Manajemen kelas melalui model pembelajaran kooperatif Quiz Quiz Trade guna menciptakan suasana pembelajaran bahasa Arab efektif
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i2.7720Keywords:
Manajemen Kelas, Pembelajaran Bahasa Arab, Quiz-Quiz TradeAbstract
Classroom management is a problem faced by both new teachers and even senior teachers. This is because the emotional state of students is always changing. Today's enthusiasm and enthusiasm is not necessarily tomorrow. So that profesional teachers are teachers who are able to manage the class well so that the learning process always runs effectively, efficiently, encouragingly and achieves the expected goals. Teachers who do not carry out classroom management and only position or portray themselves as authority figures or discipnarians tend to fail than teachers who carry out classroom management as a process of establishing and maintaining an effective learning environment. This study aims to describe the application of classroom management through the quiz-quiz trade cooperative learning model in learning Arabic. This model was chosen to get an effective, fun learning atmosphere and of course to help students learn Arabic, especially muhadatsah (conversation). This research was conducted at SMP IT Al Binaa Bekasi class IX with the results that 62.5% of students agreed that they were happy and felt helped by this method, 12.5% strongly agreed, and 22% disagreed. In terms of whether this model makes it easier for students to practice communicating in Arabic, the resulting data is 67.5% agree, 22.5% strongly agree and only 10% choose to disagree. So it can be concluded that the cooperative learning model of the quiz-quiz trade in Arabic language learning must be mastered by teachers in managing their classes to achieve effective learning.
Abstrak
Manajemen kelas menjadi masalah yang dihadapi para guru baik guru baru bahkan guru senior sekalipun. Hal ini karena kondisi emosional siswa selalu berubah-ubah. Hari ini semangat dan antusias belum tentu besok. Sehingga guru yang profesional adalah guru yang mampu mengelola kelas dengan baik sehingga proses pembelajaran selalu berjalan efektif, efisien, menggembirakan dan mencapai tujuan yang diharapkan. Guru yang tidak melaksanakan manajemen kelas dan hanya memosisikan atau memerankan diri sebagai figur otoritas atau penegak disiplin (authority figures or disclipnarians) cenderung gagal daripada guru yang melaksanakan manajemen kelas sebagai proses pemapanan dan pemeliharaan (establishing and maintaining) lingkungan belajar yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen kelas melalui model pembelajaran kooperatif quiz-quiz trade dalam pembelajaran bahasa Arab. Model ini dipilih untuk mendapatkan suasana belajar efektif, menyenangkan dan tentunya membantu siswa dalam mempelajari bahasa Arab khususnya muhadatsah (percakapan). Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Al Binaa Bekasi kelas IX dengan hasil sebanyak 62,5% siswa setuju bahwa mereka senang dan merasa terbantu dengan metode ini, 12,5% sangat setuju, dan sebanyak 22% tidak setuju. Dalam hal apakah model ini memudahkan siswa untuk berlatih komunikasi dengan bahasa Arab, dihasilkan data 67,5% setuju, 22,5% sangat setuju dan hanya 10% yang memilih tidak setuju. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif quiz-quiz trade pada pembelajaran bahasa Arab harus dikuasai oleh para guru dalam mengelola kelas mereka untuk mencapai pembelajaran yang efektif.
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Afriza. (2014). Manajemen Kelas, Pekanbaru: Kreasi Edukasi Publishing and Consulting Company.
Ariyani, R. (2021), July 25). Manajemen Kelas. https://www.rikaariyani.com/2021/07/download-ebook-manajemen-kelas-gratis.html
Astuti. (2019). Manajemen Kelas Yang Efektif. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 9 (2).
Danim, S. (2016). Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tengaa Kependidikan, Solo: Pustaka Setia.
Djamarah, S. B & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2). https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392
Firmansyah, & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen, Sleman, Yogyakarta: Penerbit Deepublish
Hidayat, A, Sa'diyah, M, Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.639
Jalaludin, A. Z., Fathurrohman. (2021). Peranan Manajemen Kelas Dalam Proses Pembelajaran. Diklat Review Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), https://doi.org/10.35446/diklatreview.v5i2.689
Kurniawan, I., Al Hamat, A., & Al Kattani, A. H. (2021). Metode Pembelajaran Kreatif Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(1), 13-20. http://dx.doi.org/10.32832/itjmie.v2i1.3426
Nawawi, H. (1995). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung
Puwaningrum, M.D & Untari. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz Quiz Trade Pada Pembelajaran IPS SD. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21. Tema 6 Nomor 30 (2017)
Rosmayanti, A.F. (2020). Perbedaan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Quiz-Quiz Trade Dan Inside-Outside Circle Pada Kemampuan Bercerita Siswa Kelas VII SMPN 2 Gumukmas Tahun Pelajaran 2019/2020. Bapala, 7 (3) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34419
Rusydie. S. (2011). Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Jogjakarta: Diva Press
Suryana, E. (2012). Manajemen Kelas Berkarakter Siswa. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 1(02).https://dx.doi.org/10.30868/ei.v1i02.21
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.