Manajemen asrama dalam meningkatkan kedisiplinan santri tingkat MTs di Pesantren Al Kausar

Authors

  • Upang Upang Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.8589

Keywords:

Kedisiplinan, Manajemen Asrama, Santri.

Abstract

This study aims to find out how the management of the dormitory in improving the discipline of students at the MTs level at the Al Kausar Islamic Boarding School, Sukabumi Regency. The research method used is a descriptive method using a qualitative approach. The techniques used in data collection are interviews, observation, and documentation studies. Data analysis was carried out by coding data, categorizing and interpreting data. The results of this study indicate that the management of the hostel with the aim of increasing student discipline carried out at the Al Kausar Islamic boarding school can be carried out well, this cannot be separated from the management elements, namely; planning, organizing, implementing and monitoring. Other findings in this study indicate that at the Al Kausar Islamic boarding school there are several supporting programs to realize the disciplined character of students, including; special programs for moral formation, habituation of worship, discipline programs, and fostering guardians of dormitories. In addition to the boarding program, the Al Kausar Islamic Boarding School also applies several elements in order to encourage the acceleration of the growth of santri discipline, these elements are; regulations, giving punishments and rewards for outstanding students.

Abstrak                                

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen asrama dalam meningkatkan kedisiplinan santri tingkat MTs di Pesantren Al Kausar Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan coding data, kategorisasi dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen asrama dengan tujuan peningkatan kedisiplinan santri yang dilaksanakan di pesantren Al Kausar dapat terlaksana dengan baik, hal ini tidak terlepas dari unsur-unsur manajemen yaitu; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Adapun temuan lain dalam penelitian ini menunjukkan bahwa di pesantren Al Kausar ini terdapat beberapa program penunjang untuk mewujudkan karakter kedisiplinan santri, diantaranya; program khusus pembentukan akhlak, pembiasaan ibadah, program kedisiplinan, dan pembinaan wali asrama. Selain perogram keasramaan, pesantren Al Kausar juga memberlakukan beberapa unsur dalam rangka mendorong percepatan tumbuhnya kedisiplinan santri, unsur-unsur tersebut adalah; peraturan, pemberian hukuman dan reward bagi santri berprestasi.

References

Abdurrahman, M. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariesandi. (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Badrudin, B. (2013). Manajemen Peserta Didik. PT Indeks.

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14.

Bahri Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Febirauqa, N. L. (2012). Manajemen Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Pasuruan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23, 479-486.

Hafidhuddin, D. (2003). Manajemen syariah dalam praktik. Gema Insani.

Khaldun, I. (2000). Muqaddimah ibn Khaldun, terj. Ahmadie Thoha. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2013). Manajemen pendidikan: konsep & prinsip pengelolaan pendidikan.

Lubis, S. (2015). Analisis manajemen pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Panyabungan Mandailing Natal (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen program penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302-312.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan.

Mudjahid AK., et al, (2003) Perncanaan Madrasah Mandiri, Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Moleong, L. J. 2007. Metode penelitian kualitatif.

Purwanto, N. (2009). Administrasi dan supervisi pendidikan [Educational administration and supervision]. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Perawironegoro, D., Widodo, H., Wantini, W., & Arqam, M. L. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pesantren Berbasis Manajemen Asrama. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 320-331.

Slameto. (1988). Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara.

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287-310.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Upang, U., Alim, A., & Tamam, A. M. (2022). Manajemen asrama dalam meningkatkan kedisiplinan santri tingkat MTs di Pesantren Al Kausar. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 327–338. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.8589

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>