Implementasi perencanaan peserta didik dalam menghasilkan output berkualitas sesuai tujuan pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.15836Keywords:
Managemen perencanaan peserta didikAbstract
Student is an important aspect which determine of institution’s success. Input, thruput and output have to synergize realize the great education goals. The student’s planning become an absoluteness. This research aim to interpret student planning conceptual that give us a concrete understanding to reach an aim of education and also to increase quality output. The research method used is qualitative with the library and field research approach. Data collection techniques used observation, in-depth interviews and documentation study. The result of study indicates that, first: the student planning of MA PPIQ is already implemented well based on Islamic education goals and vision and mission of institution; second MA PPIQ should to formulate and develop student’s planning; third MA PPIQ should to indicate every weakness and challenges and determine the strategic moving to overcome the problmes; fourth, MA PPIQ is always attempt to increase service learning and quality graduation.
Abstrak
Peserta didik merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan yang menentukan keberhasilan suatu lembaga. Input, proses dan output ketiganya perlu bersinergi mewujudkan harapan luhur pendidikan. Maka, perencanaan peserta didik yang tepat menjadi suatu kemutlakan. Penelitian ini berupaya menginterpretasikan konsep perencanaan peserta didik dengan tujuan untuk memberi pemahaman konkret agar tujuan pendidikan dapat tercapai sekaligus meningkatkan kualitas lulusan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan lapangan (library and field research). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan peserta didik di MA PPIQ secara umum telah terimplementasikan dengan baik sesuai tujuan pendidikan serta sesuai visi misi lembaga; 2) MA PPIQ mampu merumuskan dan mengembangkan perencanaan peserta didik sehingga terimplementasikan dengan baik; 3) MA PPIQ mampu mengidentifikasi kelemahan dan tantangan yang dihadapi serta mengambil langkah strategis untuk mengatasi masalah yang ada; 4) MA PPIQ berusaha meningkatkan kualitas layanan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas lulusan.
References
Fizrih, G. M., Ghadisti, M. M., Fatonaro, P. M., & Az Zahro, F. (2023). Manajemen Perencanaan Peserta Didik Di Smpiqu Al-Bahjah Cirebon. ASCENT: Al-Bahjah Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61553/ascent.v1i1.17
Hasnadi, H. (2022). Manajemen Peserta Didik Pada Satuan Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 17(2), 142–153. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i2.20240
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor 1 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023.
Khasanah, D. & Prasetyo, D. D. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 155–172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.484
Mujahidin, E., Haris, A. R., & Hafidhuddin, D. (2020). Pengembangan manajemen peserta didik program tahfizh. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 068. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i1.2699
Mutmainnah, U. M., Muzaki, I. A., & Karawang, U. S. (2021). Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mts Al-. 345–352.
Muttakiah, S. (2020). Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kualitas Output di MAN 1 Jember. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10390%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/10390/1/New Revisi Thesis fix All %28Panduan Baru%29 - upload.pdf
Rifa’i, M., and Muhammad Fadhli. (2013). Manajemen Organisasi. Medan: Cipta Pustaka Media Perintis.
Rosnita. (2007). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.
Permatasari, F., Novitasari, E., & Lestari, N. A. (2022). Manajemen Perencanaan Peserta Didik Penghafal Quran Di Smp Tahfidh Al Hidayah Kalangbret Tulungagung Jawa Timur. Annizom, 7(3), 259. https://doi.org/10.29300/nz.v7i3.9517
Saifuddin, R. P. Y. dan. (2022). Manajemen Perencanaan Peserta Didik di SMAN 5 Cirebon Management of Student Planning at SMAN 5 Cirebon City. JIEM Jurnal of Islamic Education Management, 6(1), 75–80.
Setiawan, H. R. (2020). Manajemen Kegiatan Peserta Didik dalam Peningkatan Kualitas Lulusan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Disertasi, 1–383. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1630
Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahrudin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. 3(1), 43–61.
Supriyadi, G. M., & Sudiyanto, S. (2018). Manajemen Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Tamansiswa Jetis Yogyakarta. E-Jurnal Pendidikan Teknik …, 3, 141–156.
Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 151–166.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.