Meningkatkan hasil belajar menggunakan metode mind mapping
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.19809Keywords:
Hasil Belajar, mind mapping, pemebelajaran fikihAbstract
The low learning outcomes of students in the Fiqh subject at MTs Negeri Kota Bogor, particularly in the topic of halal and haram food and beverages, highlight the need to improve the quality of learning. This study aims to enhance students’ learning outcomes and active participation through the application of the Mind Mapping method. The research employed a Classroom Action Research (CAR) approach using the Kemmis and McTaggart model, which consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. The study was conducted in two cycles involving 32 students of class VIII-B and one Fiqh subject teacher. Data were collected through observation sheets and achievement tests. The findings revealed a significant increase in student performance. In the pre-cycle stage, only 12.5% of students achieved the minimum passing grade. After implementing the Mind Mapping method, this figure rose to 68.75% in the first cycle and 96.8% in the second cycle. The average score also increased from 63 to 89. The results conclude that the Mind Mapping method is effective in improving students’ understanding and learning outcomes, as well as promoting greater engagement in Fiqh learning.
Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Negeri Kota Bogor, khususnya pada materi makanan dan minuman halal dan haram, menjadi perhatian penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan partisipasi aktif siswa melalui penerapan metode Mind Mapping. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII-B dan satu orang guru mata pelajaran Fikih. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada capaian belajar siswa. Pada pra-siklus, hanya 12,5% siswa yang mencapai ketuntasan. Setelah penerapan metode Mind Mapping, ketuntasan meningkat menjadi 68,75% pada siklus I dan mencapai 96,8% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 63 menjadi 89. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Mind Mapping terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta mendorong keterlibatan aktif mereka dalam proses pembelajaran Fikih.
References
Abd Rahman BP, S. A. (2022). Pengertian Pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam.
Fauziah Nasution, L. Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah. Jurnal Edukasi Nonformal.
Kustian, n. g. (2021). penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik Vol 1. No. 1 Agustus 2021.
Buzan, T. (2013). Buku Pintar Mind Map. PT Gramedia Pustaka Utama.
Fathurridho, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Fikih Materi Infak Dan Sedekah Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV MI Darul Hikmah Mojosari.
Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik Vol 1. No. 1 Agustus 2021.
Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi 1 Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7
Erlinda, T. R. K. (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 4 Ngadirojo Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Moh Yamin. (2014) Teori dan Metode Pembelajaran (Konsepsi, Strategi dan Praktik Belajar yang Membangun Karakter). Madani (Kelompok Intrans Publishing). hal. 5-6
Amin, M. (2016). Pengaruh mind map dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85-92.
Anugerah, S. P, Syarifah, G., Sutisna. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Al –Ikhlas Cicadas Bogor. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu.
Gafrawi, G., & Mardianto, M. (2023). Konsep Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2(1), 75-91.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.
Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educational Jurnal Pendidikan, 1(1), 8-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Aisyah Amini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


