Peran guru Tilawati dalam membentuk kedisiplinan siswa kelas XI SMA IT Anugerah Insani Karadenan Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i2.19243Keywords:
Kedisiplinan siswa, Peran guru, TilawatiAbstract
Discipline is one of the keys to success, both in any case. Discipline is an action that reflects orderly behavior and compliance with various existing regulations. In the context of learners, discipline includes teaching, guidance, or encouragement given by their teachers. The purpose of applying discipline to students is for them to learn as moral beings and achieve optimal academic growth and development. This study aims to analyze the role of Tilawati teachers in shaping the discipline of grade XI students at SMA IT Anugerah Insani. Meanwhile, this study uses a field research method with a qualitative approach, by relying on the main data sources from interviews with Tilawati teachers and grade XI students and secondary data sources from various study sources, as well as applying descriptive analysis methods in data processing and presentation. The results of the paper show that Guru Tilawati's approach model in shaping student discipline includes four main strategies: authoritative, role model, emotional, and reward and punishment, which complement each other to create a strong discipline character. He enforces the rules firmly but lovingly, explains the benefits of discipline, and engages parents for consistency. Through exemplary examples and learning methods that emphasize responsibility, as well as warm communication, Guru Tilawati creates a bond of mutual trust that encourages active student participation. The reward and punishment system is used to reward good behavior and consequences for violations, while religious activities teach order and moral values. This holistic approach not only educates students in the academic aspect, but also prepares them to face future challenges with a disciplined character.
Abstrak
Kedisiplinan merupakan salah satu kunci keberhasilan, baik dalam hal apa pun. Disiplin merupakan tindakan yang mencerminkan perilaku tertib dan kepatuhan terhadap berbagai ketentuan yang ada. Dalam konteks pelajar, disiplin mencakup pengajaran, bimbingan, atau dorongan yang diberikan oleh gurunya. Tujuan dari penerapan disiplin pada pelajar adalah agar mereka belajar sebagai makhluk bermoral serta mencapai pertumbuhan dan perkembangan akademik yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Tilawati dalam membentuk kedisiplinan siswa kelas XI di SMA IT Anugerah Insani. Adapun, penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif, dengan mengandalkan sumber data utama dari wawancara kepada para guru Tilawati dan siswa kelas XI dan sumber data sekunder dari berbagai sumber kajian, serta menerapkan metode analisis deskriptif dalam pengolahan dan penyajian data. Hasil penulisan menunjukkan bahwa model pendekatan Guru Tilawati dalam membentuk kedisiplinan siswa mencakup empat strategi utama: autoritatif, role model, emosional, dan reward and punishment, yang saling melengkapi untuk menciptakan karakter disiplin yang kuat. Ia menegakkan aturan dengan tegas namun penuh kasih, menjelaskan manfaat disiplin, dan melibatkan orang tua untuk konsistensi. Melalui contoh teladan dan metode pembelajaran yang menekankan tanggung jawab, serta komunikasi yang hangat, Guru Tilawati menciptakan ikatan saling percaya yang mendorong partisipasi aktif siswa. Sistem reward dan punishment digunakan untuk memberikan penghargaan bagi perilaku baik dan konsekuensi bagi pelanggaran, sementara kegiatan keagamaan mengajarkan tata tertib dan nilai moral. Pendekatan holistik ini tidak hanya mendidik siswa dalam aspek akademis, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan dengan karakter yang disiplin.
References
Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 125–164.
Al-Khatib, I. (2022). Implementasi sertifikasi guru dalam membangun lembaga pendidikan Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 109–116.
Anam, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Penggunaan Alat Peraga Metode Tilawati pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Khalifa IMS, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten (PhD Thesis, Institut PTIQ Jakarta). Institut PTIQ Jakarta.
Djollong, A. F., Maulina, E., Susilowati, T., Wiliyanti, V., & Perdana, I. (2024). Peningkatan Kualitas Kinerja Guru Dalam Menguasai Teknik Kecerdasan Emosional Siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5624–5630.
Fiara, A., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2019). Analisis faktor penyebab perilaku tidak disiplin pada siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).
Hafidhoh, N. B. (2019). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Moral Anak (PhD Thesis, thesis, tidak diterbitkan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya). thesis, tidak diterbitkan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Lestari, T. P., Rasyid, A. M., & Aziz, H. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter yang Berkualitas pada Siswa di SMA PGRI Leuwiliang. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 455–462.
Listari, M., Tabroni, I., & Nurjanah, E. (2022). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UPTD SDN 1 Campakasari. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 200–212.
Marwati, S., & Solihat, A. N. (2024). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik:(Survey Pada Peserta Didik Kelas XII IPS dan XII IPA SMA Negeri 1 Karangnunggal Tahun Ajaran 2023/2024). JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 2(1), 178–188.
Mudarris, B. (2024). Strategi Efektif Dalam Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. At-Tahsin: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 69–81.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Nono, F., & Sintasari, B. (2022). Upaya GURU PAI dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di SMK Al-Kautsar Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(3), 225–243.
Ratnasari, H. I., & Mustofa, T. A. (2024). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik melalui Reward dan Punishment di SMPN 1 Nguntoronadi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1663–1671.
Ridwan, A., Asmita, D., & Wulandari, N. P. (2023). Fungsi dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatkan Kedisiplinan Pelaksanakan Sholat Berjamaah Siswa. Journal on Education, 5(4), 12026–12042.
Rohman, F. (2018). Peran pendidik dalam pembinaan disiplin siswa di sekolah/madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).
Rosyid, A., & Wahyuni, S. (2021). Metode reward and punishment sebagai basis peningkatan kedisiplinan siswa Madrasah Diniyyah. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137–157.
Saifullah, A., & Hanif, M. (2024). Metode Pembiasaan Dan Keteladanan Untuk Mendidik Karakter Siswa Di Smp It Mutiara Ilmu Sokaraja. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8361–8371.
Saputri, R. E., Istiqomah, I., & Yunita, R. Y. R. (2024). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Yang Efektif Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(7), 69–79.
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan karakter tanggung jawab siswa pada pembelajaran daring melalui implementasi pendidikan karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110–121.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi literatur: Upaya dan strategi meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(1), 9–26.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460–476.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edy Suwardi, Darlina Kartika Rina, Nurhasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


