Perspektif pelanggan dalam implementasi Total Qualitiy Management (TQM) di Pesantren Fath Sukawangi Bogor

Authors

  • Amir Faishol Fath STIU Dirasat Islamiyah al-Hikmah Jakarta
  • Dia Hidayati Usman STIU Dirasat Islamiyah al-Hikmah Jakarta
  • Maemunah Sa'diyah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7171

Keywords:

Pelanggan, Pesantren, TQM

Abstract

The implementation of Total Quality Management (TQM) in an Islamic boarding school is a necessity because of the increasing need for quality education in various fields of life. A company must be very happy if it has qualified and professional employees because it will increase the work ethic and products in the company, as well as in Islamic educational institutions. This study aims to determine customer perceptions of the implementation of TQM at the Fath Islamic Boarding School. This qualitative research was carried out at the Fath Sukawangi Islamic Boarding School in Bogor by collecting data using observations and interviews with various related parties. This study found how the implementation of TQM at the Fath Islamic Boarding School as well as the perceptions of internal and external customers, namely: professional staff, students, guardians of students, and the surrounding community.

 

Abstrak

Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam sebuah Lembaga Pendidikan pesantren adalah sebuah keniscayaan karena semakin tingginya kebutuhan mutu Pendidikan dalam berbagai bidang kehidupan. Sebuah perusahaan pasti sangat senang jika mempunyai karyawan yang mumpuni dan profesional karena akan menambah peningkatan pada etos kerja dan produk dalam perusahaannya, begitu pula dalam lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelanggan terhadap implementasi TQM pada Pesantren Fath. Penelitian yang menggunakan penelitian kualitatif ini dilaksanakan di Pesantren Fath Sukawangi Bogor dengan pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara kepada berbagai pihak terkait. Dalam penelitian ini ditemukan bagaimana penerapan TQM di Pesantren Fath serta persepsi pelanggan internal dan eksternal yaitu: staf profesional, peserta didik, wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

References

Al Bukhari, I. A. A. b. I. (2001). Shahih al Bukhari 2, Beirut Dar al Fikr

Al Thabrany, S. b. M. (1998). al Mu'jamul Awsat al Thabrany, Beirut: Dar al Fikr

Al Tirmidzy, A. I. M. b. I. S. (tt), Al Jami Al Shahih Sunan Al Tirmizdy

Ali, T. M. (2011). Manajemen Lembaga Pendidikan: Multi pendekatan dan Metode, Jakarta: Erlangga.

Arfandi, A. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Melalui Total Quality Service. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 13(2), 239-258.

Darifah, U. H. (2016). Konsep Total Quality Management Edward Sallis dalam Perspektif Pendidikan Islam. Online Thesis, 10(1).

Fithriani, F. (2019). Manajemen Hubungan Masyarakat Dengan Lembaga Sekolah. Intelektualita, 5(02).

Hafidhuddin, D. & Tanjung, h. (2008) Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.

Hamalik, O (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jasuri, J. Total Quality Management (TQM) pada Lembaga Pendidikan Islam. Madaniyah, 4(1), 195120.

Mahmud, M. E. (2018). Peran Hubungan Masyarakat Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan. Proceeding The 2nd International Conference On Education And Islamic Culture.

Marno & Supriyanto, T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: PT. Refika Aditama.

Muslim, A. H. M. b. H. N.(tt). Shahih Muslim, Beirut: Darr al fikr

Mustikasari, G. A. (2021). Peran Komunikasi dalam Pendidikan, Gheroy.com fakta dan data, opini Pendidikan, Salatiga

Rivai, V. (2016). Islamic Quality Education Management. Gramedia Pustaka Utama.

Sallis, E. (2006)Total Quality Managemen in Education, (terj. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi), Jogyakarta : IRCiSoD

Susanto, E. (2009), Manajemen Kurikulum, http://www. cantiknya-ilmu. co. cc/2009/11/ manajemen-kurikulum. html

Syarifah, L. S. (2020). Desain Mutu Pesantren berbasis Total Quality Management (TQM). NIẒć€MULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 68-82.

Syarifah, L. S. (2020). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pesantren?. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(1), 93-112.

Tarmizi, T., & Mitrohardjono, M. (2020). Implementasi Manajemen Mutu Di Pesantren Tahfizh Daarul Qurán. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 81-104.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Fath, A. F., Usman, D. H., & Sa’diyah, M. (2022). Perspektif pelanggan dalam implementasi Total Qualitiy Management (TQM) di Pesantren Fath Sukawangi Bogor. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 190–207. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7171

Issue

Section

Artikel