Analisis kinerja tenaga pendidik dan kependidikan dalam menerapkan manajemen mutu ISO 9001:2015
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i6.17403Keywords:
International Standardization Organization, ISO 9001:2015, Kinerja, Manajemen MutuAbstract
The world of education is increasingly developing with various innovations, but standardization is needed to assess the degree of educational quality of an educational institution. By introducing ISO (International Organization for Standardization) quality management, you can maintain the quality of your educational institution. The aim of this research is to analyze faculty performance in implementing ISO 9001:2015 quality management. This research use desciptive qualitative approach. The research location is one of the schools in Jakarta that has obtained the ISO 9001:2015 quality management certificate. Based on the survey results, ISO 9001:2015 certified madrasas evaluate faculty performance through internal and external placement test processes and improve competency and performance through quality management training and workshops based on ISO 9001:2015. This is done to consistently meet customer needs.
Abstrak
Dunia pendidikan semakin berkembang dengan berbagai inovasi, namun tetap harus ada standarisasi untuk menilai sejauh mana mutu pendidikan sebuah lembaga. Dengan penerapan manajemen mutu ISO (International Standardization Organization) dapat menjaga mutu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja tenaga pendidik dan kependidikan dalam menerapkan manajemen mutu ISO 9001:2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian pada salah satu sekolah di Jakarta yang sudah mendapatkan sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2015. Hasil penelitian menunjukkan Madrasah penerima sertifikat ISO 9001:2015 telah melaksanakan evaluasi terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan melalui proses placement test internal dan eksternal, peningkatan kompetensi dan kinerja melalui pelatihan dan workshop manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara konsisten.
References
Amaruddin, H., Faturrohman, & Wardhani, M.K. (2022). Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 terhadap Kinerja Operasional melalui Budaya Kualitas dan Perilaku Produktif Karyawan. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 29-38. DOI: https://doi.org/10.37366/master.v2i1.292
Arbanggi, Dakir, & Umiarso. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Diana, N. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Dudung. (2015). Sistem Manajemen Mutu Pada Perguruan Tinggi. Majalah Bisnis dan Iptek 8.
Effendi, A. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Fonseca, L.M., Cardoso, M.C., & Nóvoa, M.H. (2022). Motivations for ISO 9001 quality management system implementation and certification–mapping the territory with a novel classification proposal. International Journal of Quality and Service Sciences, 14 (1), 18-36.
Gremyr, I., Lenning, J., Elg, M., & Martin, J. (2021). Increasing the value of quality management systems. International Journal of Quality and Service Sciences, 13(3), 381-394. Emerald Publishing Limited 1756-669X DOI: https://10.1108/IJQSS-10-2020-0170.
Nurdin, D. (2021). Manajemen Mutu Sekolah. (Teori, Konsep, dan Implementasi). Bandung: PT. Refika Aditama.
Piskar, F., & Dolinsek, S. (2006). Implementation of the ISO 9001: from QMS to business model. Industrial Management & Data Systems, 106(9), 1333-1343.
Redi., AANP & Putra, I.N.M. (2021). ISO 900:2015: Pengantar Standar Manajemen Mutu. Website Magister Teknik Industri Bina Nusantara. Diakses pada 24 Juli 2024 dari https://mie.binus.ac.id/yyyy/mm/dd/title/
Siswopranoto, M.F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam. 6(1), 17-29.
Suyanto, & Djihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Tarí, J.J., Molina, J.F., Azorín, & Heras, I. (2012). Benefits of the ISO 9001 and ISO 14001 standards: A literature review. Journal of Industrial Engineering and Management (JIEM), 5(2), 297-322.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Maesaroh, Hilaliyah Sayuthi, Irnie Victorynie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.