Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis

Authors

  • Bahrum Subagiya Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Keywords:

Analisis data, Metode penelitian, Penelitian kepustakaan, Pendidikan Agama Islam, Sumber data

Abstract

Library research is essential in developing Islamic religious education (PAI). This article discusses desk research's concept, approach, procedure, and data analysis in PAI research. This research uses the literature study method. The results of this study found that library research can be a choice in PAI research. With this approach, researchers can understand the concepts and principles in Islamic teachings and their application in education from literary sources. The procedure of library research in PAI research consists of six stages, namely determining the research topic, searching for sources of information, selecting sources of information, evaluating sources of information, analysing data, and preparing a research report. The sources of library research data in PAI research include primary and secondary sources. The analysis of library research data in PAI research consists of various types of analyses such as content analysis, discourse, historical, critical, text, narrative, thematic, descriptive, and intertextual.

 

Abstrak

Penelitian kepustakaan memiliki peran yang penting dalam pengembangan pendidikan agama Islam (PAI). Artikel ini membahas tentang konsep, pendekatan, prosedur, dan analisis data penelitian kepustakaan dalam penelitian PAI. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menemukan bahwa penelitian kepustakaan dapat menjadi alternatif pilihan dalam penelitian PAI. Dengan pendekatan ini, peneliti dapat memahami tentang konsep dan prinsip dalam ajaran Islam serta penerapannya dalam konteks pendidikan dari sumber-sumber pustaka. Prosedur penelitian kepustakaan dalam penelitian PAI terdiri dari enam tahap, yaitu menentukan topik penelitian, mencari sumber informasi, seleksi sumber informasi, evaluasi sumber informasi, analisis data, dan menyusun laporan penelitian. Sumber data penelitian kepustakaan dalam penelitian PAI meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Analisis data penelitian kepustakaan dalam penelitian PAI terdiri dari berbagai macam jenis analisis seperti analisis isi, wacana, historis, kritis, teks, naratif, tematik, deskriptif, dan intertekstual.

Author Biography

Bahrum Subagiya, Universitas Ibn Khaldun Bogor

References

Achmad, S. (2022). Tujuan dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam: Studi Komparatif Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 62 dan An-Nur Ayat 55. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 18–29. Retrieved from http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/943

Ahdar, & Musyarif. (2019). Tantangan Pendidikan Islam di Indonesia pada Era Globalisasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 13–30. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i1.984

Ainusyamsi, F. Y. (2019). Analisis Historis Pendidikan Islam pada Masyrakat Madinah. TAJDID, 26(1), 33. https://doi.org/10.36667/tajdid.v26i1.327

Aniroh, A. (2021). Pendidikan Islam masa pertengahan (Studi historis pendidikan di kerajaan Usmani, kerajaan Safawi dan kerajaan Mughal). AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.57210/TRQ.V1I2.79

Anwar, Maslani, M., & Suntiah, R. (2018). Kyai Haji Ahamd Sanusi (1888-1950): Karya-karya dan pemikiran ulama Sukabumi. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(2), 199–209. https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4300

Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 157–170. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V7I2.1500

Avivy, A. L. F. (2018). Jaringan Keilmuan Hadis dan Karya-Karya Hadis di Nusantara: HADIS, 8(16), 63–82. https://doi.org/10.53840/HADIS.V8I16.4

Azhari, A. (2019). Studi kritis konsep pendidikan anak berperspektif gender. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 56–77. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V12I1.1896

Boote, D. N., & Beile, P. (2005). Scholars Before Researchers: On the Centrality of the Dissertation Literature Review in Research Preparation. Educational Researcher, 34(6), 3–15. https://doi.org/10.3102/0013189X034006003

Fink, A. (2019). Conducting research literature reviews: From the internet to paper. Sage publications.

Gee, J. P. (2014). An introduction to discourse analysis: Theory and method. routledge.

Hamka, S. (2019). Studi kritis pemikiran Fisika Modern Stephen Hawking menurut Filsafat Pendidikan Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–19. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V12I1.1895

Hart, C. (2018). Doing a literature review: Releasing the research imagination. SAGE Publications.

Husain, M. (2016). Karya ulama dalam membangun kedamaian di Kalimantan Barat. Al-Qalam, 19(1), 59. https://doi.org/10.31969/alq.v19i1.223

Ikhwan, A. (2017). Kajian Sosio-Historis Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi. EDUKASI : Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 5(1), 14–32. Retrieved from http://www.ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/128

In’Ratnasari, K., Dyah Permatasari, Y., & Sholihah, M. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sosial Dalam Bermasyarakat. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 153–161. https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.422

Khaeroni, C., & Halidin, A. (2018). Pendidikan Islam Inklusif Gender (Studi Kritis Ekofeminisme Vandana Shiva). AL-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(2), 232–252. Retrieved from http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/almaiyah/article/view/657

Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications.

Leedy, P. D., Ormrod, J. E., & Johnson, L. R. (2014). Practical research: Planning and design. Pearson Education.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). In PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ni’mah, Z. A. (2014). Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan (1869-1923 M) dan KH. Hasyim Asy’ari 1871-1947) M): Study Komparatif dalam Konsep Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Didaktika Religia, 2(1). https://doi.org/10.30762/DIDAKTIKA.V2I1.136

Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu tinjauan Historis. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1). https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.810

Nurdianzah, E. (2020). Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Jawa (Kajian historis pendidikan Islam dalam dakwah Walisanga). Jurnal Progress: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 8(1), 01–22. https://doi.org/10.31942/PGRS.V8I1.3440

Pratama, A. I., & Zahir, M. (2019). Konsep kepribadian guru menurut Ibnu Sahnun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 94–111. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V12I1.1891

Puspitasari, N., Relistian. R, L., & Yusuf, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter religius peserta didik. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565

Putra, A. (2018). Ulama dan karya tulis: Diskursus keislaman di Minangkabau awal abad 20. Jurnal Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 1(2), 134–147. https://doi.org/10.30983/FUADUNA.V1I2.434

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1978

Rahmah, N. (2018). Khazanah Intelektual Ulama Betawi Abad ke-19 dan ke-20 M. Jurnal Lektur Keagamaan, 16(2), 195–226. https://doi.org/10.31291/jlk.v16i2.564

Rahman, T. N., Supraha, W., & Ahmad, A. (2022). Peningkatan kecerdasan spiritual Islam perspektif Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Al-Tuhfah al-‘Iroqiyyah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 397–408. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V15I3.7732

Rosadi, M. (2014). Menelusuri Kitab Karya Ulama Pondok Pesantren di Provinsi Jambi. Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, 5(2), 105–124. https://doi.org/10.37014/JUMANTARA.V5I2.160

Shobahiya, M. (2017). Studi komparatif profil guru pendidikan agama Islam dalam perspektif Hasan Langgulung dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Suhuf, 29(1), 38–49. https://doi.org/10.23917/SUHUF.V29I1.5086

Solichin, M. M. (2008). Pendidikan Islam klasik (Telaah Sosio-Historis pengembangan kurikulum pendidikan Islam masa awal sampai masa pertengahan). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.19105/TJPI.V3I2.237

Syihabuddin, M. A. (2017). Studi Komparatif Filsafat Pendidikan Islam dan Barat. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 1(1), 68–93. https://doi.org/10.33754/JALIE.V1I1.84

Umam, M. K. (2019). Studi komparatif paradigma teori belajar konvensional barat dengan teori belajar Islam. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 57–80. Retrieved from https://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/100

Umar, A. K. (2012). Pendidikan Agama Berbasis Multikulturalisme (Studi Kritis). At-Ta’dib, 7(2). https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V7I2.76

Weber, R. (1990). Basic Content Analysis. Basic Content Analysis. https://doi.org/10.4135/9781412983488

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Issue

Section

Artikel