Manajemen sarana prasarana dalam peningkatan kualitas ibadah di Majelis Taklim Telkom Group Pusat
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.17598Keywords:
Majelis Taklim, Manajemen Prasarana, Pengelolaan Sarana, Pendidikan Islam, Peningkatan IbadahAbstract
Majelis Taklim is an Islamic educational institution that is flexible in time and place, acting as a center for da'wah as well as lifelong non-formal education. This research aims to analyze the management of facilities, infrastructure, and human resources at Majelis Taklim Telkom Group (MTTG) Jakarta as an effort to improve the quality of worship and learning. This research uses a qualitative-descriptive approach with purposive sampling technique to determine informants, which include managers, employees, and worshipers. Data collection was conducted through observation, interviews, and documentation, with validation using method triangulation. The results showed that the management of facilities and infrastructure in MTTG has followed management principles, including planning, procurement, organization, utilization, and elimination. Maintenance involves coordination with stakeholders for optimization. Periodic evaluations are conducted to ensure maximum utilization. The manager's role is crucial in ensuring all management functions run effectively. The conclusion of this study emphasizes that professional management supports the achievement of the objectives of Majelis Taklim as a quality Islamic education institution.
Abstrak
Majelis Taklim adalah lembaga pendidikan Islam yang fleksibel dalam waktu dan tempat, berperan sebagai pusat dakwah sekaligus pendidikan nonformal seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia di Majelis Taklim Telkom Group (MTTG) Jakarta sebagai upaya meningkatkan kualitas ibadah dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik purposive sampling untuk menentukan informan, yang mencakup pengelola, pegawai, dan jamaah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan validasi menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MTTG sudah mengikuti prinsip manajemen, meliputi perencanaan, pengadaan, pengorganisasian, pemanfaatan, dan penghapusan. Pemeliharaan melibatkan koordinasi dengan stakeholder untuk optimalisasi. Evaluasi berkala dilakukan untuk memastikan pemanfaatan maksimal. Peran manajer sangat penting dalam memastikan semua fungsi manajemen berjalan efektif. Simpulan penelitian ini menekankan bahwa pengelolaan yang profesional mendukung tercapainya tujuan Majelis Taklim sebagai lembaga pendidikan Islam yang berkualitas.
References
Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan: Widya Puspita.
Anis, I., & Muntaṣir, A. Ḥ. (2014). Mu’jam al-Muḥīt. Majma’ Lugah al-Arabiyyah.
Antoni, T., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2021). Manajemen sarana dan pemeliharaan dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada jamaah masjid. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01), 35–46. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/1410
Bafadal, I. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Daud, W. M. N. W. (2003). The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib Al-Attas (H. Fahmy et al., Trans.). Bandung: Mizan.
Ginanjar, M. H., Rahman, R., & Jundullah, M. (2023). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA Al-Minhaj Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 103–118. https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3693
Griffin, R. W. (2016). Fundamentals of Management. USA: Cengage Learning.
Helmawati. (2013). Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim: Peran Aktif Majelis Ta’lim Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Minangsih, K. (2014). Paradigma baru pengelolaan institusi dakwah: Urgensi ilmu manajemen mewujudkan majelis taklim ideal. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 29(2).
Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Nurharirah, S., & Effane, A. (2023). Hambatan dan solusi dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219–225. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7709
Werang, B. R. (2015). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.