STRATEGI MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB

Authors

  • Hanifal Fauzy AH Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Zainal Abidin Arief Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhyani Muhyani

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843

Keywords:

, Motivation, Learning, Results Of Learning, Arabic

Abstract

The purpose of this study was to study the strategy between Learning Motivation and Student Interest in Learning Arabic. The method used is survey and data analysis techniques using simple correlation and multiple correlation statistical tests as well as simple linear regression test, multiple linear regression test and partial correlation test. From the results of the study produced three conclusions, namely: first, there is a positive relationship between variables X1 with the results of learning Arabic. Second, there is a positive relationship between variables X2 Results of Learning Arabic. Third There is a positive relationship between the Learning Motivation variable (X1) and Learning Interest (X2) with Arabic Learning Outcomes (Y). based on these things it can be concluded that the results of learning Arabic can be improved through student motivation and interest in learning.

Abstrak

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mempelajari strategi antara Motivasi Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Metode yang digunakan yaitu survey dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi sederhana dan korelasi ganda serta uji regresi linier sederhana, uji regresi linear ganda dan uji korelasi parsial. Dari hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu:  pertama, Terdapat hubungan positif antara variabel X1 dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Kedua, Terdapat hubungan positif antara variabel X2 Hasil Belajar Bahasa Arab. Ketiga Terdapat hubungan positif antara variabel Motivasi Belajar (X1) dan Minat Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Bahasa Arab (Y). berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Bahasa Arab dapat ditingkatkan melalui motivasi dan minat belajar siswa.

References

Andriana, N. (2016). Korelasi antara minat belajar bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII MTsN Lab. UIN Yogyakarta Tahun ajaran 2015/2016. Jurrnal.

Arifin, B. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Pada Pelajaran Bahasa Arab (Studi Pada Santri MDA Di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru). Riau: UIN SUSKA.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatimah. (2013). Hubungan Antara Minat Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 8 Mts Ppmi AssalamSurakarta (Tahun Pelajaran 2012/2013). Surakarta: Jurnal Universitas Muhammadiyah.

Mainizar. (2011). “Korelasi Motivasi Belajar Bahasa Arab Dengan Minat Berkomunikasi Dalam Bahasa Arab Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Riau: Jurnal.

Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marimba, A. D. (2008). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Ma’rif.

Nasution. (1995). Dikdatik Asas-asas Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ricardo. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.

Sabri, A. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Salahuddin, M. (2000). Pengantar Psikoklogi Pendidikan. Surabaya: PT.Bina Ilmu.

Samosir, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Indeks.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet. XV. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sugihartono dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Tadjab, M. A. (1994). Ilmu Pendidikan. Surabaya: Abditama.

Wahidmurni, Ridho, A., & Mustikawan. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Published

2019-06-29

How to Cite

AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). STRATEGI MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112–127. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843

Issue

Section

Artikel