Penerapan sanksi dan reward dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Riffkha Hizafia Ghrinsky Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • M. Zainul Hasani Syarif Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Noor Isna Alfaien Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i4.19988

Keywords:

Sanctions, Reward, Student Discipline, Kedisiplinan siswa, Sanksi

Abstract

The application of sanctions and rewards is a strategy used by educational institutions in fostering and strengthening student discipline. At MTs Al-Ahsan Bogor, this strategy is applied as part of the effort to build orderly and responsible student characters. The background of this study is that there are still students who lack discipline, both in compliance with rules, arrival, and learning attitudes. This study aims to determine the application of sanctions and rewards in improving student discipline and identifying supporting and inhibiting factors. The research method used is qualitative with a case study approach, through observation, interview, and documentation techniques. TThe results show that sanctions are given gradually and educationally according to the type of offense, such as memorization, cleaning, to giving violation points, which is proven to have a deterrent effect and attitude change. Rewards are given in the form of praise, additional grades, simple gifts, and good behavior letters to motivate students to be consistently disciplined. Supporting factors include the cooperation of teachers, school parties, and parents, while obstacles arise from the lack of parental attention, students' low understanding of the value of discipline, and the influence of the friendship environment. This study concludes that sanctions and rewards play an important role in fostering student discipline, but it is necessary to strengthen the socialization of the value of discipline and a more structured reward system.

Abstrak

Penerapan sanksi dan reward merupakan strategi yang digunakan lembaga pendidikan dalam menumbuhkan dan memperkuat kedisiplinan peserta didik. Di MTs Al-Ahsan Bogor, strategi ini diterapkan sebagai bagian dari upaya membentuk karakter siswa yang tertib dan bertanggung jawab. Latar belakang penelitian ini adalah masih ditemukannya siswa yang kurang disiplin, baik dalam kepatuhan terhadap aturan, kedatangan, maupun sikap belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sanksi dan reward dalam meningkatkan kedisiplinan siswa serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanksi diberikan secara bertahap dan edukatif sesuai jenis pelanggaran, seperti hafalan, bersih-bersih, hingga pemberian poin pelanggaran, yang terbukti menimbulkan efek jera dan perubahan sikap. Reward diberikan dalam bentuk pujian, nilai tambahan, hadiah sederhana, dan surat berkelakuan baik untuk memotivasi siswa agar konsisten disiplin. Faktor pendukung meliputi kerja sama guru, pihak sekolah, dan orang tua, sedangkan hambatan muncul dari kurangnya perhatian orang tua, rendahnya pemahaman siswa tentang nilai kedisiplinan, serta pengaruh lingkungan pertemanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sanksi dan reward berperan penting dalam pembinaan disiplin siswa, namun diperlukan penguatan sosialisasi nilai disiplin dan sistem reward yang lebih terstruktur.

References

Abdul Munir, M. (2014). Seni Mengelola Lembaga Pendidikan Islam. . Ciputat: Lekdis Nusantara.

Ahmad Bahril Faidy, I. M. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Ambunten. . Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan.

al-Muqoddam. (2010). Mengapa Kita Sholat. Jakarta: Pustaka Imam Ahmad.

Bafadhol, I. (2015). Sanksi dan Penghargaan dalam Pendidikan Islam. . Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam.

Damayanti, S. (2024). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V MI Miftahul Umam.

Habibah Indah Ratnasari, T. A. (2024). “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik melalui Reward dan Punishment di SMPN 1 Nguntoronadi”. Jurnal Karya Ilmiah Guru.

Muzakki, J. A. (2017). PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG GANJARAN DAN HUKUMAN DALAM PENDIDIKAN ANAK. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak.

Niarrofah, N. d. (2024). PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Al-Marhalah.

Nisa, N. C. (2022). laksanaan Pemberian Reward dan Punishment dalam Membentuk Perilaku Disiplin pada Kelompok B di PAUD ABA Nurul Hidayah Program Khusus Surakarta.

Rifa’i Abubakar, M. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Robi Pratama Putra, J. A. (2021). . Persepsi Guru Tentang Reward dan Punishment Yang Diberikan Kepala Sekolah Smk Swasta di Kecamatan Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Silvia Anggraini, J. S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha.

Syarif, M. Z. (2020). PENDIDIKAN ISLAM DAN MORALITAS SOSIAL , Upaya Preventif-Kuratif Dekadensi Moral dan Kehampaan Spiritual Manusia Modernis. Jakarta: KENCANA.

Syarif, M. Z. (2024). Strategi pembangunan pendidikan Islam di Indonesia Timur. Journal of Islamic Education.

Wahyuni, T. (2018). PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1SUKABUMI INDAH BANDAR LAMPUNG.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Ghrinsky, R. H., Syarif, M. Z. H., & Alfaien, N. I. (2025). Penerapan sanksi dan reward dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(4), 445–458. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i4.19988

Issue

Section

Articles