Peran guru terhadap pembatasan smartphone dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor

Authors

  • Mohamad Fahri Muzaki Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Kholil Nawawi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhamad Azhar Alwahid Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18170

Keywords:

Peran guru, smartphone, kedisiplinan belajar

Abstract

The teacher's role in limiting smartphones is that teachers can take appropriate steps in regulating the use of smartphones used by students. One of the things that is hoped is to improve stuThe teacher's role in limiting smartphones is that teachers can take appropriate steps in regulating the use of smartphones used by students. One of the things that is hoped is to improve students' learning discipline. The objectives of conducting this research are: 1) To find out the implementation of smartphone restrictions at Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor, 2) To know the role of teachers in limiting smartphones carried out by students at Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor, 3) To know the role of teachers in improving students' learning discipline at Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor. The type of research used is qualitative with a descriptive approach. Data were collected using interview techniques by interviewing 4 teachers and verifying the data, triagulation was carried out by interviewing 5 students and the data obtained was analyzed using data reduction. The results of data analysis found 10 themes, namely: (1). Morning to evening (2). Teaching and learning activities (3). Student Affairs (4). Time restrictions (5). Learning strategies (6). Application of sanctions (7). Provide a positive example (8). Create rules (9). Building a learning environment (10). Teacher as guide. This smartphone restriction is considered to be able to improve the learning discipline of class also to help increase focus and discipline in learning.

Abstrak

Peran guru terhadap pembatasaan smartphone guru dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mengatur penggunaan smartphone yang digunakan oleh peserta didik. Salah satu hal yang diharapkan ini untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pelaksanaan pembatasan smartphone di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor, 2) Mengetahui peran guru dalam pembatasan smartphone yang dilakukan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor, 3) Mengetahui peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan dekriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan mewawancarai 4 guru dan memverifikasi data dilakukan triagulasi dengan mewawancarai 5 peserta didik dan data yang diperoleh dianalis menggunakan reduksi data. Hasil dari analisis data ditemukan 10 tema, yaitu: (1). Pagi sampai sore (2). Kegiatan belajar mengajar (3). Kesiswaan (4). Pembatasan waktu (5). Strategi pembelajaran (6). Penerapan sanksi (7). Memberikan teladan yang positif (8). Membuat aturan (9). Membangun lingkungan belajar (10). Guru sebagai pembimbing. Pembatasan smartphone ini dinilai dapat meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor dan guru berperan penting saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan merancang strategi pembelajaran yang efektif, dan peserta didik perlu memahami bahwa pembatasan smartphone ini bukan bertujuan untuk melarang sepenuhnya, tetapi juga untuk membantu dalam meningkatkan fokus dan kedisiplinan dalam belajar.

References

Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak

Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu publishing.

Basri, F., Sahib, H., & Kaharuddin, K. (2023). Peran guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Journal of Innovation Research and Knowledge, Vol.2 No.8.

Cahyani, K., & Dewi, D. A. (2021). Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter peserta didik agar menciptakan siswa yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol.9 No.2.

Daulae, T. H. (2020). Upaya keluarga dalam pembinaan disiplin belajar di era milenial. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, Vol.8 No.2.

Fadlillah, M. I. (2024). Peran Guru PAI Di Era Digital Dalam Mengembangkan Nilai Karakter Peserta Didik Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 03 Purwokerto: Skripsi

Fatimah, A. C. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengoptimalisasi Ketergantungan Anak Pada Smartphone. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, Vol.12 No.2

Ghofururrohim, N. M., Wicaksono, R. N., & Faristiana, A. R. (2023). Pengaruh Smartphone Terhadap Anak Usia Dini. Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, Vol.3 No.2.

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan e-modul berbasis smartphone sebagai media literasi masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), Vol.4 No.2.

Haq, N. U. (2022). Penggunaan Smartphone Terhadap Perubahan Pola Sosialisasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Vol. 23 No.2.

Herdiansyah, H. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa. AL-IDRAK: Jurnal Pendidikan Islan dan Budaya, Vol.1 No.1.

Jaya, K. A. L., & Nurhayati, I. (2021). “Implikasi Modernisasi Teknologi Smartphone Terhadap Akhlak Siswa Kelas VII A DI MTsS”: Skripsi

Kholiq, A. (2023). Peran Etika Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.2 No.1.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, Vol.3 No.1.

Mamonto, S., Darto, W., Itsna Noor, L., I Putu Dicky, M. P., Achmad Tavip, J., M Sahrawi, S., N.S., Khotim, J.A., Ghozali, Sudarno, N., Renaldo & Ika Agustin, A. (2023). Disiplin dalam Pendidikan.

Mardiati, I. (2020). Antisipasi Dampak negatif Penggunaan Smartphone Bagi Siswa kelas XI SMA Negeri 8 Batang Hari Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.6 No.1.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol.18 No.2.

Mistiningsih, C., & Fahyuni, E. F. (2020). Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. MANAZHIM, Vol.2 No.2.

Muadzin, A. M. A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.7 No.2.

Parnawi, A., & Ridho, D. A. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, Vol.3 No.1.

Putra, H. M. (2020). Perilaku kedisiplinan siswa dilihat dari etika belajar di dalam kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol.3 No.1.

Putri, D. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Strategi Menghadapi Dampak Negatif Penggunaan Smartphone Pada Anak Dalam Tinjauan Filsafat Teknologi. MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary, Vol.2 No.1.

Rizki, N. (2020). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mereduksi Penyalahgunaan Smartphone Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas XI MIA 1 Di SMA Negeri 1 Lima Puluh (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara): Skripsi

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif, yogyakarta: Cv Budi Utama

Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol.2 No.1.

Siregar, D. M., & Syaputra, E. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), Vol.1 No.3.

Sudiansyah, S., Lutfi, M., Bosco, F. H., Putra, R. P., Fauziyah, W. R. A., Rais, R., & Al Haddar, G. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan belajar siswa. Global Education Journal, Vol.1 No.1.

Sulistyowati, A., & Sugiarti, R. (2021). Hubungan Antara Pemberian Hadiah Terhadap Kedisiplinan Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Intervening. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, Vol.5 No.1.

Suryani, S. E. (2022). Peran Guru PAI Dalam Mengoptimalkan Penggunaan Smartphone Sebagai Penunjang Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Parepare (Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE): Skipsi

Triani, T., & Triana, N. (2023). Peran orang tua dalam mengawasi penggunaan smartphone pada anak usia 9 tahun di Desa Lemahsubur. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, Vol.2 No.2.

Wahyudi, R. (2020). Kontrol sosial orang tua terhadap dampak penggunaan smartphone pada anak remaja di Mangkupalas Kecamatan Samarinda Seberang. Ejournal Sosiatri-Sosiologi, Vol.8 No.1.

Wardani, I. K. (2024). Peran Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di Desa Klampok Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara: Skripsi

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, Vol.5 No.2.

Sugiono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,dan kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,dan kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono, (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: PT Raja Grafindo persada.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Muzaki, M. F., Nawawi, K., & Alwahid, M. A. (2025). Peran guru terhadap pembatasan smartphone dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(1), 168–182. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18170

Issue

Section

Articles