Penerapan bimbingan periodik untuk meningkatkan kreativitas guru di SMA Citra Madani Cibinong
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.19049Keywords:
bimbingan periodik, kreativitas guru, Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)Abstract
Teacher creativity is an important factor in improving the quality of learning. However, there are still obstacles in developing teacher creativity, especially in terms of planning and implementing innovative learning. One of the efforts that can be done to overcome this problem is through periodic guidance by the principal. This study aims to examine the effectiveness of periodic guidance in improving teacher creativity at Citra Madani Cibinong High School. This study used a qualitative method with a School Action Research (SAI) approach. The research was conducted in two cycles consisting of preparation, implementation, observation, and reflection stages. Data were collected through observation, interviews, and document analysis. The results showed that periodic guidance by the principal contributed positively to the improvement of teacher creativity. Indicators of this improvement can be seen from the better attendance rate of teachers, the ability of teachers to develop lesson plans independently, and the results of principal supervision that show improved teacher performance. Findings from the first and second cycles show that teachers' creativity continues to improve along with the implementation of continuous periodic guidance.
Abstrak
Kreativitas guru merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, masih terdapat kendala dalam pengembangan kreativitas guru, terutama dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang inovatif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah melalui bimbingan periodik oleh kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas bimbingan periodik dalam meningkatkan kreativitas guru di SMA Citra Madani Cibinong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan periodik oleh kepala sekolah berkontribusi positif terhadap peningkatan kreativitas guru. Indikator peningkatan ini terlihat dari tingkat kehadiran guru yang lebih baik, kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara mandiri, serta hasil supervisi kepala sekolah yang menunjukkan peningkatan kinerja guru. Temuan dari siklus pertama dan kedua menunjukkan bahwa kreativitas guru terus meningkat seiring dengan pelaksanaan bimbingan periodik yang berkelanjutan.
References
Alwahid, M. A. (2021). Pembelajaran Ramah Otak, Ramah Anak dan Ramah Lingkungan. Lamongan: CV. Pustaka Wacana.
Baron, S. (2019). The Birth of Intertextuality: The Riddle of Creativity. New York: Routledge. doi: 10.4324/9780203711057
Bernard, H. W., & Fullmer, D. W. (1969). Principles of Guidance: A Basic Text. International Textbook Company.
Djumhur, I., & Surya, M. (1975). Bimbingan dan penyuluhan di sekolah. Bandung: CV. Bina Ilmu.
Haefele, J. (1962). Creativity and Innovation: Reinhold Management Refer-ence Series.
Hidayat, R. (t.t.). Pedagogi Kritis Sejarah, Perkembanga dan...98.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata pena.
Munandar, S. C. U. (1999). Kreativitas dan keberbakatan: Strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat (Vol. 9). Gramedia Pustaka Utama.
Salim, M. H., & Kurniawan, S. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Shertzer, B., & Stone, S. C. (1976). Fundamentals of Guidance. Houghton Mifflin.
Soemardjan, S. (1983). Kreativitas: Suatu Tinjauan dari Sosiologi” dalam Sutan Takdir Alisyahbana. Kreativitas. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
Sukmadinata, N. S. (2019). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Pengembang Materi BPSDMPK. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah, Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat pengembangan Tenaga Pendidikan.
Wallas, G. (1976). Stages in the creative process: The creativity question. Duke University Press Durham.
Winkel, W. S. (1989). Psikologi pengajaran. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Azhar Alwahid, Bahrum Subagiya, Muhammad Faishal Hidayat, Nurmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.