Pemanfaatan kurikulum pondok pesantren dalam membentuk karakter santri
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.16983Keywords:
Karakter, Pondok pesantren, SantriAbstract
The curriculum of education in Islamic boarding schools has a very important contribution as an effort to develop an education system based on local wisdom or to shape the character of students. The development of the curriculum of Islamic boarding schools is expected to be able to provide a distinctive color in the dynamics of society. Qualitative research uses an approach, narrative, literature review which is sourced from various sources that discuss education, especially Islamic boarding schools. Data collection techniques through document checking and confirmation through deep observation with students, and ustadz and his staff for samples. Data analysis uses inductive techniques, starting with grouping data according to theme, and giving meaning to each new section, then concluded descriptively. The results of the study show that the utilization or development of the Islamic boarding school curriculum still maintains the characteristics, characteristics and character of students for provisions in the wider community.
Abstrak
Kurikulum Pendidikan di pondok pesantren memiliki kontribusi yang sangat penting sebagai Upaya untuk pengembangan sistem Pendidikan yang berbasis kearifan lokal atau membentuk karakter santri. Pengembangan kurikulum pondok pesantren ini diharapkan mampu memberi warna khas dalam dinamika bermasyarakat. Penelitian kualitatif menggunakan dengan cara pendekatan, narrative literature review yang bersumber pada berbagai yang membahas tentang Pendidikan khususnya pesantren. Teknik pengumpulan data melalui pengecekan dokumen dan konfirmasi melalui observasi secara random dengan santri, dan ustaz berserta jajarannya untuk sampel. Analisis data menggunakan Teknik induktif, diawali dalam mengelompokkan data sesuai tema, dan memberikan makna setiap bagian baru disimpulkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan atau pengembangan kurikulum pondok pesantren tetap mempertahankan corak, khas dan karakter santri untuk bekal di Masyarakat luas.
References
Abidin Z (2014) implementasi pendidikan lip skill di pondok pesantren Darussalam blok Agung Banyuwangi jurnal Darussalam jurnal pendidikan komunikasi dan pemikiran hukum Islam
Admodiwirio, S., 2000. Pastrol Sekolah, Malang Malang. (Online) Diakses pada 24 Mei 2024
Al-tanzim Jurnal manajemen pendidikan Islam 6 (3), 962- 973.
Anwar m (2015) Filsafat Pendidikan, Kencana
Asmara y N&indyanti (2019) urgensi manajemen kelas untuk mencapai tujuan mempelajariri pembelajaran sidang jurnal pendidikan sejarah dan kajian sejarah 1 (1), 12- 24
Eliana L (2017) kurikulum holistik integratif anak usia dini dalam implementasi self regulated learning, prosiding HIPKIN Jateng, 1 (1), 1-7
Fathurrahman 1 2017 implementasi manajemen kurikulum dalam upaya meningkatkan mutu santri pondok Pesantren Hidayatullah daring Panti Asuhan anak-anak Saleh jurnal studi manajemen pendidikan 185-104
Nasbi 1 (2017) manajemen kurikulum sebuah kajian teoritis iddara jurnal manajemen pendidikan 1 2 https://doi org // https;/ / doi.org /10. 24252/idaarah.v1i2.4274
Saifullah. A. M.& Darwis.M (2020). manajemen pembelajaran dalam meningkatkan efek transisi proses belajar mengajar hidayatuna jurnal pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah...:: 85-312
Santo AB 2022, Organizational culture as the ba basissis of teacher performance development
Setiawan D Sentosa AB 2021 Supemi WB 2020 hubungan sarana prasarana sekolah motivasi mengajar di SMA Negeri 5 Jahan Kabupaten Bogor jurnal ilmiah edition 2211-19 https://doi. org/10.35542. osf. io/p2fae
Undang -undang Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren
Winda. W. 2022. konsep dan kedudukan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah madrasah dalam undang-undang sisdimnas 2023 jurnal pendidikan Islam Al Affan. 3.1.19.27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agesta Eka Salindry, Afriantoni, Muhammad Win

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.