Implementasi metode diskusi pada mata pelajaran Qur’an Hadits (Studi Literatur Surat An Nahl 125)

Authors

  • Zulfahman Siregar Universitas Adzkia Padang
  • Syafruddin Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rehani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15645

Keywords:

Metode Diskusi, Qur’an Hadits, Madrasah Aliyah

Abstract

This study aims to describe the implementation of the discussion method in the Qur'an Hadith subject matter of Surah An-Nahl 125 and the hadith narrated by Imam Bukhari conducted at Madrasah Aliyah ST Guguak Randah. This field research uses a qualitative approach with descriptive type. Data collection is done by observation, interview, and documentation techniques. Then the data was analyzed interactively descriptively, and testing the validity of the data using the triangulation method. The results showed that the use of discussion methods in learning Qur'an Hadith subject matter of Surah An-Nahl 125 and hadith narrated by Imam Bukhari conducted at Madrasah Aliyah ST Guguak Randah went well and effectively starting from planning, implementation, and evaluation. The response of students in learning Qur'an Hadith by using the discussion method is very enthusiastic and excited. As for the weaknesses of this discussion method, namely, it often occurs because the speakers in the discussion are controlled by 2 or 3 students who have speaking skills only, sometimes the discussion in the discussion expands, so that the conclusion becomes blurred, and the discussion often occurs with a long enough time, so it is not in accordance with what was planned.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode diskusi dalam mata pelajaran Qur’an Hadits materi surat an-Nahl 125 dan hadits riwayat Imam Bukhari yang dilakukan di Madrasah Aliyah ST Guguak Randah. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara interaktif deskriptif, serta pengujian keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa Penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran mata pelajaran Qur’an Hadits materi surat an-Nahl 125 dan hadits riwayat Imam Bukhari yang dilakukan di Madrasah Aliyah ST Guguak Randah berjalan baik dan efektif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Respons siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadits dengan menggunakan metode diskusi sangat antusias dan bersemangat. Sementara untuk kelemahan dari metode diskusi ini yakni, sering terjadi karena pembicara dalam diskusi dikuasai oleh 2 atau 3 orang peserta didik yang memiliki keterampilan berbicara saja, kadang-kadang pembahasan dalam diskusi meluas, sehingga kesimpulan menjadi kabur, dan diskusi sering terjadi dengan waktu yang cukup panjang, sehingga tidak sesuai dengan yang direncanakan.

References

Afiefah, N. (2014). Pembelajaran Dengan Metode Diskusi Kelas. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 53–65.

Akhyar, M., Deliani, N., Batubara, J., & Gusli, R. A. (2023). Studi Analisis Pendidikan Budaya Alam Minangkabau Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Dasar. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 193–206.

Bella Anjelika, Bella Anggraini, Bella Puspita, Devi Fitria, Dewi Syahfitri, dan D. S. (2022). Pembelajaran Al-Quran Hadist Berdasrkan Pendekatan Metode Diskusi di Madrasah, Jurnal Generasi. Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 135–141.

Ermi, N. (2015). Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Sorot, 10(2), 155 – 168.

Fanreza, S. B. dan R. (2023). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Hadits di Darul Uloom School, Satun Thailand. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 15938–15942.

Jalaluddin Muhammad bin Ahmad Al-Mahalli dan Jalaluddin Abdurrahman bin Abi Bakar As-Suyuti. (1993). Tafsir Al-Jalâlain. Maktabah Dâr Ihya’ al-Kutub al-‘Arabiyyah Indonesia.

Moedjiono, H. dan. (2004). Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosadakarya.

Qomar, M. (2002). Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Erlangga.

Rahman, R. D. (2008). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMPN 1 Prambon Sidoarjo. Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

Ratnadi, N. K. S. (2019). Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 9(3), 156–164.

Supriyati, I. (2020). Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VIII MTsN 4 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 104–116.

Syaifulloh, M. (2017). Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik). DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 108–143. https://doi.org/10.32764/dinamika.v2i1.132

Yakin, A. (2020). Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. Annual Conference On Islamic Education And Thought, Aciet, 1(1), 157–163.

Yasmadi. (2002). Modernisasi Pesantren Kritik Nurcholish Madjid terhadap pendidikan islam Tradisional. Ciputat Press.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Siregar, Z., Syafruddin, & Rehani. (2023). Implementasi metode diskusi pada mata pelajaran Qur’an Hadits (Studi Literatur Surat An Nahl 125). Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 313–325. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15645

Issue

Section

Articles