Dampak kegiatan organisasi santri terhadap konsistensi shalat berjamaah
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i3.19726Keywords:
Islamic Boarding School, Organisasi Santri, Shalat BerjamaahAbstract
Discipline in congregational prayer is an important role in the character building of santri in the Boarding School environment. This study aims to analyze the effect of the Ma’had Hasmi Santri Organization (OSMA) on the discipline of congregational prayer of female santri at Hasmi Islamic Boarding School. The research method used is a quantitative approach with a survey type. Data was collected through distributing questionnaires to 78 students with a total of 24 items. Data analysis was carried out by testing normality, linearity, simple linear regression, and significance testing using spss 23 for windows. The results showed that OSMA has a significant influence on the discipline of congregational prayer with a regression coefficient value of 0.352. The significance test (t) shows the t-count value of 3.991 with a significance value of 0.000 <0.05, which means that there is a significant relationship between OSMA and the discipline of congregational prayer. In addition, the results of the coefficient of determination (R2) test show that OSMA contributes 17.3% to the discipline of congregational prayer, while 82.7% is influenced by other factors not studied. Thus, OSMA has an important role in improving the discipline of congregational prayer of female santri at Hasmi Islamic Boarding School.
Abstrak
Kedisiplinan dalam shalat berjamaah merupakan peranan penting dalam pembentukan karakter santri di lingkungan Boarding School. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Organisasi Santri Ma’had Hasmi (OSMA) terhadap kedisiplinan shalat berjamaah santri putri di Hasmi Islamic Boarding School. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 78 santri dengan jumlah pernyataan sebanyak 24 item. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, linearitas, regresi linear sederhana, serta uji signifikansi menggunakan spss 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OSMA memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan shalat berjamaah dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,352. Uji signifikansi (t) menunjukkan nilai t-hitung sebesar 3,991 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang siginifikan antara OSMA dan kedisiplinan shalat berjamaah. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa OSMA berkontribusi sebesar 17,3% terhadap kedisiplinan shalat berjamaah, sementara 82,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian, OSMA memiliki peran penting dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah santri putri di Hasmi Islamic Boarding School.
References
Anhar, N., & Baisa, H. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamaah terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa di MTSN 1 Kota Bogor. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 152–164.
Arif, S. (2022). Peranan Guru Pendidikan dalam Membina Kebiasaan Shalat Berjamaah bagi Siswa. Journal of Educational Research, 1(2), 253–272. doi: 10.56436/jer.v1i2.73
Arikunto, S. (1993). Manajemen pengajaran Secara Manusiawi (2 ed.). Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Elywarni, Maemunah, S., & Alfaien, N. I. (2024). Hubungan Kedisiplinan Siswa dengan Hasil Belajar Akidah Akhlak di MTSN Kota Bogor Tahun 2023. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6. doi: 10.47476/reslaj.v6i4.722
Fauziah, E. N. (2018). Korelasi keaktifan siswa mengikuti organisasi Kerohanian Islam (ROHIS) dengan prestasi belajar mereka pada pelajaran PAI: Penelitian di Sekolah Menengah Atas 1 Salem Brebes (Diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diambil dari http://digilib.uinsgd.ac.id/18141/
Fitria, A. L. (2023). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan Shalat Berjamaah Santri Ma’had Darul Hikmah Kediri. Doctoral dissertation, IAIN Kediri.
Hamidah, A. (2018). Pengaruh Keteladanan Guru dan Karakter Siswa terhadap Kedisiplinan Shalat di MTS Miftahul Ulum Kradinan, Dolopo, Madiun. Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO, 1–106.
Nuryati, H. (2018). Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Sma Negeri Piyungan Kabupaten Bantul (Master Thesis, Universitas Islam Indonesia). Universitas Islam Indonesia. Diambil dari https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10680
Prasiwi, H. D., Yunizul, I. N., Pesha, & Alfaien, N. I. (2023). Organisasi Siswa Intra Sekolah dan Pengaruh Terhadap Prestasi Peserta Didik Kelas XI SMA Taruna Terpadu Kemang Bogor. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 106–113.
Putri, N. A. (2021). Pembiasaan Shalat Tahajud Dalam Membentuk Karakter Disiplin Santri di Pesantren Darul Aitam Aqshal Ghayat Jakarta (bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54623
Sarbini, M., & Maulida, A. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Berjamaah Siswa di SMPIT Al-Hidayah Bogor Tahun Ajaran 2018-2019. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, (c), 259–268.
Sari, S. D. N., & Wilujeng, H. (2025). Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamaah dan Pemahaman Kultum Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Jetis. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(4), 245–260. doi: 10.61132/jmpai.v3i4.1286
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,dan kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Elitifah Rahmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


