Kompetensi Kepribadian Islami Kepala Sekolah: Analisis Kitab Syakhsiyatu Al-Rasul Karya Nizar Abadzah

Authors

  • Tufatul Janah Ibu Khaldun University
  • Ending Bahruddin Universitas Ibn Khladun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i3.4844

Keywords:

Kompetensi Kepribadian, Kepribadian Islami, Kepala Sekolah, Nizar Abadzah

Abstract

The principal's personality competence is the first of the five competency standards that every school principal must possess. Some aspects of personality competencies possessed by school principals aim to improve the system and quality in the world of education. So the principal needs a model in leadership that reflects the personality of the perfect leader. Therefore, this study will examine the book Syakhsiyatu Al-Rasul by Nizar Abadzah which will describe how the personality of the Prophet Muhammad as a role model for humans in leading. So that it can be used as a guide for school principals in carrying out their leadership. The focus of the problem in this study is to formulate the Islamic personality competencies of school principals. This study uses a qualitative approach to the type of library research (library research). The data sources used are primary data sources and secondary data sources. Data analysis used content analysis, namely by analyzing data on the personality competencies of school principals according to Nizar Abadzah in the book of Syakhsiyatun Rasul. It can be formulated that the principal's Islamic personal competence is the personal ability of the principal that reflects a personality that has good morals, has the basic character of the leadership of the Prophet, by integrating the workings of aqliyah and nafsiyah based on Islamic aqidah which gives birth to actions in accordance with the example of the Prophet, upholding the truth and putting full trust in Allah. by maintaining self-sanctity in carrying out the mandate of his leadership.

Abstrak

Kompetensi kepribadian kepala sekolah merupakan kompetensi pertama dari lima standar kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap kepala sekolah. Beberapa aspek kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh kepala sekolah bertujuan agar dapat memperbaiki system dan mutu dalam dunia pendidikan. Maka kepala sekolah memerlukan model dalam kepemimpinan yang mencerminkan kepribadian pemimpin yang sempurna. Maka dari itu, penelitian ini akan menelaah kitab Syakhsiyatu Al-Rasul karya Nizar Abadzah yang akan mendeskripsikan bagaimana kepribadian Rasulullah e sebagai suri teladan manusia dalam memimpin. Sehingga mampu dijadikan sebagai pedoman kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinannya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah merumuskan kompetensi kepribadian Islami kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library Research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data digunakan analisis isi (content analysis) yaitu dengan cara menganalisis data tentang kompetensi kepribadian kepala sekolah menurut Nizar Abadzah dalam kitab Syakhsiyatun Rasul. Dapat dirumuskan kompetensi kepribadian Islami kepala adalah kemampuan personal kepala sekolah yang mencerminkan kepribadian yang berakhlak karimah, berkarakter dasar kepemimpinan Rasulullah, dengan mengintegrasikan cara kerja aqliyah dan nafsiyah berdasarkan aqidah Islam yang melahirkan perbuatan sesuai dengan teladan Rasulullah, memegang teguh kebenaran dan bertawakal penuh kepada Allah, dengan menjaga kesucian diri dalam menjalankan amanah kepemimpinannya.

References

Abadzah, (N). (2012). Syakhsiyatur al Rasul, Beirut, Lebanon: Dar el Fikri

Abadzah, N. (2014). Syakhsiyatu Al-Rasul, Terj. Asy'ari Khatib, Jakarta: Penerbit Zaman

Al Yashub, Q. ‘I. I. M. (2002), Keagungan Kekasih Allah Muhammad SAW: keistimewaan personal Keteladanan Berisalah, terj. Ghufron A. Mas'adfi, Jakarta: Rajawali Press.

Al-Banjari, R. R. (2008). Prophetic Leadershio, Jogjakarta: Diva Press.

Antonio, M. S. (2019). Muhammad SAW the Super Leader Super Manager, Jakarts: Tazkia Publishing, cet. XVIII Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Azhari, M. T. (2007). Negara Hukum: Suatu Studi Tentang Prinsip-prinsipnya Dilihat dari segi Hukum Islam, Implementasinya pada Periode Negara Madinah dan Masa Kini, Jakarta: Kencana, Cet. ke-3

Aziz, E. (2003). Prinsip-prinsip Pendidkan, Solo: Tiga Serangkai

Dar el Fikri Publishing, 2015 https://www.lahaonline.com/articles/view/نزار-أباظة:-أنا-مشغوÙ-بالوجوه-الدمشقية!/36446.htm, diakses pada tanggal 25 Februari 2021, pkl. 15:10 WIB

Hafidudin, D. (2006). Tafsir al Hijri, Jakarta: Kalimah Tayyibah

Hidayat, N. (2015). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam, Jurnal Ta'allum, IAIN Tulung Agung, Vol. 3, No.2, November,

Ismuha (at all), (2016). kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru, Unisyah, Aceh: Volme 4, No.1 Februari

Jauhari, M. R. (2006). Keistimewaan Akhlak Islam, Terj. Dadang Sobar Ali, diterjemahkan dari Akhlakuna, Badnung: Pustaka Setia.

Karlina, (2019). Tesis Kompetensi Kepribadian guru Menurut Ibn Sahnun, Universtias negeri Sumatra Utara

Kompri, (2017). Standardisasi kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional, Jakarta: Penerbit Kencana.

Lawrence, (2015). Psikologi Kepribadian Teori dan Penelitian, Jakarta: Prenandamedia grup.

Nabawi, H. (1993). Kepemimpinan Menurut Islam, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nizar ,S. dan Efendi, Z. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Dalam Persepektif Hadis, Tela'ah Historis Filosofis, Jakarta: Prenada Media

Permendiknas, No.13, tahun 2017 Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah

Purwanto, Y. (2007). Psikologi Kepribadian, Bandung: Refika Aditama.

RI, K. A. (2010). Al-Qur'an: Syaamil Qur'an, Kementrian Agama RI.

Sakdiyah (2016). Karakteristik Kepemimpinan dalam Islam, Jurnal al Bayan, Januari-Juni, Vol. 22, No,34

Shihab, Q. (2006). Menyingkap Tabir Ilahi: al-Asma' al Husna dalam Perspektif Al-Qur'an, Jakarta: Lentera Hati.

Shihad, Q. (2001), Secercah Cahaya Ilahi, Bandung: Mizan.

Susanto, H. (2010). https://bagawanbiyasa.wordpress.com/2015/12/06/kompetensi-kepribadian/ diakses pada tanggal 3 Desember 2020, Pkl. 11.25 WIB

Umam, K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusuri Jejak kepemimpinan dan manajerial Nabi Muhammad, Jurnal Al Hikmah, STAI Badrus Soleh, Kediri: Vo.6, No.1

Zakaria, A. a. H. I. F. (tt), Mqayis al-Lugat, Tahqiq, ‘Abd al-Salam Muhammad Harun, Beirut, Lebanon, Dar el Fikri.

Zarkasyi, S. (2011). Bekal untuk Pemimpin, Ponorogo: Trimurti press

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Janah, T., & Bahruddin, E. (2021). Kompetensi Kepribadian Islami Kepala Sekolah: Analisis Kitab Syakhsiyatu Al-Rasul Karya Nizar Abadzah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(3), 263–274. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i3.4844

Issue

Section

Artikel