Supervisi Proses Pembelajaran pada Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam

Penulis

  • Zayyanatun Zulfa Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana, Universitas Ibn Khaldun
  • Wido Supraha Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana, Universitas Ibn Khaldun
  • Abas Mansur Tamam Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana, Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4281

Kata Kunci:

supervisi, pembelajaran, pendidikan Islam

Abstrak

The learning process is a process carried out to change the various potentials possessed by humans into something actual and have clear benefits. There are three main elements that must be present and considered during learning process which are process of planning, implementing, and evaluating. In carrying out the learning process, teachers very often face obstacles that can affect the whole learning process. To overcome this obstacle requires supervision and guidance so that teachers are able to solve learning problems and develop their competences; both are personal, professional and social competences. This research focuses on developing a learning supervision instrument so that it can be a guide for related parties in conducting supervision in order to create a learning process that is better and in accordance with the goals of Islamic education. This research uses qualitative research methods with library research techniques. As the research results, a supervision instrument design containing forty questions was produced which is in accordance with the principles of Islamic education and technical matters that have been described in the regulations of the ministry of education and culture. The design of this supervision instrument contains questions aimed at assessing the entire learning process which includes planning, implementing, and assessing the learning process.

Abstrak

Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengubah berbagai potensi yang dimiliki manusia menjadi sesuatu yang aktual dan tampak jelas nilai manfaatnya. Dalam pembelajaran terdapat tiga unsur utama yang harus ada dan diperhatikan yaitu proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru sangat sering menghadapi hambatan yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran secara keseluruhan. Untuk mengatasi hambatan ini diperlukan adanya usaha supervisi serta pembinaan agar guru mampu menyelesaikan masalah pembelajaran serta mengembangkan kompetensinya baik itu kompetensi personal, profesional, maupun kemasyarakatan. Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen supervisi pembelajaran agar dapat menjadi sebuah panduan bagi pihak terkait dalam melakukan supervisi agar tercipta proses pembelajaran yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian pustaka. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dihasilkan rancangan instrumen supervisi yang berisikan empat puluh pertanyaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam, namun tidak terlepas dari hal teknis yang telah dijabarkan dalam peraturan kementerian pendidikan dan kebudayaan.  Rancanangan instrumen supervisi ini memuat pertanyaan yang ditujukan untuk menilai keseluruhan proses pembelajaran yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran.

Referensi

Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.

Ambarita, A. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

An-Nawawi, I. A. (2014). At-Tibyan Adab Penghafal Al-Qur'an. Solo: Al-Qowam.

Arifin, M. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhari, A. (2003). Supervisi: Rencana Program Pembelajaran. Jakarta: Rian Putra.

Daresh, J. C. (2001). Supervision as proactive leadership. IL: Waveland Press.

Fattah, A. (2018). Muhammad Sang Guru Menyibak Rahasia Cara Mengajar Rasulullah. Jakarta: Penerbit Akses.

hartanto, S., & Purwanto, S. (2019). Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, vol. 3, no. 2, November 2019, 97-111.

Husaini, A. (2018). Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Gemilang Menuju Negara Adidaya 2045 : Kompilasi Pemikaran Pendidikan. Depok: Yayasan Penididkan Islam At-Taqwa Depok.

Jawas, Y. b. (2016). Adab dan Aklak Penuntut Ilmu. Bogor: Pustaka At-Taqwa.

KBBI. (2020, 2 1). Retrieved from https://kbbi.web.id/supervisi

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

________________. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nada, A. A.-S. (2007). Ensiklopedi Adab Islam Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah. Jakarta: Pustaka Imam Syafi'i.

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, 318-330.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia group.

Paramudita, A., & Ridwan, I. (2019). Teknik Supervisi Akademik di Sekolah Islam. MADRASA: Journal of Islamic Educational Management , VOL.2, NO.1, 001-006.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology, Vol. 3, No.2 , Hal. 136- 144.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sawaluddin. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Al-Thariqah, 39-53.

Siddik, D. (2006). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Supradi, B. (2019). Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam . Indonesian Journal of Islamic Educational Management, Vol. 2, No. 1, April 2019, Hal. 1-11.

Supraha, W. (2018). Pemikiran George Sarton & Panduan Islamisasi Sains. Depok: Yayasan Adab Insan Mulia.

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol.5 No.1, Juni 2018, 13-29.

Suryosubroto, B. (2012). Proses Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Diterbitkan

2021-07-31

Cara Mengutip

Zulfa, Z., Supraha, W., & Tamam, A. M. (2021). Supervisi Proses Pembelajaran pada Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 64–75. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4281

Terbitan

Bagian

Articles