Analisis kebijakan biaya pendidikan dalam upaya peningkatan pendapatan STIBA Makassar

Authors

  • Iskandar Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Makassar
  • Saadal Jannah Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab Makassar
  • Sri Ujiana Putri Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Makassar
  • Musriwan Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Makassar
  • Sulkifli Herman Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i3.16874

Keywords:

full costing, variable costing, biaya pendidikan, pendapatan institusi

Abstract

STIBA Makassar faces challenges in covering all operational costs, which include education, research, and community service. This research aims to analyze education fee policies that can increase institutional income. Using a descriptive quantitative approach, this research identified two methods of charging educational costs for new students: the full costing method of IDR. 36,870,000, and the variable costing method is IDR. 31,370,000. Apart from that, additional fees for registration fees and tuition fees are considered reasonable to support improving the quality of education. As an additional step to increase institutional income, this research proposes opening non-regular classes, online classes, and study programs with Indonesian as the language of instruction, especially in Islamic Economics and Business and Da'wah Management. Thus, these findings provide insight for STIBA Makassar in establishing a more effective education cost policy, which aims to increase income and maintain and improve the quality of education offered.

 

Abstrak

STIBA Makassar menghadapi tantangan dalam menutupi seluruh biaya operasional yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan biaya pendidikan yang dapat meningkatkan pendapatan institusi. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi dua metode pembebanan biaya pendidikan bagi mahasiswa baru, yaitu metode full costing sebesar Rp. 36.870.000 dan metode variable costing sebesar Rp. 31.370.000. Selain itu, penambahan biaya pada uang pangkal dan SPP dianggap wajar untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Sebagai langkah tambahan untuk meningkatkan pendapatan institusi, penelitian ini mengusulkan pembukaan kelas non-reguler, kelas online, dan program studi dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, terutama dalam bidang Ekonomi dan Bisnis Islam serta Manajemen Dakwah. Dengan demikian, temuan ini memberikan wawasan bagi STIBA Makassar dalam menetapkan kebijakan biaya pendidikan yang lebih efektif, yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan tetapi juga untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan yang ditawarkan.

References

Akbar, M. (2023). Peran Institusi terhadap Pertumbuhan Ekonomi: Bukti Empiris di Indonesia.

Bambang Halim, A. (2011). Analisis penganggaran modal dan analisis risiko dengan simulasi Monte Carlo dalam proyek pembangunan pabrik baru pada Firma Trico Paint Factory. Universitas Indonesia Library; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. https://lib.ui.ac.id

Fattah, N. (2008). Pembiayaan pendidikan: landasan teori dan studi empiris. Jurnal Pendidikan Dasar, 9, 1-4.

Ferdi, W. P. (2013). Pembiayaan pendidikan: Suatu kajian teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565-578.

Ginanjar, M. H., & Purwanto, E. (2022). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 67. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2024

Haryanto, H. (2009). Model Penentuan Uang Kuliah Mahasiswa Melalui Optimisasi Pembiayaan Program Studi. Seminar Nasional Teknologi lndustri (SNTI) 2009, Fakultas Teknologi lndustri Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. https://repository.ubaya.ac.id/44078/

Machfoed, M. (1993). Akuntansi Manajemen (IV). BPFE Universitas Gajah Mada.

Renaldo, N. (2024). Teori dan Konsep Penganggaran Sektor Publik. dari https://www.academia.edu/32764060/Teori_dan_Konsep_Penganggaran_Sektor_Publik_docx (Diambil 16 Januari 2024,)

Retnosari, J. (2019). Full Costing danVariabel Costing. https://www.academia.edu/39067440/_Full_Costing_danVariabel_Costing_

Schofer, E., Ramirez, F. O., & Meyer, J. W. (2021). The societal consequences of higher education. Sociology of Education, 94(1), 1-19.

STIBA Makassar, B. K. (t.t.). Dokumen Laporan Realisasi RAPB STIBA Makassar tahun 2023.

STIBA Makassar. (2023, November 16). Profil STIBA Makassar [Https://stiba.ac.id].

Sulastri, Y., & Wirman. (2023). Analisis Komparatif Metode Penetapan Harga Pokok Produksi pada UMKM Mawflorist Karawang. Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 10(1).

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Zaleha, S. (2022). Problema penentuan uang kuliah tunggal: antara harapan dan kenyataan pada Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Iskandar, Jannah, S., Putri, S. U., Musriwan, & Herman, S. (2024). Analisis kebijakan biaya pendidikan dalam upaya peningkatan pendapatan STIBA Makassar. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(3), 155–173. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i3.16874

Issue

Section

Artikel