Pengembangan kecerdasan spiritual dan emosional melalui kegiatan keagamaan di SDIT Al-Yasmin 2 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i2.19604Kata Kunci:
Kecerdasan spiritual, Kecerdasan emosional, Kegiatan keagamaan, SDIT Al-Yasmin 2Abstrak
This research aims to determine efforts to develop spiritual intelligence and emotional intelligence through religious activity programs at SDIT AL-YASMIN 2, to find out what factors inhibit and support the development of spiritual intelligence and emotional intelligence through religious activity programs at SDIT AL-YASMIN 2 This research method uses qualitative methods with data collection techniques through observation, interviews and documentation. The results of the research show that religious activities carried out, such as congregational prayers, reading and writing the Qur'an, tahfizh Al-Qur'an, religious studies, and social religious activities, support the application of indicators of spiritual intelligence according to Dadang Hawari, faith and devotion to Allah. , maintaining trust and not lying, respecting time, having compassion for others and emotional intelligence according to Daniel Goleman, such as recognizing one's own emotions, managing emotions, motivating oneself, increasing empathy, and building harmonious relationships with the environment. By integrating religious education into daily activities, the school has succeeded in creating an atmosphere that supports the development of students' spiritual intelligence and emotional intelligence through religious activities.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengembangan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional melalui program kegiatan keagamaan di SDIT AL- YASMIN 2, untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dari pengembangan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional melalui program kegiatan keagamaan di SDIT AL- YASMIN 2. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, seperti shalat berjamaah, baca tulis Al-Qur’an, tahfizh Al-Qur’an, kajian keagamaan, dan kegiatan sosial agama, mendukung penerapan indikator kecerdasan spiritual menurut Dadang Hawari, beriman dan bertakwa kepada Allah, menjaga amanah dan tidak berdusta, menghargai waktu, memiliki rasa kasih sayang antar sesama serta kecerdasan emosional menurut Daniel Goleman, seperti mengenali emosi sendiri, mengelola emosi, memotivasi diri, meningkatkan empati, serta membangun hubungan yang harmonis dengan lingkungan. Dengan integrasi pendidikan agama dalam kegiatan sehari-hari, sekolah berhasil menciptakan suasana yang mendukung pengembangan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional siswa melalui kegiatan keagamaan.
Referensi
Apriani, I., Damopolii, M., & Datunsolang, R. (2024). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Keagamaan. INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 57–69.
Aulia, I., Al Idrus, S. A. J., & Mustafa, P. S. (2024). Pembinaan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Siswa Kelas IV di SDN 26 Cakranegara. Journal of Science and Education Research, 3(2), 17–23.
Goleman, D. (2002). Kecerdasan emosional untuk mencapai puncak prestasi. Alih bahasa: Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Hawari, D. (1997). Al Qur’an ilmu kedokteran jiwa dan kesehatan jiwa.
Jaelani, A. Q., & Ilham, L. (2019). Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. KOMUNIKA: Jurnal dakwah dan Komunikasi, 13(1), 97–106.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.
Pahlawati, E. F. (2021). Penerapan nilai-nilai pendidikan agama islam untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual (ESQ). Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 6(1), 68–87.
Rahmawati, S. T. (2020). KECERDASAN SPIRITUAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN. 9(2), 115–120.
Rosyad, W. S. (2020). Al-Muqkidz: Jurnal Kajian Keislaman. 1(1), 119–138.
Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan, 10(1), 21–38. doi: 10.56745/js.v10i1.17
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,dan kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhifatullah, M. I. (2024). Menggali Potensi Batin: Manajemen Stratejik Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Mega Press Nusantara.
Sumarti, S. (2008). Inovasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 02 Batu (PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4473
Supriadi, E. R., Syahputra, A. W., & Ali, U. (2024). Analisis Dampak Fatherless Terhadap Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Remaja Kristen GPdI Wilayah I Kota Kupang. Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 84–103.
Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Guidance and counseling programs to develop students’ spiritual and emotional intelligence. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588.
Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri, N. (2023). Konsep Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Sekolah Dasar. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 868–879.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran PKn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11–29.
Wibowo, C. T. (2017). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Pada Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 15(1), 1. doi: 10.20961/jbm.v15i1.4108
Zohar, D., & Marshall, I. N. (2001). SQ: Memanfaatkan kecerdasan spiritual dalam berpikir integralistik dan holistik untuk memaknai kehidupan. (No Title). Diambil dari https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000796782802304
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Faadiyah Rihaadah, Muhammad Fahri , Andestend

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


