Studi pengembangan bakat remaja melalui program mentoring islami
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.16186Keywords:
Bakat, Mentoring, RemajaAbstract
Every teenager has different talents. The difference does not always lie in the type, but also in the degree or level of possession of a particular talent. Unfortunately, teenagers' talents are not always displayed in real achievements due to various reasons. Among them are due to environmental factors such as the absence of opportunities, infrastructure, support from parents, teachers, family economic level, and location of residence. The purpose of the research is to analyze the development of adolescent talent through the Islamic mentoring program. To be able to develop talent well, a teenager needs the right environment, family support, reliable mentors, and a program that can accommodate his needs. This research uses a library research approach. Data sources come from field surveys, books and various research journals on Islamic education and talent development from the works of scholars, education experts, and mentors. Talent development is an important and main agenda in the adolescent phase. Talent development of adolescents requires support from various parties. The world of education supports talent development programs as seen from the survey results as many as 69.6% of schools already have talent development programs. Of the schools that already have a talent development program, 78.9% have not implemented the talent development program optimally. There is no Islamic mentoring program that has a portion of talent development for adolescents in its program content.
Abstrak
Setiap remaja mempunyai bakat yang berbeda-beda. Perbedaan tidak selalu terletak pada jenis, tetapi juga pada derajat atau tingkat pemilikan bakat tertentu. Sayang sekali bahwa bakat remaja tidak selalu tertampil dalam prestasi yang nyata karena berbagai macam sebab. Diantaranya karena faktor lingkungan seperti ketiadaan kesempatan, sarana prasarana, dukungan orangtua, guru, taraf ekonomi keluarga, juga lokasi tinggal. Tujuan penelitian adalah menganalisa pengembangan bakat remaja melalui program mentoring islami. Untuk dapat mengembangkan bakat dengan baik, seorang remaja membutuhkan lingkungan yang tepat, dukungan keluarga, mentor handal, dan program yang mampu mewadahi kebutuhanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (library research). Sumber data yang berasal dari survey lapang, buku-buku dan berbagai jurnal penelitian tentang pendidikan islami dan pengembangan bakat dari karya para ulama, ahli pendidikan, dan mentor. Pengembangan bakat menjadi agenda penting dan utama pada fase remaja. Pengembangan bakat remaja membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Dunia pendidikan mendukung program pengembangan bakat yang terlihat dari hasil survey sebanyak 69,6 % sekolah sudah memiliki program pengembangan bakat. Dari sekolah yang sudah memiliki program pengembangan bakat tersebut sebanyak sebanyak 78,9 % belum melaksanakan program pengembangan bakat secara optimal. Belum ada program mentoring islami yang memiliki porsi pengembangan bakat bagi remaja dalam konten programnya.
References
Ade Arini, W. (2022). Pengaruh Kebutuhan Aktualisasi Diri terhadap Potensi Bakat Siswa SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Retrieved December 29, 2022, from https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/444/317
Alam, A., Burhamzah, M., Fatimah, S., Asri, W. K., & Mannahali, M. (2023). Pelatihan Pengembangan Diri, Bakat, Dan Kreativitas Untuk Remaja Di Era Global. Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(04), 737–745.
Alimah, S., & Hakim, A. (2021). Pembinaan Akhlak Peserta Didik melalui Program Mentoring di SMP X Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 90–100. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.362
Andika, C. B. (2021, December 15). Banyak pekerja salah jurusan: Apa yang harus diperbaiki di sistem pendidikan Indonesia? Retrieved December 12, 2023, from The Conversation website: http://theconversation.com/banyak-pekerja-salah-jurusan-apa-yang-harus-diperbaiki-di-sistem-pendidikan-indonesia-173662
Andrian, G. F., Kardinah, N., & Ningsih, E. (2018). Evaluasi program mentoring agama Islam dalam meningkatkan komitmen beragama. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 85–96.
Andrizal, Hendriani, S., Haviz, & Khairat, A. (2023). Strategi Mengembangkan Talenta, Prestasi, dan Akhlak Mulia Siswa. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/4027
Assad, A. H., & Nasaruddin, R. P. (2021). Studi Etnografi Tentang Bakat Di Kalangan Remaja Di Era Digital. Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.34307/misp.v1i2.12
Developing executive talent: Metode efektif untuk mengidentifikasi dan mengembangkan pemimpin dalam perusahaan | PELINDO LIBRARY & KNOWLEDGE CENTER. (n.d.). Retrieved from //perpus.pmli.co.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D1245%26keywords%3D
Hakim, M., & Iskandar, M. (2023). Pengembangan Bakat Dan Minat Dengan Manajemen Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2, 26–37. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.17
Hakim, M. N., & Iskandar, M. N. (2023). Pengembangan Bakat Dan Minat Dengan Manajemen Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 26–37. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.17
Hawwa, S. (2004). Membina Angkatan Mujahid, Studi Analitis atas Konsep Dakwah Hasan Al-Banna dalam Risalah Ta’alim (5th ed.). Solo: Era Intermedia.
Kompasiana.com. (2020, December 2). Konsep Dasar Bakat Dan Minat. Retrieved December 29, 2022, from KOMPASIANA website: https://www.kompasiana.com/aziza26849/5fc76134d541df42463f6ef2/konsep-dasar-bakat-dan-minat
Kompasiana.com. (2023, December 24). Pengembangan Bakat dan Kreativitas Era 5.0. Retrieved February 10, 2024, from KOMPASIANA website: https://www.kompasiana.com/lailinanurannisa5338/6587b43812d50f48c2336ac2/pengembangan-bakat-dan-kreativitas-era-5-0
Labola, Y. A. (2019). Konsep pengembangan sumber daya manusia berbasis kompetensi, bakat dan ketahanan dalam organisasi. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 7(1), 28–35.
Layanan Masyarakat, B. K. (2019, February 8). Aplikasi “Aku Pintar” Untuk Telusuri Minat dan Bakat Siswa. Retrieved December 12, 2023, from Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/02/aplikasi-aku-pintar-untuk-telusuri-minat-dan-bakat-siswa
Media, K. C. (2022, October 11). Hasil Survei, Pemicu Gangguan Kesehatan Mental Terbesar Karena Masalah Finansial dan Kesepian. Retrieved December 12, 2023, from KOMPAS.com website: https://www.kompas.com/parapuan/read/533520592/hasil-survei-pemicu-gangguan-kesehatan-mental-terbesar-karena-masalah-finansial-dan-kesepian
Munandar, S. C. U. (1987). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk bagi para guru dan orangtua (2nd ed.). Jakarta: PT Gramedia.
Muslim, S., Safrudin, I., & Afidah, I. (2015). Peran Program Mentoring LDK GAMAIS (Keluarga Mahasiswa Islam) ITB dalam Meningakatakan Pemahaman Mahasiwasa Islam ITB. Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam, (0), 12–16. https://doi.org/10.29313/.v0i0.1508
Mutiara, M. (2022). Implementasi Layanan Informasi Serta Layanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Pembinaan Minat Dan Bakat Siswa Di Sma Muhammadiyah 18 Sunggal Deli Serdang (Masters, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/19558/
Nastiti, D., & Laili, N. (2020). Buku Ajar Asesmen Minat Dan Bakat Teori Dan Aplikasinya. Umsida Press, 1–106.
Nisaussangadah, S., & Maryanti, S. (2019, March 28). Penerapan Manajemen Pendidikan Islam (studi Kasus Mentoring Di Smkn 01 Kota Bengkulu). 49–59. IAIN Bengkulu. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/2982/
Noho, M., Sebe, K. M., Andy, A., Juliadarma, M., Rumalean, S., & Osamalu, N. (2022). Manajemen Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tidore. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 141–156. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2793
Pratiwi, M., Purnamasari, A., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pemberian Konseling Minat dan Bakat untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMA di Kota Palembang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(1), 132–136. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6169
Putri, N. A., Suhendra, S., & Yono, Y. (2022). Konsep Pengembangan Fitrah Bakat Pada Jenjang Pendidikan Sma Di Ab Home Bogor. KOLONI, 1(4), 13–17. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i4.261
Rahmawati, D. N. U., Fauzi, T. I., Illahi, R. K., & Yunita, R. (2022). The practice of islamic education through mentoring activities and its effect on increasing worship for new students. 2nd UIN Imam Bonjol International Conference on Islamic Education, 262–266. Redwhite Press. https://doi.org/10.32698/icie560
Riyaningrum, W., Setiyabudi, R., Muzaenah, T., & Mildaeni, I. N. (2022). Korelasi Kegiatan Mentoring Ke-Islaman Berhubungan Dengan Prestasi Akademik Mk. Akhlak, Ibadah Dan Muammalah. Nursing Science Journal (NSJ), 3(1), 18–26. https://doi.org/10.53510/nsj.v3i1.110
Sholichah, A. S. (2017). Konsepsi Pendidikan Anak Berbasis Fitrah dalam Perspektif al-Qur’an. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran Dan Keislaman, 1(2), 69–86.
Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113
Susilawati, R. (2017). Analisis Pengembangan Bakat Khusus Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v6i11.22797
Syarifa, D. (2022). Pola Pengelolaan Talenta Generasi Z Studi Fenomenologi. Universitas Negeri Jakarta.
Temu Bakat | Definisi Bakat & Kekuatan. (n.d.). Retrieved December 29, 2022, from https://temubakat.com/id/index.php/main/about/definisi-bakatkekuatan
Warsiyah, W. (2018). Pembentuk Religiusitas Remaja Muslim (Tinjauan Deskriptif Analitis). Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 16(1), 19–40. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i1.1262
Yuliani Rochmah, E. (2017). Psikologi Remaja Muslim. Retrieved December 31, 2022, from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/2590/1905
Zulfikar, F. (2023). 87 Persen Mahasiswa RI Merasa Salah Jurusan, Apa Sebabnya? Retrieved December 12, 2023, from Detikedu website: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5828770/87-persen-mahasiswa-ri-merasa-salah-jurusan-apa-sebabnya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.