Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw

Penulis

  • Zahra Ikhtifaliani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Khaidir Fadil Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.19827

Kata Kunci:

Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar, Pelajaran Fiqh

Abstrak

This research is motivated by the lack of teacher creativity in applying learning models and the ineffective use of learning methods applied at school, which causes reduced student engagement in learning. This study aimed to determine the effect of the Jigsaw cooperative learning model on student learning outcomes in Fiqh class IX MTs Nurul Walidain Ciampea. The approach used in this research is quantitative, and the research method used is the Quasi-Experimental Design method. The data samples of this study were class IX D and class IX E. The data collection techniques used were test instruments and documentation. The results of the Mann-Whitney test support the results of the study. It is known that the value of Asymp. Sig. (2-tailed) is 0.000 <0.05. So it can be concluded that the Jigsaw cooperative learning model affects student learning outcomes in Fiqh class IX MTs Nurul Walidain Ciampea. The use of the Jigsaw learning model has improved student learning outcomes, and students are also more eager to participate in learning.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran dan kurang efektifnya penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah yang menyebabkan berkurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas IX MTs Nurul Walidain Ciampea. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen Quasi Eksperimental Design. Sampel data penelitian ini adalah kelas IX D dan kelas IX E. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dibuktikan dari hasil pengujian Mann-Whitney, diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqh kelas IX MTs Nurul Walidain Ciampea. Penggunaan model pembelajaran Jigsaw telah meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa juga lebih bersemangat mengikuti pembelajaran.

Referensi

Amalia, R. P., Sa’diyah, M., & Gustiawati, S. (2020). Studi Korelasi Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhalk Kelas VII (MTs Darul Muttaqien). Fikrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 124–135.

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83–99.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48.

Lisnawati, S., Islam, R. A. F., & Subagiya, B. (2023). Penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqih pada siswa di MTs. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 414–426.

Lubis, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199–209.

Maswar, M. (2017). Analisis statistik deskriptif nilai UAS ekonomitrika mahasiswa dengan program SPSS 23 & Eviews 8.1. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 273–292.

Nurlaely, A., & Alghazal, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SD Pratama. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1).

Pratiwi, R. A., Ikhtiono, G., & Fadil, K. (2024). Pengaruh metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidik Indonesia, 5(1), 33–39.

Prihatini, A. S., Gustiawati, S., & Sutisna, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Al–Ikhlas Cicadas Bogor. Koloni, 1(3), 393–402.

Salamah, P. C. (2018). Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. https://books.google.co.id/books?id=YbB1DwAAQBAJ

Sarumaha, M. S., Laiya, R. E., RE, M., Zagoto, A., Sarumaha, M., Harefa, D., Lase, I. P. S., Laia, B., Fau, Y. T. V., & Telaumbanua, K. (2023). Model-Model Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sutandi, R., Irfani, F., & Kosim, A. M. (2022). Hubungan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MAN 1 Kabupaten Bogor. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 158–167.

Titin, T., Irfani, F., & Sutisna, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 1 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4636–4645.

Wahyuni, E., Nawawi, I., Lubis, R., Erningsih, E., Afriana, A., Husnita, L., Arianto, T., Salsabila, U. H., Firmansyah, F., & Nazmi, R. (2023). Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran. CV. Gita Lentera.

Yulanda, V., & Lubis, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih Di MTsN 1 Kota Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 3(2), 560–567.

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Ikhtifaliani, Z., & Fadil, K. (2025). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(3), 306–317. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.19827

Terbitan

Bagian

Articles