Implikasi konsep heutagogi dalam pendidikan Islam kontemporer

Authors

  • Ulil Amri Syafri Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rahendra Maya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah, Bogor http://orcid.org/0000-0002-6785-0777
  • Amie Primarni Pascasarjana Institut Agama Islam (IAI) Nasional Laa Roiba Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4249

Keywords:

heutagogi, pembelajaran, kemandirian belajar

Abstract

This article aims philosophically-conceptually to identify the educational implications of the concept of heutagogy in contemporary Islamic education, especially in the era of 4.0 which demands learning and acquiring knowledges and skills effectively and efficiently so that learners have adaptive and innovative advantages. As a continuum that does not stand alone with the concepts of pedagogy and andragogy, especially as a continuation of andragogy; the concept of heutagogy which is in line with the concept of Islamic education is a model of independent learning or learning by/for himself as a learner. This research is a qualitative research with descriptive method. Based on the results of the discussion of the educational implications of heutagogy in contemporary Islamic education, including the determination of spirit ('uluww al-himmah) in learning (thalab al-'ilm), lifelong learning (al-ta'allum madí¢ al-hayí¢h), educational awareness, and integration of heutagogy into the concept of pedagogy-andragogy.


Abstrak

Artikel ini bertujuan secara filosofis-konsepsional untuk mengidentifikasi implikasi edukatif dari konsep heutagogi dalam pendidikan Islam kontemporer, khususnya di era 4.0 yang menuntut pembelajaran serta pemerolehan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara efektif dan efisien agar pembelajarnya memiliki keunggulan yang adaptif dan inovatif. Sebagai suatu kontinum yang tidak berdiri sendiri dengan konsep pedagogi dan andragogi, terutama sebagai kelanjutan dari andragogi; konsep heutagogi yang selaras dengan konsep pendidikan Islam merupakan model pembelajaran mandiri atau pembelajaran oleh/untuk diri sendiri seorang pembelajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil pembahasan implikasi edukatif heutagogi yang dalam pendidikan Islam kontemporer meliputi tekad baja ('uluww al-himmah) dalam belajar (thalab al-'ilm), belajar sepanjang hidup (life long learning, al-ta'allum madí¢ al-hayí¢h), kesadaran pendidikan, dan integrasi heutagogi ke dalam konsep pedagogi-andragogi.

Author Biography

Rahendra Maya, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah, Bogor

Google Scholar: Mq8GCLcAAAAJ

Orchid ID: 0000-0002-6785-0777

References

Al-Farabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Qur'an. Kencana (Prenadamedia Group).

Al-'Affí¢ní®, S. I H. (1997). Shalí¢h Al-Ummah fí® 'Uluww Al-Himmah. Mu‘assasah Al-Risí¢lah.

Al-'Askarí®, A. H. dkk. (1412 H.). Al-Jí¢mi' fi Al-Hatsts 'alí¢ Hifzh Al-'Ilm. ed. Mahmí»d ibn Muhammad Al-Haddí¢d. Maktabah Ibn Taimiyyah dan Maktabah Al-'Ilm Jeddah.

Al-'Imrí¢n, 'A. i. M. (1422 H.). Al-Musyawwiq ilí¢ Al-Qirí¢‘ah wa Thalab Al-'Ilm. Dí¢r 'í‚lam Al-Fawí¢‘id.

Al-Hamad, M. B. I. (2014). Mental Juara: 50 Faktor Pendukung Mentalitas Muslim Juara. Pustaka Imam Asy-Syafi'i.

Al-Muqaddam, M. i. I. (t.t.). 'Uluww Al-Himmah. Dí¢r Ibn Al-Jauzí®.

Al-Sirjani, R. (2016). Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia. Pustaka Al-Kautsar.

Al-Zahrí¢ní®, M. i. M. (2005). Min Hady Al-Salaf fi Thalab Al-'Ilm. Dí¢r Thayyibah.

Assegaf, A. R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam: Madzhab Multidisipliner. PT RajaGrafindo Persada.

Bunyamin. (2010). Hakekat Manusia Sebagai Animal Educandum, Educabili, dan Educator dalam Perspektif Islam. Reforma: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu-ilmu Agama Islam, 1(IX).

Danim, S. (2015). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. CV Alfabeta.

Fattah, A. (2019). Kisah-kisah Kesabaran Para Ulama: Menelusuri Pahit-Getirnya Perjalanan Hidup Manusia Shalih dalam Mencari Ilmu. Zamzam.

Grafura, L. & Wijayanti, A. (2019). Spirit Pedagogi di Era Disrupsi. Laksana.

Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Khoeriyah, M. (2019). Heutagogy in The Course of Pesantren Education (Case Study at Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah). International Journal on Islamic Educational Research, 3(1).

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pendidikan, 1(2).

Mariah H., S. (2015). Membangun Revolusi Berpikir Mahasiswa PLS Melalui Pendekatan Heutagogi. Jurnal Handayani, 4(1).

Marzuki, M. S. (2012). Pendidikan Nonformal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional dan, Pelatihan, dan Andragogi. PT Remaja Rosdakarya.

Maya, R. dan Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02).

Maya, R. dan Syafri, U. A. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismí¢'í®l Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01).

Mulyadi, S., Basuki, A.M. Heru, dan Rahardjo, W. (2017). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi. PT RajaGrafindo Persada.

Purwanto, A., dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal, 2(1).

Qomar, M. (2012). Kesadaran Pendidikan: Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Qomar, M. (2013). Strategi Pendidikan Islam. Penerbit Erlangga.

Qomar, M. (2014). Menggagas Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2015). Dasar-dasar Kependidikan: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Kalam Mulia.

Rosidin. (2013). Konsep Andragogi dalam Al-Qur'an: Sentuhan Islami pada Teori dan Praktik Pendidikan Orang Dewasa. Litera Ulul Albab.

Subbekan, N. (2019). Heutagogi dalam Al-Qur'an (Kajian Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5). Skripsi. Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Sulistya, R. (2019). Heutagogi Sebagai Pendekatan Pelatihan Bagi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2).

Downloads

Published

2021-03-05

How to Cite

Syafri, U. A., Maya, R., & Primarni, A. (2021). Implikasi konsep heutagogi dalam pendidikan Islam kontemporer. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 45–56. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4249

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)