Perencanaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurhasanat Boarding School Karawang

Authors

  • Luthfiyah Masrukhan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maemunah Sa'diyah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16141

Keywords:

Mutu pendidikan, Perencanaan Pendidikan Islam, Sarana dan Prasarana

Abstract

This research was conducted because we wanted to know the form of planning for infrastructure and facilities to improve the quality of education at SMP Nurhasanat Boarding School Karawang. Where the importance of student satisfaction with the quality of services provided is important and requires private educational institutions to clearly define competition in educational services. This research aims to attract students, it is necessary to improve the quality of training, especially regularly improving and updating the quality of facility services to create lasting interactions with students and effectiveness in providing services commensurate with the costs incurred by students. Student satisfaction and academic achievement have become a primary focus of teachers and policy makers in competing learning environments. The method used in this research is a qualitative method with a descriptive approach. So in this research, the researcher tries to describe the object under study based on excavations obtained in the field. The research results show that infrastructure management has prepared a good education and coaching system that meets planning principles, and the completeness of infrastructure components still requires appropriate improvements in terms of sharia standardization and facility layout.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui bentuk perencanaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurhasanat Boarding School Karawang. Di mana pentingnya kepuasan siswa dengan kualitas layanan yang diberikan penting dan dibutuhkan lembaga pendidikan swasta untuk secara jelas mendefinisikan persaingan dalam layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menarik siswa, perlu meningkatkan kualitas pelatihan, terutama secara teratur meningkatkan dan memperbarui kualitas layanan fasilitas untuk menciptakan interaksi yang langgeng dengan siswa dan efektivitas dalam penyediaan layanan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan siswa. Kepuasan murid dan prestasi akademik telah menjadi fokus utama para guru dan pembuat kebijakan dalam persaingan lingkungan belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk menggambarkan objek yang diteliti berdasarkan penggalian yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan manajemen sarana prasarana sudah menyiapkan sistem pendidikan serta pembinaan yang baik dengan memenuhi prinsip- prinsip perencanaan, serta pada komponen kelengkapan sarana prasarana masih membutuhkan penyempurnaan yang sesuai dari standarisasi syariat dan tataan fasilitas.

References

Ananda, R. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: CV Widya Puspita.

Arifin, H. M. (1996). Ilmu Pendidikan Islam, Suatu Tinjauan Kritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Azman, N. (2013) Kamus Standar Bahasa Indonesia. Bandung: Fokusmedia.

Echols, J. M & Shadily, H. (1992). Kamus Indonesia-Inggris. Jakarta: PT. Gramedia.

Haris, M. (2021, Maret). Ayat-ayat yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran. (online).(https://timursahaja.blogspot.com/2021/03/ayat-ayat-yang-berkaitan-dengan.html?m=1) di akses pada tanggal 23 Desember 2023.

Idris, & Jamaluddin. (2013). Manajerial dan Manajemen. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1).

Kompri, (2014) Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.

Manullang, M. (2006). Dasar-dasar Manajemen. Medan: Ghalia Indonesia.

Matin & Fuad, N. H. (2016) Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan konsep dan aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nguyen, T. S., Le, T. H. O., & Duong, T. N. M. (2021). Assessment of Students’ Satisfaction of Facility Service Quality in Private Universities. Universal Journal of Educational, 9(5). 975.

Nizar, S. (2007). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No 32 Tahun 2013, Peraturan pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Sarana Nasional Pendidikan.

Qomar, M. (2007) Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Rosidah. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Siyoto, S. & Sodik, M. A. (2015)Dasar Metodologi Penelitian Cetakan 1. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D Cetakan 2. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini. (2009) Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Sukses Offset.

Sumatera Utara. Jurnal Sabilarrasdad. 2(1). 159-161.

Syahril. (2009)Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Tanjung, N. (2017). Tafsir Ayat-Ayat Al- Qur’an tentang Manajemen Sarana Prasarana

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1990) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Triwiyanto. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.187.

Tuala, R. P. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Lintang Rasi Askara Books.

Widarti. (2008). Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Belajar Mengajar di Jurusan Gizi POLTEKNES DEPKES Denpasar. Jurnal Skala Husada. 5(2). 163-167.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Masrukhan, L., & Sa’diyah, M. (2024). Perencanaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurhasanat Boarding School Karawang . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(2), 70–76. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16141

Issue

Section

Articles