Metode Pembelajaran Bahasa Arab Kreatif untuk Meningkatkan Prestasi Bahasa Arab di STIQ Zad Al Insaniah
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i2.4527Keywords:
Metode Kreatif, Prestasi, Bahasa Arab, STIQ Zad Al InsaniahAbstract
Arabic teaching method that occurred until the end of the 19th century was dominated by the Grammar-Translation Method (Grammar-Translation Method) which prioritized rules, grammar and translation from a foreign language into the mother tongue or vice versa. To improve the quality of teaching Arabic, it is necessary to develop communicative skills as well as procedures for teaching language skills (listening, speaking, reading, and writing), to provide comfort to students in Arabic lesson, and also to boost student achievement, therefore in learning Arabic requires creative methods to be used during the learning process. In the process of this research, the writer first uses the library research method combined with the descriptive method. To improve Arabic achievement, students need creative methods to support learning success. As for the Arabic achievement, it means how students can masters four language skills which include being proficient in listening, speaking, reading and writing. To master four language skills, STIQ Zad Al Insaniyah uses the al intiqoiyah method. The creative Arabic learning method to improve language achievement with the al intiqoiyah method so that it is able to adopt all the good sides of various methods to suit the material being taught.
Abstrak
Pengajaran bahasa Arab yang terjadi sampai akhir abad ke 19 didominasi oleh metode Gramatika-Tarjemahan (Grammer-Translation Method) yang mengutamakan kaidah-kaidah, tata bahasa dan penerjemahan dari bahasa asing ke bahasa ibu atau sebaliknya. Untuk meningkatkan mutu pengajaran bahasa Arab perlu adanya pengembangan kemampuan komunikatif serta prosedur pengajaran keterampilan berbahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis), untuk memberikan kenyamanan kepada para siswa dalam mempelajari bahasa Arab, dan juga untuk mendongkrak prestasi siswa, oleh karena itu dalam pembelajaran bahasa Arab membutuhkan metode kreatif untuk dipakai pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam proses penelitian ini, pertama penulis menggunakan metode studi pustaka (library research) yang dipadukan dengan metode deskriptif. Untuk meningkatkan prestasi bahasa Arab peserta didik memerlukan metode yang kreatif untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Adapaun prestasi bahasa Arab yang dimaksudkan adalah bagaimana peserta didik dapat menguasai empat kecakapan bahasa yang meliputi cakap dalam menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Untuk menguasai empat kecakapan bahasa, di STIQ Zad Al Insaniyah dengan menggunakan metode al intiqoiyah. Metode pembelajaran bahasa Arab kreatif untuk meningkatkan prestasi bahasa adalah dengan menggunakan metode al intiqoiyah sehingga mampu mengadopsi semua sisi baik dari beragam metode untuk menyesuaikandengan materi yang diajarkan
References
Abdurrahman, H. (2018). Tharaiq Haditsah Fii Ta'lim Al Lughoh Al ‘Arabiyah.
Alfauzan, A. (2010). Idho'at li Mu'allimi Al Lughotil Al ‘Arabiyah Li ghoiri Nathiqina Biha.
Alfauzan, A, & Husain, & M, Fadl, M. (2014), Al Arabiyah Baina Yadaika. Riyadh: Maktabah Malik Fahd Al Wathoni
Assayyid, M. (2017). Tharaiq Tadris Al Lughah Al ‘Arabiyah. Damaskus: Universitas Damaskus
Aqib, Z & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Hernawan, A. (2014). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mukrimah, S, S. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi
Moleong, L, J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sumardi, M. (1989). Pengembangan Pemikiran dalam Pengajaran bahasa Arab. Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.