Konstruksi ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam aliran empirisme, rasionalisme, positivisme, dan idealisme di era kontemporer

Penulis

  • Ramadhoni Aulia Gusli Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ridha Ahida Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.21689

Kata Kunci:

Empirisme, Idealisme, Pendidikan Islam, Positivisme, Rasionalisme

Abstrak

This paper aims to examine the construction of knowledge in Islamic education with a focus on four philosophical schools of thought, namely empiricism, rationalism, positivism, and idealism. The research was conducted using a qualitative approach with a literature review method, using scientific sources from indexed international journals and academic literature related to the integration of Islamic education. The results of the study show that each epistemological school of thought has a unique contribution that complements each other in the development of the Islamic education system. Empiricism emphasises the importance of learning based on real experiences, rationalism reinforces the tradition of critical and logical thinking, positivism provides a research methodology framework based on evidence, while idealism directs education towards the achievement of transcendental goals in the form of developing knowledgeable and moral individuals. The integration of these four perspectives places revelation as the normative foundation that guides reason, experience, and scientific approaches in the educational process. Through this integrative framework, Islamic education is expected to produce students with not only high intellectual abilities, but also balanced moral, spiritual, and social qualities. The practical implications of this research emphasise the need for a curriculum design oriented towards “ilm al-nāfi”, the enhancement of multidisciplinary professionalism among educators, and the strengthening of epistemic digital literacy so that students are able to respond to global challenges and the rapid flow of information in the modern era. Thus, it is believed that Islamic education can become more adaptive, critical, and relevant in building a fair and characterful contemporary civilisation.

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji konstruksi ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam dengan fokus pada empat aliran filsafat yaitu empirisme, rasionalisme, positivisme, dan idealisme. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, menggunakan sumber-sumber ilmiah dari jurnal internasional ter indeks serta literatur akademik terkait integrasi pendidikan Islam. Hasil kajian memperlihatkan bahwa masing-masing aliran epistemologi memiliki kontribusi khas yang saling melengkapi dalam pengembangan sistem pendidikan Islam. Empirisme menekankan pentingnya pembelajaran berbasis pengalaman nyata, rasionalisme menguatkan tradisi berpikir kritis dan logis, positivisme menghadirkan kerangka metodologi penelitian yang berbasis bukti, sementara idealisme mengarahkan pendidikan pada pencapaian tujuan transendental berupa pembentukan insan kamil yang berilmu dan berakhlak. Integrasi keempat perspektif tersebut menempatkan wahyu sebagai landasan normatif yang mengarahkan akal, pengalaman, dan pendekatan ilmiah dalam proses pendidikan. Melalui kerangka integratif ini, pendidikan Islam diharapkan tidak hanya melahirkan peserta didik dengan kemampuan intelektual tinggi, tetapi juga dengan kualitas moral, spiritual, dan sosial yang seimbang. Implikasi praktis dari penelitian ini menegaskan perlunya desain kurikulum yang berorientasi pada ‘ilm al-nāfi’, peningkatan profesionalisme pendidik yang multidisipliner, serta penguatan literasi digital epistemik agar peserta didik mampu merespons tantangan global dan derasnya informasi di era modern. Dengan demikian, diyakini mampu menjadikan pendidikan Islam lebih adaptif, kritis, dan relevan dalam membangun peradaban kontemporer yang adil dan berkarakter.

Referensi

Alfadhilah, J., & Rindiani, N. A. (2024). Rasionalisme Sebagai Salah Satu Dasar Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan Dalam Islam. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 18(2), 43–58. https://doi.org/10.51675/jt.v18i2.797

Asyibli, B., Ibtihal, A. A., Fauzan, M. F., Fauzi, A., & Hidayat, W. (2025). Epistemological Dimensions in Islamic Educational Philosophy: A Critical Analysis. Journal of Islamic Education Research, 6(01), 69–84. https://doi.org/10.35719/jier.v6i1.464

Dhairobi, A., & Soleh, A. K. (2024). Konstribusi logika bahasa terhadap rasionalisme Islam. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 9(2), 54–66. http://dx.doi.org/10.55120/qolamuna.v9i02.1125

Faizi, N. (2023). Metodologi Pemikiran Rene Descartes (Rasionalisme) Dan David Hume (Empirisme) Dalam Pendidikan Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(3), 1007–1020. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.554

Fatiha Nuria Ammarin, Hidayatul Maulidiyah, Kuswatun Khasanah, & Moh. Faizin. (2024). Rasionalisme Rene Descrates sebagai Pemicu Awal Kesuksesan dalam Berlogika Perspektif Pendidikan Abad 21. Jurnal Miftahul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 21–32. https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v1i3.2

Fikri, M. (2018). Rasionalisme Descartes dan Implikasinya Terhadap Pemikiran. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 128–144. https://doi.org/https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1598

Ghina Ulpah, Irawan, Tedi Priatna, Kemal Al Kautsar Mabruri, & Muhtadin. (2024). Pengaruh Filsafat Positivisme Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i2.1092

Gusli, R. A., Hanani, S., Akhyar, M., & Lestari, K. M. (2024). Perspektif Auguste Comte Tentang Perkembangan Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 404–411. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i2.284

Gusli, R. A., Junaidi, Supriadi, Lestari, K. M., Akhyar, M., & Gusli, R. A. (2024). The Principal’s Strategy in Improving the Quality of Educational Services Through Servant Leadership Style at SMKN 1 Sungai Limau. Journal of Education and Counseling, 14(1), 87–106. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v14i1.20146

Gusli, R. A., Sesmiarni, Z., Lestari, K. M., & Akhyar, M. (2025). Peran Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam Di MTsN 2 Kota Pariaman. Management of Education: Manajemen Pendidikan Islam, 11(1), 41–63. https://doi.org/10.18592/moe.v11i1.15591

Hafiz, A., & Suparto. (2024). Teori Pendidikan Empirisme Behaviorisme (John Locke) dalam Perspektif Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 8(1), 143–160. https://doi.org/10.37274/rais.v8i1.917

Haikal, M. F., Alawiyah, R., & Parhan, M. (2024). Tantangan dan Peluang Positivisme dan Kritisisme dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1418–1428. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.774

Himmah, F., & Khumaini, F. (2024). Integrasi Positivisme dalam Pendidikan Keislaman: Sebuah Tinjauan Epistemologis. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 06(02), 1–30. https://doi.org/10.32665/alaufa.v6i02.3635

Irawati, D., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021). Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, dan Konstruktivisme dalam Perspektif “Epistemologi Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 870–880. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.358

Karmillah, I. (2020). Filsafat Positivisme Dan Pendidikan Islam Di Indonesia. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 173–83. https://doi.org/10.15548/mrb.v3i2.2014

Marvida, T., & Lahabu, Y. D. (2023). Epistemologi Rasionalistik Rene Descartes Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Mi. Swakarya: Jurnal Penelitian Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.59698/swakarya.v1i1.23

Miles, & Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Muhammad Alifkhan, & Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. (2023). Perspektif Filsafat Konsep Nilai Idealisme Dalam Pendidikan Islam. KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.69698/jpai.v1i2.434

Nurkaidah, & Bahar, H. (2024). Filsafat Rasionalisme Sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(5), 2235–2243. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i5.1209

Permana, R., Baari, R. M., Parhan, M., & Ilyasa, F. F. (2025). Finding Common Grund: The Integration of Empiricism and Rationalism in Islamic Religious Education To Enhance Learning Quality. Studia Religia: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 120–133. https://doi.org/10.30651/sr.v9i01.25047

Purwowidodo, A. (2024). Experiential Learning Model Based on Local Wisdom in Learning Islamic Cultural History. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 862–877. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.492

Qifari, A. Al. (2021). Epistimologi Pendidikan Islam. JPK: Jurnal Pendidikan Kreatif, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.24252/jpk.v2i1.22543

Ramadhoni Aulia Gusli, & Hamdi Abdul Karim. (2024). Application of School Financial Management in Managing the Bos Fund in Sdn 09 V Koto Kampung Dalam. ICMIE Proceedings, 1(20), 199–206. https://doi.org/10.30983/icmie.v1i.13

Sabic-El-Rayess, A. (2020). Epistemological shifts in knowledge and education in Islam: A new perspective on the emergence of radicalization amongst Muslims. International Journal of Educational Development, 73(November 2019), 102148. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.102148

Sabot, P. (2024). L ’ empirisme métaphysique est-il “ mauvais ”? European Journal of Pragmatism and American Philosophy, XVI(1), 0–8. https://doi.org/10.4000/11p57

Sari, N., & Sangkot Sirait. (2021). Metodologi David Hume (Empirisme) dalam Pemikiran Pendidikan Islam. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-06

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Bandung. Alfabeta.

Supratama, R., Ramadani, M. M., & Fadilah, H. D. (2024). The Theory of Positivism in Islamic Education, Curriculum and Learning Strategies. International Journal of Post Axial: Futuristic Teaching and Learning, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.59944/postaxial.v2i1.263

Sya’ban, B. M., Sheleisya, A. H., & Parhan, M. (2025). Rationalism and Empiricism in the Islamic Perspective and Their Relevance to Islamic Education. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 8(1), 1–21. https://doi.org/10.58223/al-irfan.v8i1.286

Ulfat, F. (2020). Empirical research: Challenges and impulses for Islamic religious education. British Journal of Religious Education, 42(4), 415–423. https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1711513

Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 145–166. https://doi.org/10.24239/jsi.v8i1.84.53-80

Zikriadi, Usman, S., Sakka, A. R., & Arnadi. (2025). Islamic Learning Management In Fostering The Value Of Sirituality In Integrated Islamic Elementary School Bina Anak Muslim Singkawang. IJGIE Scientific Journal International Journal Of Graduate Of Islamic Education, 6(1), 99–112. https://doi.org/10.37567/ijgie.v6i1.3702

Diterbitkan

2025-10-31

Cara Mengutip

Gusli, R. A., & Ahida, R. (2025). Konstruksi ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam aliran empirisme, rasionalisme, positivisme, dan idealisme di era kontemporer. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(5), 481–502. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.21689

Terbitan

Bagian

Articles