Peran Artificial Intelligence dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.18834Kata Kunci:
Peran, Kecerdasan Buatan, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Technology has a significant impact on the formation of morals, ethics, morals and individual norms, especially for children who are in the education process. Since the advent of technology, there appears to be a decline in morals among children, where many of them prefer to play games or use social media, such as TikTok, and focus on activities such as top ups, rather than undergoing education, both formal and non-formal. . Apart from that, the influence of the social environment makes them tend to ignore their parents. This research adopts a qualitative approach and aims to explore the role of Artificial Intelligence (AI) technology in improving the quality of Islamic religious education (PAI). With rapid progress in the field of AI, there is great potential that can be exploited to improve learning methods and increase access to information in the PAI context. This research examines how AI technology can contribute to improving the quality of PAI. Rapid technological developments provide opportunities for AI to revolutionize learning methods and interactions between educators and students. AI, as a field of science that focuses on developing computers and systems capable of carrying out tasks that require human intelligence, has the potential to provide significant benefits in education. In the context of basic education, the presence of AI can optimize the learning process. By utilizing AI technology, teachers can monitor individual student learning progress and identify weaknesses or special needs that need to be addressed. The AI system can also provide learning recommendations tailored to student needs, thereby increasing the effectiveness of the educational process.
Abstrak
Teknologi memiliki dampak yang signifikan terhadap pembentukan akhlak, etika, moral, dan norma individu, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pendidikan. Sejak hadirnya teknologi, tampak adanya penurunan moral di kalangan anak-anak, di mana banyak dari mereka lebih memilih untuk bermain game atau menggunakan media sosial, seperti TikTok, serta berfokus pada aktivitas seperti top up, ketimbang menjalani pendidikan, baik formal maupun non-formal. Selain itu, pengaruh lingkungan sosial membuat mereka cenderung mengabaikan orang tua. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dan bertujuan untuk mengeksplorasi peran teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam (PAI). Dengan kemajuan yang pesat dalam bidang AI, terdapat potensi besar yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki metode pembelajaran serta meningkatkan akses informasi dalam konteks PAI. Penelitian ini mengkaji bagaimana teknologi AI dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas PAI. Perkembangan teknologi yang pesat memberi peluang bagi AI untuk merevolusi metode pembelajaran dan interaksi antara pendidik dan peserta didik. AI, sebagai bidang ilmu yang berfokus pada pengembangan komputer dan sistem yang mampu menjalankan tugas yang memerlukan kecerdasan manusia, berpotensi memberikan manfaat signifikan dalam pendidikan. Dalam konteks pendidikan dasar, kehadiran AI dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi AI, guru dapat memantau kemajuan belajar siswa secara individual dan mengidentifikasi kelemahan atau kebutuhan khusus yang perlu diatasi. Sistem AI pun dapat memberikan rekomendasi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, sehingga meningkatkan efektivitas proses pendidikan.
Referensi
Al-Kahfi, P. Y., Iskandar, O., Amanda, P., Cahyaningsih, N. P., Yuliyanti, N., Rahmadiani, R., & Nurul, A. D. (2023). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Peranan Teknologi Informasi Artificial Intelligen ce ( AI ). 1, 952–960.
Astuti, F. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Penguatan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Sistem Cerdas, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.37396/jsc.v4i1.124
Chanthiran, M., Ibrahim, A. B., Rahman, M. H. A., Mariappan, P., Supramaniam, J., & Ruskova, D. (2023). Utilize Fuzzy Delphi Method to Design and Develop T2IG Application for Primary Schools. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 32(1), 378–389. https://doi.org/10.37934/araset.32.1.378389
Fitri Sarinda, Martina Martina, Dwi Noviani, & Hilmin Hilmin. (2023). Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi (AI) Artificial Intelligence. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(4), 103–111. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i4.268
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intellegence Pendidikan Islam dan Dampaknya Dalam Distorsi. 13(1), 129–144.
Hamid, T., Chhabra, M., Ravulakollu, K., Singh, P., Dalal, S., & Dewan, R. (2022). A Review on Artificial Intelligence in Orthopaedics. Proceedings of the 2022 9th International Conference on Computing for Sustainable Global Development, INDIACom 2022, 365–369. https://doi.org/10.23919/INDIACom54597.2022.9763178
Hikmawati, N., Sufiyanto, M. I., & Jamilah. (2023). Konsep dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Manajemen Kurikulum SD/MI. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–16. https://jurnalinkadha.org/index.php/abuya/article/view/278
Indra, H. (2019). Revitalisasi Pendidikan Keagamaan Islam Era Digital 4.0. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 278–288. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i2.2408
Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 253–258. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843
Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, Putu Satya Saputra, & Made Santo Gitakarma. (2022). Peran Artificial Intelligence (Ai). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19, 1(2), 15–21.
Mahessa, F., Pangestu, R. P., Berwyn, A., & ... (2023). Pengenalan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Sekolah. APPA: Jurnal …, 1(4), 205–208. http://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/view/489%0Ahttps://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/download/489/348
Najib, A. C. (n.d.). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Modern Dalam Penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) Challenges for Islamic Religious Education Teachers in the Modern Era in the Use of Artificial Intelligence (AI). 13(2), 146–151.
Nova Sari, M. (2023). Pengaruh Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(3), 94–101.
Rulyansah, A., Mardhotillah, R. R., Budiarti, R. P. N., Afandi, M. D., & Aisah, P. L. (2022). Pengembangan Profesional Pendidik SD dalam Penggunaan Aplikasi Sekolah Literasi Digital Berbasis Artikulasi Artificial Intelligence. Indonesia Berdaya, 4(1), 109–118. https://doi.org/10.47679/ib.2023383
Yusuf, M., & Ristianah, N. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Menggunakan Artificial Intelligence ( AI ) dalam Mewujudkan Pendidikan Islam yang Adaptif. 11(2), 116–127.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rohmad Nurul Aji Saputra Muhammad Aminuddin Rois

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


