Dampak penerapan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku bullying di Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.20895Keywords:
Bullying, Akidah Akhlak, ToleransiAbstract
Akidah Akhlak learning at MAN 2 Bogor City plays an important role in instilling tolerance values (tasamuh) so that students are able to appreciate differences and reduce bullying behavior in the school environment. This study aims to describe the application of tolerance values in Akidah Akhlak learning and analyze its impact on student bullying behavior. The method used is a qualitative approach with observation techniques, in-depth interviews with students, and document review of teaching materials. The research was conducted on students of MAN 2 Bogor City. The results showed that the learning process facilitated the cultivation of the value of tasamuh through discussions, case studies, giving examples of behavior, and self-reflection exercises. Learners revealed that tasamuh material helped them understand the meaning of respecting differences, maintaining speech, and reminding each other to avoid bullying. The conclusion of this study shows that Akidah Akhlak learning with an emphasis on the value of tasamuh contributes to forming an empathetic attitude and a culture of mutual respect, thus supporting the creation of a safer, more comfortable, and harmonious learning atmosphere.
Abstrak
Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Kota Bogor berperan penting dalam penanaman nilai-nilai toleransi (tasamuh) agar peserta didik mampu menghargai perbedaan dan mengurangi perilaku bullying di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan menganalisis dampaknya terhadap perilaku bullying siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam dengan peserta didik, serta telaah dokumen materi ajar. Penelitian dilakukan kepada peserta didik MAN 2 Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran memfasilitasi penanaman nilai tasamuh melalui diskusi, studi kasus, pemberian contoh perilaku, dan latihan refleksi diri. Peserta didik mengungkapkan bahwa materi tasamuh membantu mereka memahami arti menghargai perbedaan, menjaga ucapan, dan saling mengingatkan untuk menghindari perundungan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Akidah Akhlak dengan penekanan nilai tasamuh berkontribusi dalam membentuk sikap empati dan budaya saling menghargai, sehingga mendukung terciptanya suasana belajar yang lebih aman, nyaman, dan harmonis.
References
Choi, Soo-Hyang, Christophe Cornu, Kathy Attawell, Laura Kann, F. E. (2019). Executive summary Why is this publication important ? UNESCO. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000366483
Daulay, N., Aulia, M., Nadila, N., Anggaraini, S. A., Tanjung, S. M. F., & Hashibuan, I. D. (2023). Implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi permasalahan bullying. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 94. https://doi.org/10.29210/1202322651
Fauzi, A., Netrawati, & Karneli, Y. (2022). Penerapan Teori Gestalt Dalam Pemahaman Pembelajaran Siswa Di Sekolah. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(1), 33–37. https://doi.org/10.58432/algebra.v2i1.71
Lessy, Z., Widiawati, A., Alif, D., Himawan, U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar “Jurnal Pendidikan dan studi Islam” Vol. 3. No. 2 Juli 2022, 137 – 148. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137–148. http://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/paedagogie/article/view/761
Munir, A. G. dan M. (2023). Pendampingan Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Mengarahkan Karakter Digital Native Generasi Millenial di MA Nahdlatul Ulama Lombok Wetan Wonosari Bondowoso. 3, 1–6.
Nadhira, S., & Rofi’ah. (2023). Dampak Bullying Terhadap Gangguan Ptsd (Post-Traumatic Stress Disorder) Pada Siswa SekolahDasar. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 49–53. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/dewantech
Ni’mah, Z. (2024). Habituasi Toleransi sebagai Upaya Menguatkan Pendidikan Anti Bullying di Sekolah. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(1), 22–39. https://doi.org/10.59001/pjier.v2i1.143
Nurmala Hayati, & Fadhilla Yusri. (2023). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Smpn 1 Enam Lingkung Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 26–42. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.58
Purnama Sari, E., Abdul Karim, H., & Arif, M. (2023). Problematika Bullying Secara Verbal Siswa Kelas IX di MtsS Darul Hadits Kabupaten Pasaman Barat. Bahasa Dan Pendidikan, 3(4), 242–256. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i4.2061
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892
Setiani, A. P., Hidayah, L. N., Insan, U., & Utomo, B. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Psikologis Siswa. Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325
Sriyono, Slamet, Andi Warisno, Riskun Iqbal, F. F. (2022). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dan Implikasinya Bagi Sikap Toleransi Siswa. Unisan Journal: Jurnal Manejemen & Pendidikan Islam, 01(04), 94.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (Octiviena (ed.); Kedua). PT Rajagrafindo Persada.
Sulaeka, B., & Susanto, R. (2023). Peran dan Strategi Guru dalam Penanaman Nilai Toleransi sebagai Upaya Meminimalisir terjadinya Bullying antar Sesama Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 8(1), 137–143. https://doi.org/10.29210/02020344
Zakiyah, E. Z., Fedryansyah, M., & Gutama, A. S. (2019). Dampak Bullying Pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 265. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20502
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Balqis Zhafirah, Maemunah Sa'diyah, Falizar Rivani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


