Strategi guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran membaca Alquran sesuai hukum tajwid
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18051Keywords:
Guru PAI, Tajwid, Pembelajaran AlquranAbstract
The background of problem in this study is there are still students who are not fluent in reading the Qur'an and tajweed law. The objectives of this study are (1) To find out how the PAI teacher's strategy in improving the ability to read the Qur'an. (2) To find out how the implementation of PAI teachers in improving the ability to read the Qur'an according to the Law of Tajweed. (3) To find out the supporting and inhibiting factors in improving the ability to read the Qur'an. The method used in this research is qualitative method with a descriptive approach. The results showed that. (1) teachers are highly required use a variety of strategies. Teachers use sorogan method to determine student abilities. (2) teacher carries out learning regularly, the teacher focuses students on learning the law of dead nun, the teacher gives awards students who always obey the rules as well the teacher will give punishment to students who violate. (3) supporting factors for teachers are existence of great teachers, supporting facilities and infrastructure the support and encouragement of parents, while the inhibiting factor is the narrow learning time.
Abstrak
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu masih ada siswa yang belum lancar dalam membaca Alquran dan hukum tajwid. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksaan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran Sesuai Hukum Tajwid. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) guru sangat dituntut untuk menggunakan berbagai macam strategi. Guru menggunakan metode sorogan untuk mengetahui kemampuan siswa. (2) guru melaksanakan pembelajaran secara rutin, Guru memfokuskan siswa mempelajari hukum nun mati, guru memberikan penghargaan untuk siswa yang selalu menaati aturan begitu juga guru akan memberikan hukuman untuk siswa yang melanggar. (3) faktor pendukung guru adanya pengajar yang hebat, sarana dan prasarana yang mendukung dan adanya dukungan dan dorongan dari orang tua, adapun faktor penghambat yaitu waktu belajar yang sempit.
References
Amka. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. In Dr.H.Amka, M.si (Vol. 5, Issue 3).
Andri, K., & Dkk. (2022). Strategi Pembelajaran.
Ayuningsih, N., Rachmanto, A. D., & Hernawati, D. (2021). Perancangan Aplikasi Belajar Mengaji Ilmu Tajwid Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1). https://doi.org/10.56244/fiki.v11i1.419
Fahrurrosi, M., & Halik, A. (2022). Efektifitas Penerapan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Membaca Alquran Di TPA Bustanuddin Desa Galis …. AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran …, 8(1). https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1341
Habibbulloh, M., & Arifin, A. (2019). the Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Stad Menggunakan Alat Peraga Alquran Untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 189–202. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04
Hamzah. (2022). Strategi pembelajaran guru edukatif.
Handayani, I. N. suismanto. (2018). Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak Iys Nur Handayani, Suismanto Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak. Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 103–114.
Hasanah, U., Setia, S. D., Fatonah, I., & Deiniatur, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i2.1133
Heni Mularsih. (2007). pembelajaran individual. Ятыатат, 9(235), 245.
Hutasuhut, A. A., Khoiriyah, Haniatul, Lubis, J. A., Kiki, Khairuni, Apriani, S., Dalimunte, S. Q., Asih, S. A., & Syaifullah, M. (2022). Strategi Guru MI dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an d i Kelas 6 MIS Taqwa Balimbingan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13334–13340.
Ida, W. (2019). Strategi dan inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi industri 4.0.
Jainuddin, J. (2023). Strategi Penyampaian Pembelajaran Salat di SDN 2 Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan. Journal of Mandalika Literature, 4(2), 313–335. https://doi.org/10.36312/jml.v4i2.1655
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Alquran Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97
Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Alquran Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664
Muhammad, D. H. (2019). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Melalui Metode Qiroati. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 142. https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.97
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2022). strategi pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Mulyani, H., & Maryono, M. (2019). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Alquran. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294
Muslikah. (2021). METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN (BTQ) SECARA BAIK DAN BENAR SESUAI DENGAN KAIDAH ILMU TAJWID DI MTs. NEGERI 2 SRAGEN. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 136–140. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.67
Nasution, Z. (2021). DALAM MEMAKSIMALKAN PROSES. III(2), 269–280.
Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100–110. https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474
Nurhayati, T., Nurunnisa, E. C., & Husni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’(Penelitian Tindakan Kelas di Raudhatul Athfal Daarul Hikmah …. Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal …. https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/123
Pahrudin, A., & Suardi, ismail. (2021). pengembangan model kurikulum pendidikan agama islam multikultural.
Poetri, M., & Bahruddin, E. (2019). Hubungan Kemampuan Baca Tulis Alquran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadist di MTs Al-Muasyarah Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(5), 686–697.
Putra, P. H., Herningrum, I., & Alfian, M. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 80–95. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.55
Qiptiyah, Titin Mariatul, & Soslianti, R. (2021). Impelementasi Program Baca Tulis Alquran (BTQ) di Madrasah Aliyah Rodlotul Mutaallim Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. IAIN Al-Qodiri Jember, 13, 1.
Riris, M. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dalam Konteks Pengembangan Higher Order Thinking Skils (HOTS).
Rudjiono, Achmad Zainudin, & Ismail. (2020). Metode Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an Di Smp Islam Ungaran. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(1), 50–60. https://doi.org/10.51903/pixel.v13i1.191
Sd, D. I., Dan, I. A., Nur, S., & Serang, E. K. (2020). Implementasi Metode Tilawati Dan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran (Di Sd Islam Al-Azhar Dan Sdit Nur El-Qolam Kabupaten Serang). Jurnal Qathruna Vol. 7, 7(2), 41–62.
Siregar Anggreini, & Dkk. (2020). Perogram pengenalan ilmu tajwid melalui media pembelajaran pohon ilmu. Pengabdian Masyarakat, Vol.1 No.2.
Tabroni, I., & Qutbiyah, S. M. (2022). Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, Vol.1, No., 353–360. https://bajangjournal.com/index.php/JPDH/article/view/868
Tune, S. warni, & Abdul, R. intan. (2016). Strategi Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis softskill.
Utomo, K. B. (2018). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. MODELING:Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 145–156.
Wakit, S. (2020). Pelatihan Pembelajaran Al- Qur ’ an Dengan Menggunakan Metode Qiro ’ ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember. 6(1), 28–33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Fikry Haikal Abdillah, Maemunah Sa'diyah, Hambari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.