Manajemen kegiatan siswa dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Cibinong Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.16280Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar PancasilaAbstract
The Strengthening Pancasila Student Profile Project is a program in the Independent Curriculum as an effort to improve the quality of education through character education, in character development one of which is through the Strengthening Pancasila Student Profile Project activities which will be carried out. This research aims to analyze the management of student activities in the Project for Strengthening the Pancasila Student Profile at SMK Negeri 1 Cibinong Bogor. This research uses a qualitative method with a case study approach because the research location only concerns phenomena and realities that exist in the SMKN 1 Cibinong Bogor environment. The results of this research are internalizing the Pancasila student profile through three stages, namely in learning planning, learning processes, and evaluation. The implementation of the Pancasila student profile at SMKN 1 Cibinong Bogor has been carried out quite well, both in terms of learning, infrastructure suggestions, and many facilitators or teachers also understand the objectives of the Pancasila student profile.
Abstrak
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan suatu program dalam Kurikulum Merdeka sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendidikan karakter, dalam pengembangan karakter salah satunya melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen kegiatan siswa dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri 1 Cibinong Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus karena yang menjadi lokasi penelitian hanya menyangkut fenomena dan realitas yang ada di lingkungan SMKN 1 Cibinong Bogor. Hasil penelitian ini Melalui internalisasi profil pelajar Pancasila melalui tiga tahapan yaitu dalam perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasinya. Pelaksanaan profil pelajar Pancasila di SMKN 1 Cibinong Bogor sudah terlaksana dengan cukup baik, baik dari segi pembelajaran, saran prasarana, dan fasilitator atau guru juga sudah banyak yang megerti tentang tujuan profil pelajar Pancasila.
References
‘Abdullah bin Muhammad. (2003).Tafsir Ibnu Katsir, Terj. M. ‘Abdul Ghoffar E.M, Cet. 1, (Tt: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di. (2006). Tafsir Al-Sa’di. Vol. 1. Jakarta: Dar al-Haq, 2006.
Anggraena dkk. (2021). Naskah Kajian Akademik Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Darmani, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi, Dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. Jakarta: Anlmage.
Ghozali, S. (2020). Strategi dalam Pengembangan Karakter Pelajar Pancasila.
Harahap, E., & dkk. (2022). Inovasi Kurikulum. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Irawati, D., Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, & Bambang Samsul Arifin. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul, 6(1).
Kementrian Pendidikan. (2022). Struktur Kurikulum Nomor 262/M/2022.
Mahmudi, I. (2017). Islam, Budaya Gotong Royong dan Kearifan Lokal. Penguatan Komunitas Lokal Menghadapi Era Global Strengthening Local Communities Facing the Global Era.
Maulida, K. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PAI SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2021.
Murdiyanto, D. E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN “Veteran.
Nisa’, Z., Sholiha, A., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). Implementasi Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(4), 377–393. doi: 10.31102/alulum.10.4.2023.377-393
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional.
Rachmawati dkk. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.
Rodhiyana, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Persfektif Pendidikan Agama Islam.
JIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(2).
Satria, Rizky, Adiprima, & Wulan. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Sekretariat Negara Republik Indonesia. (2020). Undang-undang Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Shalika, P. A. A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2).
Sudrajat, A. (2023). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal on Education, 5(3), 7245–7265. doi: 10.31004/joe.v5i3.1513
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Wawan. (2022). Arah Baru Pengembangan Sistem Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.