). Gamification in the e-Learning Process for children with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). The 1st 2018 INAPR International Conference, 7 Sept 2018, Jakarta, Indonesia. 978-1-5386-9422-0/18/$31.00 ©2018 IEEE.

Riski, I. A., Fajri, S. N., Maulina, A. R., Sari, D. P., Lauditta, A. E. Yoenanto, N. H., & Fardhana, N. A. (2020). Strategi Pembelajaran E-Learning Untuk ABK Pada Jenjang PAUD. Jurnal lentera anak. Vol. 01, No. 01.

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304-318.

Suradi, F. M., Prasetyo, T., & Rasmitadila.(2022). Pelayanan Belajar Bagi Anak ADHD Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Inklusif. Bulletin ilmiah pendidikan. Vol 1, Issue 1, pp. 1 – 10.

Wenno, I. A. & Amelia, W. (2023). Pelaksanaan blended learning pada anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV SD Tiranus Pondok Kopi). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 5 No. 1.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Vol. 2, No. 1.

Yunitasari, S. E., Emelda, E., Nofrianto, R., Heryani, Y., Eliyanah, E., & Hafid, P. Y. (2024). Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mendukung Program Inklusi di TKIT Lentera Insan CDEC Depok. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 347-352.

Diterbitkan

2024-06-11

Cara Mengutip

Maesaroh, S., Sidqia, F., & Aprilliantoni. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK ADHD. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 242–249. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16601

Terbitan

Bagian

Articles