Manajemen Perubahan dalam Pendidikan Islam: Study Analisis Manajemen Perubahan Perspektif Qur'an di Pondok Pesantren Miftahul Huda

Authors

  • Diana Diana UIKA BOGOR
  • Maemunah Sa'diyah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i3.5368

Keywords:

Manajemen perubahan, peran pemimpin, Pondok Pesantren Miftahul Huda

Abstract

Human in every step ojf life will always experience changes,weather intentional or not. From the time he was in his mothe's womb until he was born and grew up to be an adult and even become a parent. Because actually change is human nature as a creature. As well as institutions or organizations. The progress and changes of an organization will be greatly dominated by the role of a leader. The ideal leader will definitely be able to bring about conditional changes that are targeted and accurate to the institution he leads. changes that are carried out in a structured an systematic manner will bring the led institution to achieve the goals to be achieve optimally. Pondok is one of the Islamic educational institutions that has the figure of a kyai as a leader who is responsible for the continuity of the learning process in the cottage he leads. This study uses a qualitative method whose results are described descriptively and chooses the miftahul huda Islamic boarding school. which is under the leadership ok kyai Badru Tamam, M.Si as the object of research.

Abstrak

Manusia dalam setiap langkah kehidupannya akan selalu mengalami perubahan, baik perubahan yang disengaja ataupun tidak disengaja. Dari semenjak dia dalam kandungan ibunya sampai ia dilahirkan dan tumbuh menjadi insan dewasa bahkan orang tua, karena sejatinya perubahan adalah fitrah manusia sebagai makhluk. Begitu juga dengan lembaga atau organisasi, perubahan tidak akan terlepas dalam Lembaga ataupun organisasi. Kemajuan dan perubahan sebuah organisasi akan sangat didominasi oleh peran seorang pemimpin. Pemimpin yang ideal pasti akan bisa membawa perubahan-perubahan yang bersifat kondisional, tepat sasar dan tepat saji terhadap lembaga yang dipimpinnya. Perubahan yang dilakukan dan dimanage dengan terstruktur dan sistematis, akan membawa lembaga yang dipimpin mencapai tujuan yang ingin dicapai, dengan maksimal. Pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang mempunyai sosok seorang Kiayi sebagai pemimpin yang bertanggung jawab atas keberlangsungan proses pembelajaran di pondok pesantren yang dipimpinnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang hasilnya dijabarkan secara deskriptif, dan memilih Pondok Pesantren Miftahul Huda yang berada di bawah pimpinan Kiayi Badru Tamam,M.Si sebagai objek penelitian.

References

al-Baqi, M. F. A. (tt), al-Mu'jam al-Mufahras Li al-Fadz al-Qur'an alKarim, Indonesia: Maktabah Dahlan.

Dinana, A. & Subiyantoro. (2012). Peran Pengasuh dalam Manajemen Perubahan pada Lingkungan Organisasi Pondok Pesantren Tegalsari di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan, Vol. 9, No. 2.

Khumaini, F. R., & Wiranata, R. S. (2019). Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. Al-Fahim, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 01 (2).

Ma'ruf, A. M. (2012). Manajemen Berbasis Syariah, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Munandar, D. R. (2019). Manajemen Perubahan Organisasi Sekolah Luar Biasa, Jurnal Wahana Karya Ilmiah, Vol. 3, Nomor 1

Munawwir, A.W. (1997). Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Lengkap, Cet. XIV, Surabaya: Pustaka Progressif.

Potts, R. & La Marsh, J. (2019). Managing for Success, London: Duncan Baird Publishers, 2004

Rahman Munandar Dadang, Manajemen Perubahan Organisasi Sekolah Luar Biasa, Jurnal Wahana Karya Ilmiah, Vol. 3, Nomor 1.

Siswanto & Sucipto, A. (2008). Teori dan Perilaku Organisasi: Sebuah Tinjauan Integratif Malang: UIN Malang Press

Umiarso, A. W. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zakariyć, I. F. i. A. (1994). Mu‘jam al-Maqćyis fć« al-Lugah, Juz IV, Cet.I; Beirut: Dćr al-Fikr, 1994.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Diana, D., & Sa’diyah, M. (2021). Manajemen Perubahan dalam Pendidikan Islam: Study Analisis Manajemen Perubahan Perspektif Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(3), 275–284. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i3.5368

Issue

Section

Artikel