Tipologi pengajaran dan pendidikan Islam di Banten dalam pengaruh tokoh ulama abad 19-20

Authors

  • Eri Murniasih Universitas Serang Raya
  • Irfan Anshori Universitas Serang Raya

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i1.15379

Keywords:

Pendidikan, Pengajaran, Islam, Banten 

Abstract

Banten has a lot of culture and culture and is synonymous with the sultanate, so it has many Islamic educational institutions and centers of Islamic government. This research aims to describe the history of the development of Islamic education in Banten in the 19th and 20th centuries. This research was carried out using the literature study method through the approach of figures (ulama) who were influential in spreading Islam. Judging from the struggle and contribution to education and organizations in the Banten region. The research results show that Banten's progress cannot be separated from the disciplined work of its ulama in aspects of Islamic science. Four models or patterns of Islamic religious education and teaching institutions are known and running from time to time in Banten, namely Islamic religious education in Islamic boarding schools, madrasas, majlis ta'lim, and religious education in public schools. The progress of Islam in Banten was also supported by the establishment of Islamic organizations such as Mathla'ul Anwar, Al-Khairiyah, and Mathla’ul Anwar Linahdlatil Ulama (MALNU) which became the basis of Islamic power in Banten.

 

Abstrak

Banten memiliki banyak kultur, budaya serta identik dengan wilayah kesultanan sehingga banyak mencetak lembaga pendidikan keislaman dan pusat pemerintahan Islam. Tujuan penelitian ini menggambarkan sejarah perkembangan pendidikan Islam di Banten abad 19-20. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan melalui pendekatan tokoh (ulama) yang berpengaruh dalam menyebarkan Islam. Dilihat dari perjuangan serta kontribusinya dalam pendidikan, dan organisasi yang ada di wilayah Banten. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemajuan Banten tidak terlepas dari kiprah para ulamanya yang disiplin dalam aspek keilmuan Islam. Dan terdapat empat model atau pola institusi pendidikan dan pengajaran agama Islam yang dikenal dan berjalan dari waktu ke waktu di Banten yaitu pendidikan agama Islam di pondok pesantren, madrasah, majelis ta’lim dan pendidikan agama di sekolah umum. Kemajuan Islam di Banten juga di dukung dengan didirikannya organisasi Islam seperti Mathla’ul Anwar, Perguruan Al-Khairiyah serta Mathla’ul Anwar Linahdlatil Ulama (MALNU) yang menjadi basis kekuatan Islam di Banten.

 

References

Anggrayani, A. (2021). Modernisasi Pendidikan Islam di Banten: Peran KH Syam’un dalam Membangun Pesantren Al-Khairiyah Citangkil Warnasari Cilegon 1916-1942. Tsaqofah, 10(02), 125–140.

Anita, D. E. (2016). Walisongo: Mengislamkan Tanah Jawa (Suatu Kajian Pustaka). Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 1(2), 243–266.

Anwar, C. (2018). Islam Dan Kebhinekaan Di Indonesia: Peran Agama Dalam Merawat Perbedaan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(2), 1–18.

Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren – Studi Pandangan Hidup Kyai Dan Visinya, Masa Depan Indonesia. LP3ES.

Edinbur, A. R., & Prabowo, R. C. (2021). Opini Warga Jakarta Pusat (Studi Analisis ROBERT J. SCHREITER Pada PEMILU 2024). Oratio Directa (Prodi Ilmu Komunikasi), 3(1), 369–408.

Fathoni, M. A., & Rohim, A. N. (2019). Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. In Proceeding of Conference on Islamic Management, Accounting and Economics, 133–140.

Hanif, M. (2020). Dinamika Pendidikan Pesantren di Pulau Jawa: Integrasi Sejarah dan Kearifan Lokal. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(1), 33–45.

Hendra, H., & Hajri, P. (2023). Kajian Komparasi Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia dan Malaysia. FOUNDASIA, 14(1), 42–54.

Iqbal, M. (2016). IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI YAYASAN NURUL FALAH KECAMATAN PETIR KABUPATEN SERANG BANTEN. QATHRUNÂ, 3(02), 99–126.

Kalsum, E. U., Faisal, F., Arifin, D., Utomo, B. S., & Noerdjmal, D. (2020). Potensi Dark Tourism Pasca Bencana di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Provinsi Banten. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 109–118.

Kurniati, K. (2022). PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM SEJAK MASA KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA HINGGA ERA REFORMASI. Jurnal Al-Ahkam: Jurnal Hukum Pidana Islam, 4(2), 84–96.

Kurniawan, D. A. (2019). The Portrait of Traditional Islamic Education System in Indonesia. HISTORIKA, 22(2), 37–55.

Luktiandi, W., Siregar, I., & Ramli, S. (2022). PERANAN SULTAN HASANUDDIN DALAM PROSES ISLAMISASI DI KESULTANAN BANTEN TAHUN 1526-1570. KRINOK| Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 1(1), 73–84.

Maftuh, M. (2011). PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI BANTEN AWAL ABAD XX:(Studi atas Mathla’ul Anwar dan Al-Khairiyah). ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 273–312.

Marbun, S. K. (2023). Analisis Pemahaman dan Implementasi Nilai-nilai Multikulturalisme dalam Hadis Sebagai Landasan untuk Membangun Harmoni Sosial di Era Globalisasi. JURNAL ILMIAH RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDENT, 1(1), 74–87.

Maryamah, M. (2016). Tradisi Ilmiah dalam Peradaban Islam Melayu. Tadrib, 2(2), 238–250.

Marzuki, A., Rama, B., & Lutfi, M. M. (2023). “WALI SONGO” PERINTIS PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA:(Masa Awal Perkembangan Islam di Jawa). JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 41–52.

Muslimah. (2017). Sejarah Masuknya Islam Dan Pendidikan Islam Masa Kerajaan Banten Periode 1552-1935. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 13(1), 136–162.

Mustopa, M., Andari, A. A., Solihati, E., Livia, D., & Nurmila, I. S. (2024). Al-Khairiyah Banten: Manajemen Pendidikan Islam di Era Modernisasi Pesantren. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01), 65–92.

Nata, A. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Kencana.

Nurlidianti, N., Siregar, I., & Purnomo, B. (2023). JALUR PERDAGANGAN LADA SEBAGAI TIANG EKONOMI DAERAH KEMARITIMAN PADA KESULTANAN BANTEN. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 2(1), 33–41.

Pudjiastuti, T. (2017). Perang, Dagang, Persahabatan, Surat-Surat Sultan Banten. Yayasan Obor Indonesia.

Putri, V. A., Susnayanti, S., & Purnomo, B. (2023). Perkembangan Pelabuhanan Merak Sebagai Pusat Perdagangan dan Pelayaran di Indonesia 1912-2009. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 5(2), 53–57.

Rahma, R., Iqbal, R., & Hasan, M. (2023). Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam Pada Periode Sebelum Indonesia Merdeka (1900-1945). JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 22(2), 148–160.

Ramayulis. (2011). Sejarah Pendidikan Islam, Perubahan Konsep, Filsafat Dan Metodelogi Dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara. Kalam Mulia.

Rohmawati, N. (2020). Cokek Sebagai Pengaruh Penetration Pasipique Etnis Tionghoa Di Betawi. Jurnal Budaya Etnika, 2(1), 21–34.

Sabarudin, M. (2015). Pola dan Kebijakan Pendidikan Islam Masa Awal dan Sebelum Kemerdekaan. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 139–174.

Sintya, D., & Siregar, I. (2023). PENGARUH ISLAMISASI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT BANTEN. KRINOK| Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 2(1), 138–145.

Siregar, M. (2023). DUNIA ISLAM ABAD KE 19, 20, 21 DAN ISLAMISASI NUSANTARA. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–10.

Siswayanti, N., & Yunani, A. (2021). AKULTURASI BUDAYA DALAM DAKWAH MAULANA MALIK IBRAHIM. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 1(3), 149–161.

Suar, A. (2020). Emikiran Ekonomi Islam Pada Masa Awal Turki Utsmani. Al-Dzahab: Journal of Economic, Management and Business, & Accounting, 1(1), 53–71.

Tjandrasasmita, U. (2009). Arkeologi Islam Nusantara. Gramedia Pustaka Utama.

Zuhairini. (2015). Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Murniasih, E., & Anshori, I. (2024). Tipologi pengajaran dan pendidikan Islam di Banten dalam pengaruh tokoh ulama abad 19-20 . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 16–27. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i1.15379

Issue

Section

Artikel