Penerapan konsep triple helix pendidikan berbasis komunikasi profetik di Universitas Ibn Khaldun Bogor

Authors

  • Krisna Wijaya Universitas Darussalam Gontor
  • Suniyyah Puspita Sari Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.14573

Keywords:

Muhammad Natsir, Triple Helix, Prophetic Communication

Abstract

As an important sector in nation-building, the world of education certainly faces ups and downs in the course of its development. Especially in today's modern era, technological developments confuse educational goals and cause a moral crisis in students due to modern science. Here the researcher will elaborate on the synergy of the triple helix concept with the concept of prophetic communication. This research uses a literature approach, where data sources are obtained in the form of texts, books, or manuscripts that are print or digital. The results of this study found that the concept of triple helix education is very synergistic with the concept of prophetic communication. The pillar of the mosque as the principle of faith (transcendence), the pillar of the Islamic Boarding School for Students and Ulil Albab Scholars as the principle of deed (humanization), and the pillar of the university as the principle of knowledge (liberation) with a vision of Islamization of science. When these components synergize with each other, it can build aspects of faith, charity, and knowledge of students to become human figures in today's modern era.

 

Abstrak

Sebagai sebuah sektor yang penting dalam pembangunan bangsa, dunia pendidikan tentunya menghadapi pasang surut dalam perjalanan perkembangannya selama ini. Terlebih di era modern saat ini, perkembangan teknologi menyebabkan rancunya tujuan pendidikan dan menyebabkan krisis moral pada diri para peserta didik akibat keilmuan modern. Di sini peneliti akan menguraikan sinergi konsep triple helix dengan konsep komunikasi kenabian (profetik). Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan, di mana sumber-sumber data didapatkan berupa teks, buku, ataupun manuskrip yang bersifat cetak ataupun digital. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa konsep triple helix pendidikan sangat bersinergi dengan konsep komunikasi profetik. Pilar masjid sebagai asas keimanan (trasendensi), pilar Pesantren Mahasiswa dan Sarjana Ulil Albab sebagai asas amal (humanisasi), dan pilar universitas sebagai asas keilmuan (liberasi) yang bervisi Islamisasi ilmu. Ketika komponen ini saling membentuk sinergi yang mampu membangun aspek iman, amal, dan ilmu mahasiswa untuk menjadi sosok insan kamil di era modern saat ini.

References

Abbas, M., Sari, I., & Husna, N. F. (2022). Posdaya Pada Masjid Al-Mustafiq. Jurnal Studi Sosial dan Agama (JSSA), 1(1), 21–32.

Abidin, M. (2012). Gagasan Dakwah dan Gerakan Dakwah Natsir. Gre Publishing.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (2014). Islam and Secularism. IBFIM.

Anwar, S. (2021). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.7

Ardiansyah, M. (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi. Yayayasan Pendidikan Islam at-Taqwa .

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Kencana.

Fahrudin, F., Mulyadi, H. D., & Ichsan, A. S. (2020). Islamisasi Ilmu Sebagai Identitas Keagamaan (Telaah Kritis Syed Naquib Al-Attas). Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 4(1), 67. https://doi.org/10.31958/jsk.v4i1.2099

Fahrul, F., Ibdalsyah, & Kamalludin. (2022). Konsep Tiga Pilar Dakwah Mohammad Natsir dan Relevansi Perkembangan Dakwah di UIKA Bogor. Rayah Al-Islam, 6(2), 193–209. https://doi.org/10.37274/rais.v6i2.614

Firdaus, R., Hakam, K. A., Somad, M. A., & Rizal, A. S. (2020). The Concept of Triple Helix Mohammad Natsir and its Implementation in Strengthening Religious Character Education. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.29062/edu.v4i1.84

Ginting, N. B., Fajri, H., & Gunawan, I. (2018). Penerapan Knowledged Management System Pada Pengelolaan Data Organisasi Kemahasiswaan Universitas Ibn Khaldun. Prosiding LPPM UIKA, 2(2), 19–31.

Haidi, A. (2020). Peran Masjid Dalam Dakwah Menurut Pandangan Mohammad Natsir. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 2(02), 45–58. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i02.50

Hakiem, L., & Linrung, T. (1997). Menunaikan Panggilan Risalah: Dokumentasi Perjalanan 30 Tahun Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (Fulfilling the Call to Duty: Documentation of Thirty Years of the Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia). Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia.

Hasan, R. (2021). PERAN PUSKI (PUSAT KAJIAN ISLAM) DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI STUDI KASUS UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 4(2), 22–27.

Hasan, W. (2021). Menafsir Natsir: Kontekstualisasi Pemikiran Mohammad Natsir dalam Wacana dan Gerakan Kontemporer. Natsir Corner.

Hayati, F. (2021). Mosque; Islamic Education Centre. Ta dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 311–320. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.9138

Hilmi, M. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Pergulatan Pemikiran Cendekiawan Kontemporer. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(02), 251–269. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i02.268

Humas/MJ. (2023). Targetkan Menjadi Pusat Peradaban Masyarakat Kota Bogor, UIKA Resmikan Lantai Dua Masjid Al Hijri II. https://uika-bogor.ac.id/berita/targetkan-menjadi-pusat-peradaban-masyarakat-kota-bogor-uika-resmikan-lantai-dua-masjid-al-hijri-ii.

Kusumawati, Y. (2020). TRANSFORMASI KOMUNIKASI PROFETIK SEBEGAI PERWUJUDAN PILAR PENDIDIKAN NASIONAL DI MADRASAH. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 50–67.

Marlina, D. (2021). Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan ( JASIKA ) Manajemen Entreprenuership Membentuk Karakter Wirausaha Santri Berlandaskan Nilai- Nilai Profetik di Pesantren. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1, 17–28. https://doi.org/10.18196/jasika.v1i1.2

Masbur, M. (2016). Integrasi Unsur Humanisasi, Liberasi Dan Transidensi Dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 44. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.690

Muslem. (2019). KONSEP ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN DAN PENERAPANNYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas). Tazkiya Jurnal Pendidikan Islam, VIII(2), 43–66.

Nadwah, A. (2021). Telaah Islamisasi Pengetahuan (Islamization of Knowledge) Syed Naquib Al-Attas. An Nadwah, XXVII(2), 52–59.

Nasrudin, H. (2008). HUMANISME RELIGIUS SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM( Tinjauan Filosofis Atas Pemikiran Abdurrahman Mas’ud).

Novayani, I. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Menurut Pandangan Syed M. Naquib Al-Attas Dan Implikasi Terhadap Lembaga Pendidikan International Institute of Islamic Thought Civilization (Istac). I(1), 74–89.

Official, U. A. (2019). Profil Pondok Pesantren Mahasiswa dan Sarjana PPMS Ulil Albaab UIKA Bogor.

Purnomo, E., & Saidah, N. (2023). KOMUNIKASI PROFETIK SEBAGAI STRATEGI PENDIDIKAN AKHLAK DI YAYASAN KELUARGA BESAR RUQYAH ASWAJA PUSAT GROBOGAN JAWA TENGAH. x(April), 64–73.

Purnomo, Hadi. (2016). Pendidikan Islam Integrasi Nilai-Nilai Humanis, Liberasi dan Transedensi: Sebuah Gagasan Paradigma Baru Pendidikan. Absolut Media.

Rahmatika, A. (2021). Al-Qur’an As a Transendent Communication Media. QAULAN: Journal of Islamic Communication, 2(2), 105–116. https://doi.org/10.21154/qaulan.v2i2.3462

Saefuddin. (2010). Islamisasi sains dan kampus. PPA Consultants.

Syafrin, N., & Hadi, F. A. (2021). Konsep dan aplikasi Islamisasi Sains dan Kampus di Universitas Ibn Khaldun Bogor. 10(2), 101–118. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i2.4778

Tim Penyusun. (2023). Pedoman Akademik Universitas Ibn Khaldun Bogor 2023. UIKA Press.

Umam, M. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in the Transformative Profetical Education Framework. April, 511–520. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/3GFHK

Wijaya, K. (2022). UPAYA SISTEM ZONA AL-QUR’AN UNIDA GONTOR DALAM MENGUATKAN KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA. JURNAL CERDIK: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 44–62. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2022.002.01.05

Wijaya, K. (2023). Epistemologi islam sebagai worldview asas ilmu, iman, dan amal bagi seorang pendidik. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 286–296. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i3%20Juni.202

Yakin, S. (2019). Dakwah Politik dalam Paradigma Simbiotik. Jurnal Komunikasi Islam, 9(1), 58–81. https://doi.org/10.15642/jki.2019.9.1.58-81

Zulheri. (2012). Ilmu sosial profetik (tela’ah pemikiran kuntowijoyo). skripsi.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Wijaya, K., & Sari, S. P. (2023). Penerapan konsep triple helix pendidikan berbasis komunikasi profetik di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 319–333. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.14573

Issue

Section

Artikel