Implikasi konsep heutagogi dalam pendidikan Islam kontemporer

Ulil Amri Syafri, Rahendra Maya, Amie Primarni

Abstract


This article aims philosophically-conceptually to identify the educational implications of the concept of heutagogy in contemporary Islamic education, especially in the era of 4.0 which demands learning and acquiring knowledges and skills effectively and efficiently so that learners have adaptive and innovative advantages. As a continuum that does not stand alone with the concepts of pedagogy and andragogy, especially as a continuation of andragogy; the concept of heutagogy which is in line with the concept of Islamic education is a model of independent learning or learning by/for himself as a learner. This research is a qualitative research with descriptive method. Based on the results of the discussion of the educational implications of heutagogy in contemporary Islamic education, including the determination of spirit (’uluww al-himmah) in learning (thalab al-’ilm), lifelong learning (al-ta’allum madâ al-hayâh), educational awareness, and integration of heutagogy into the concept of pedagogy-andragogy.


Abstrak

Artikel ini bertujuan secara filosofis-konsepsional untuk mengidentifikasi implikasi edukatif dari konsep heutagogi dalam pendidikan Islam kontemporer, khususnya di era 4.0 yang menuntut pembelajaran serta pemerolehan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara efektif dan efisien agar pembelajarnya memiliki keunggulan yang adaptif dan inovatif. Sebagai suatu kontinum yang tidak berdiri sendiri dengan konsep pedagogi dan andragogi, terutama sebagai kelanjutan dari andragogi; konsep heutagogi yang selaras dengan konsep pendidikan Islam merupakan model pembelajaran mandiri atau pembelajaran oleh/untuk diri sendiri seorang pembelajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil pembahasan implikasi edukatif heutagogi yang dalam pendidikan Islam kontemporer meliputi tekad baja (’uluww al-himmah) dalam belajar (thalab al-’ilm), belajar sepanjang hidup (life long learning, al-ta’allum madâ al-hayâh), kesadaran pendidikan, dan integrasi heutagogi ke dalam konsep pedagogi-andragogi.


Keywords


heutagogi; pembelajaran; kemandirian belajar

Full Text:

PDF

References


Al-Farabi, M. (2018). Pendidikan Orang Dewasa dalam Al-Qur’an. Kencana (Prenadamedia Group).

Al-’Affânî, S. I H. (1997). Shalâh Al-Ummah fî ’Uluww Al-Himmah. Mu‘assasah Al-Risâlah.

Al-’Askarî, A. H. dkk. (1412 H.). Al-Jâmi’ fi Al-Hatsts ’alâ Hifzh Al-’Ilm. ed. Mahmûd ibn Muhammad Al-Haddâd. Maktabah Ibn Taimiyyah dan Maktabah Al-’Ilm Jeddah.

Al-’Imrân, ’A. i. M. (1422 H.). Al-Musyawwiq ilâ Al-Qirâ‘ah wa Thalab Al-’Ilm. Dâr ’Âlam Al-Fawâ‘id.

Al-Hamad, M. B. I. (2014). Mental Juara: 50 Faktor Pendukung Mentalitas Muslim Juara. Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Al-Muqaddam, M. i. I. (t.t.). ’Uluww Al-Himmah. Dâr Ibn Al-Jauzî.

Al-Sirjani, R. (2016). Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia. Pustaka Al-Kautsar.

Al-Zahrânî, M. i. M. (2005). Min Hady Al-Salaf fi Thalab Al-’Ilm. Dâr Thayyibah.

Assegaf, A. R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam: Madzhab Multidisipliner. PT RajaGrafindo Persada.

Bunyamin. (2010). Hakekat Manusia Sebagai Animal Educandum, Educabili, dan Educator dalam Perspektif Islam. Reforma: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu-ilmu Agama Islam, 1(IX).

Danim, S. (2015). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. CV Alfabeta.

Fattah, A. (2019). Kisah-kisah Kesabaran Para Ulama: Menelusuri Pahit-Getirnya Perjalanan Hidup Manusia Shalih dalam Mencari Ilmu. Zamzam.

Grafura, L. & Wijayanti, A. (2019). Spirit Pedagogi di Era Disrupsi. Laksana.

Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Khoeriyah, M. (2019). Heutagogy in The Course of Pesantren Education (Case Study at Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah). International Journal on Islamic Educational Research, 3(1).

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pendidikan, 1(2).

Mariah H., S. (2015). Membangun Revolusi Berpikir Mahasiswa PLS Melalui Pendekatan Heutagogi. Jurnal Handayani, 4(1).

Marzuki, M. S. (2012). Pendidikan Nonformal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional dan, Pelatihan, dan Andragogi. PT Remaja Rosdakarya.

Maya, R. dan Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02).

Maya, R. dan Syafri, U. A. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismâ’îl Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01).

Mulyadi, S., Basuki, A.M. Heru, dan Rahardjo, W. (2017). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi. PT RajaGrafindo Persada.

Purwanto, A., dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal, 2(1).

Qomar, M. (2012). Kesadaran Pendidikan: Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Qomar, M. (2013). Strategi Pendidikan Islam. Penerbit Erlangga.

Qomar, M. (2014). Menggagas Pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2015). Dasar-dasar Kependidikan: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Kalam Mulia.

Rosidin. (2013). Konsep Andragogi dalam Al-Qur’an: Sentuhan Islami pada Teori dan Praktik Pendidikan Orang Dewasa. Litera Ulul Albab.

Subbekan, N. (2019). Heutagogi dalam Al-Qur’an (Kajian Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5). Skripsi. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Sulistya, R. (2019). Heutagogi Sebagai Pendekatan Pelatihan Bagi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4249

Article Metrics

Abstract view : 1206 times
PDF - 646 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lantai 1 Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor

Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335

Flag Counter

View My Stats