Model pembelajaran Nahwu di Madrasah Aliyah Darul Muttaqien Parung
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.17003Keywords:
Bahasa Arab, Darul Muttaqien Parung, Madrasah Aliyah, Pembelajaran Nahwu, TathbiqiyahAbstract
Arabic is the language used in the Qur'an and hadith which is a guide to life for a Muslim, therefore a Muslim is obliged to learn Arabic, and Arabic cannot be understood well except with the knowledge of Nahwu so it is also necessary to study knowledge. The aim of this research is to analyze the nahwu learning model at the Darul Muttaqien Parung madrasah. The research method uses qualitative methods with field research type, the research object is at the Darul Muttaqien Parung madrasah, data collection techniques use triangulation consisting of observation, interviews and documentation. The results of this research show that the nahwu learning model at Madrasah Aliyah Darul Muttaqien Parung uses a tathbiqiyah (applicative) learning model with inductive theory, this model is based on a learning process approach which involves interactive activities inside and outside the classroom to increase students' creativity and independence, in its application there are supporting factors consisting of teachers' efforts to motivate students, Arabic language improvement programs, and tiered supervision divisions, there are also inhibiting factors consisting of lack of student motivation and commitment, lack of an Arabic language environment, and the effectiveness of efforts is still low. In conclusion, although there have been efforts and programs carried out to help the nahwu learning process, there are still several obstacles that hinder the nahwu learning process.
Abstrak
Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Alquran dan hadits yang merupakan pedoman hidup bagi seorang muslim, karena itu seorang muslim wajib mempelajari bahasa Arab, dan bahasa Arab tidaklah dapat dipahami dengan baik kecuali dengan ilmu nahwu maka diharuskan pula mempelajari ilmu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran nahwu di madrasah aliyah Darul Muttaqien Parung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian lapangan, objek penelitian di madrasah aliyah Darul Muttaqien Parung, teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwasanya model pembelajaran nahwu di madrasah aliyah Darul Muttaqien Parung menggunakan model pembelajaran tathbiqiyah (aplikatif) dengan teori induktif, model tersebut berlandaskan pendekatan learning process yang melibatkan kegiatan interaktif di dalam dan luar kelas guna meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa, dalam penerapannya terdapat faktor pendukung yang terdiri dari upaya guru dalam memotivasi siswa, program peningkatan bahasa Arab, dan divisi pengawasan berjenjang, terdapat pula faktor penghambat terdiri dari kurangnya motivasi dan komitmen siswa, kurangnya lingkungan berbahasa Arab, dan efektivitas upaya yang masih rendah. Kesimpulannya, meskipun telah ada upaya dan program yang dilakukan untuk membantu proses pembelajaran nahwu, akan tetapi masih ada beberapa hambatan yang menghambat dalam proses pembelajaran nahwu.
References
Amin, K. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 1–466.
Anwar, S., Kesuma, G. C., & Koderi. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran al-Qawaid an-Nahwiyah Berbasis Metode Qiyasiyah untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 3(1), 11–24. https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v3i1.2830
Asep Sunarko, Faizatul Azizah, Manasika Salsabila, Ida Rohyani, Ida Alinda Fatonah, Nadiyatulhaq Adz-Dzakiyah, F. R. (2024). Pembelajaran Nahwu Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negri. SPESIFIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.53866/spesifik.v2i2.504
Asiah, Zamroni, & M, K. R. (2022). Problematika Pembelajaran Nahwu Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 170–185. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/6104
Ath-Thaybi, A. Z. (2019). Ada Apa Dengan Bahasa Arab? Pustaka Syabab.
Harahap, L., & Zainuddin, D. (2023). Model Pembelajaran Kitab Al-Jurumiyah di Pondok Pesantren. Journal on Education, 5(3), 9990–9999. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1879
Jabir, M., & Wahyu, W. (2020). Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Raudhatul Mustofah Lilkhairat. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.24239/albariq.v1i1.2
Masrukin, A., & Makhromi. (2021). Pembelajaran Nahwu di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1883
Mulyani, S. (2020). Metode Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab ( Telaah Buku Al-Lubab Quantum Reading Book Karya Ahmad Fakhruddin ). Akademika : Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 16(2), 221–236.
Nur, J. (2015). Konsep Nadzariyyah AlWihdah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 167–179.
Rahmawati, R. D., & Ainun, S. N. (2021). Pengaruh metode pembelajaran al miftah untuk meningktkan pemahaman ilmu nahwu dan shorof santri as salma bahrul ulum tambakberas. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 200–203.
Razin, A., & Razin, U. (2019). Ilmu Nahwu Untuk Pemula (Cetakan II). Pustaka BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab).
Rizkiyah, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Nahwu Dengan Program Powerpoint Untuk Santriwati Kelas Dua Di Pondok Modern Darussalam Gontor …. Jurnal Didaktika Islamika, 13, 20–38.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Erhaka Utama.
Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(01), 15–32. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995
Sholikha, M. A. (2020). Implementasi Metode Manhaji dalam Pembelajaran Nahwu Shorof di Manhaji Course. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 2(1), 179–188. https://doi.org/10.22515/academica.v2i1.2249
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![]()
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



