Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) Di Smp Negeri 18 Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/edukha.v3i2.8739Keywords:
Fakta dan Opini dalam Iklan Baris, Hasil Belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia tentang Fakta dan Opini dalam Iklan Baris melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang Fakta dan Opini dalam Iklan Baris melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 70,65 atau sebesar 46% dari seluruh siswa, kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menjadi 76,15 atau sebesar 73% pada siklus 1 dan 80,92 atau 100% pada siklus 2 dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 75, dan aktivitas siswa pada siklus 1 sebanyak 1,92 dan siklus 2 sebanyak 2,52 Sedangkan aktivitas guru pada siklus 1 sebanyak 47,00 dan siklus 2 sebanyak 51,00. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didikReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne Robert, M. (1977). The conditions of learning. New York: Hort Rin-Rinehart and Winston Inc.
Nur. M dan Wikandari, P.R. (2000). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah Unesa, University Press.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning and Intergroup Relations.
Suryabrata, S. (1984). Pembimbing ke Psikodiagnostik. Yogyakarta: Andi Offset.
Surya, M. (2013). Psikologi Guru. Bandung: Alpabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors grant the journal copyright of the work licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal. | Penulis memberikan hak cipta karyanya kepada jurnal yang dilisensikan dengan CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License yang memungkinkan orang lain untuk menggunakan karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. |