Pembinaan ibadah shalat di TPA An-Nubuwwah Desa Sidosari Natar Lampung Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18840Keywords:
An-Nubuwwah, Pembinaan Ibadah Shalat, TPAAbstract
This research aims to find out what prayer coaching strategies are carried out for children at the An-Nubuwwah Al-Qur'an Education Park (TPA). The method used is qualitative with a descriptive approach. Data collection was carried out through observation, interviews and documentation. The research informant was one of the ustadz or supervisors at An-Nubuwwah TPA. Data analysis was carried out descriptively. The results of the research show that the prayer coaching carried out by the ustadz consists of several methods, namely: 1) learning activities are carried out with question and answer sessions, so that children are involved during the coaching. 2) show a disciplined attitude such as being solemn and calm, in order to be a good example for children. 3) carry out a demonstration of prayer practice in an interesting and exciting way. 4) provide motivation by appreciating the various efforts that children have made in learning to pray. And 5) carrying out evaluation sessions by correcting and providing additional assignments. In addition, this research identified various obstacles experienced when coaching prayer services, including environmental factors, limited time for coaching, and the lack of parents' role in providing motivation and support.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembinaan ibadah shalat yang dilakukan terhadap anak-anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) An-Nubuwwah. Metode yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah salah satu ustadz atau pembina di TPA An-Nubuwwah. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan ibadah shalat yang dilakukan oleh ustadz terdiri dari beberapa metode yaitu: 1) aktivitas pembelajaran dilakukan dengan sesi tanya jawab, sehingga anak ikut terlibat selama pembinaan berlangsung. 2) menunjukkan sikap disiplin seperti khusyuk dan tenang, agar menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. 3) melakukan demonstrasi praktik shalat dengan cara yang menarik dan seru. 4) memberikan motivasi dengan mengapresiasi berbagai usaha yang telah dilakukan anak-anak dalam mempelajari shalat. Serta 5) melaksanakan sesi evaluasi dengan mengoreksi dan memberikan tugas tambahan. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi berbagai kendala yang dialami saat pembinaan ibadah shalat, termasuk faktor lingkungan, keterbatasan waktu pembinaan, serta kurangnya peran orang tua dalam memberikan motivasi dan dukungan.
References
Amalia, A., Etek, Y., & Khorini. (2019). Meningkatkan Pengalaman Ibadah Shalat Dengan Metode Demonstrasi. Ta’lim, 1(1), 23-33.
Fajrussalam, H., Imaniar, A. F., Isnaeni, A., Septrida, C., Utami, V. N. (2022). Pandangan Sains Terhadap Shalat Untuk Kesehatan. Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 201-212.
Husna, K., & Arif, M. (2021). Ibadah dan Praktiknya Dalam Masyarakat. Ta’lim, 4(2), 143-151.
Lailaturrahmawati, Januar, & Yusbar. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa. Educativo, 2(1), 89-96.
Mulyani, E. S., & Hunainah. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Qathruna, 8(1), 1-20.
Muslih, M. (2023). Strategi Dosen Agama Islam dalam Praktik Ibadah Shalat Jmaah Pada Taruna Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Ilmiah Kemaritiman Nusantara, 3(1), 58-65.
Muslimah. (2021). Berbuat Kebaikan. Ta’lim, 3(2), 12-24.
Mustofa, A., & Munira. (2022). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di Desa Sidoharjo Kab.Oku Timur. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 1(2), 115-126.
Nurlaili, Azhari, A. A., Handayani, R., Safira, D., & Fennika. (2023). Peran Guru Dalam Membimbing Ibadah Sholat Pada Anak Usia Dini Di Ra Darul Ikhlas. Journal Ability, 4(2), 99-111.
Rahayu, M. P., & Fauji, I. (2024). Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Pendas, 9(1), 1222-1229.
Ramdani, B., Nisa, F. K., Fadilah, I. N., Khairunnisa, N. M., Sanubari, T., & Nurjaman, A. R. (2024). Pola Tidur Dalam Meningkatkan Ibadah Sholat. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah, 3(2).
Risnawati. Pelaksanaan Pembiasaan Shalat Berjamaah Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Fardhu Pada Siswa MTs Al-Khoiriah Semarang. Skripsi. (Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2021).
Riyadi, N. E. W., & Kahar, M. I. (2024). Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Melalui Bimbingan Praktikum di TPA Masjid Asy-Syuhada. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 776-780.
Rofiqoh, A. (2020). Shalat dan Kesehatan Jasmani. Spiritualita, 4(1), 65-76.
Sakinah, S., Wahyuni, N., Ali, Z. J., Amalia, S., & Nurhalisa, N. (2024). Pengabdian Masyarakat Melalui Bimbingan Tata Cara Wudu, Shalat, dan Mandi Wajib Bagi Siswa SDN 1 Dadakitan. Samakta, 1(2), 36-44.
Sari, R. K. Peran Orang Tua Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar Lab School Unnes. Skripsi. (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2018).
Syaadah, R., Ary, M.H.A.A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2022). Pendidikan Formal, Non Formal, dan Pendidikan Informal. Pema, 2(2), 125-131.
Septadini, I. S., Adnindya, R., Wardiansyah, & Suciati, T. (2020). Manfaat Gerakan Salat Untuk Meningkatkan Fleksibiltas Punggung Bawah pada Pengrajin Kain Blosong di Kota Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-17.
Ummah, K. Pembinaan Ibadah Shalat di TPA Al-Azhar Siem Darussalam Aceh Besar. Skrips. (Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2017).
Wandi, A. (2020). Implementasi Program Keagamaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SDIT Istiqomah Lembang. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(02), 104-114.Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 278–288.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Apria Ningsih, Anggi Septia Nugroho, Arizal Eka Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.