Mengembangkan Strategi Literasi Informasi Sebagai Bagian Dari Reformasi Kurikulum

Penulis

  • Ridwan M Soleh Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.14676

Kata Kunci:

Strategi, Literasi Informasi, Reformasi Kurikulum

Abstrak

Sekalipun literasi informasi bukan sesuatu yang baru, namun wacananya belum begitu populer di Indonesia. Persoalan literasi bukan hanya di dunia professional saja, namun dalam konteks pendidikan pun menjadi salah satu isu dalam pembelajaran di Institusi Pendidikan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dan studi literatur, pelaksanannya dengan mencari pada sumber penelitian yang relevan untuk menunjang bahan guna pengembangan strategi dalam pengembangan atau reformasi kurikulum. Di antara bentuk pendekatan yang dapat dilakukan adalah perlunya meluncurkan kursus literasi informasi di institusi pendidikan untuk menuntut reformasi kurikulum. Hal ini menuntut kurikulum yang berkualitas yang memenuhi kebutuhan yang berasal dari perubahan yang selalu dinamis dari masyarakat masing-masing. Pentingnya kurikulum, mencatat bahwa perubahan tidak dapat dihindari dan oleh karena itu, studi kurikulum diperlukan untuk mengelola perubahan tersebut. Penelitian ini menawarkan kebaharuan mengenai pendekatan dalam mengembangkan strategi literasi informasi dalam reformasi kurikulum yang diharapkan dapat menjadi acuan guna kurikulum yang lebih baik dengan perkembangan sumber daya manusia pada ranah peningakatan kemampuan literasi.

Referensi

Avcı, Ü., & Yıldız Durak, H. (2022). Examination of digital citizenship, online information searching strategy and information literacy depending on changing state of experience in using digital technologies during COVID-19 pandemic. Journal of Information Science. Https://doi.org/10.1177/01655515221114455

Hicks, A., & Lloyd, A. (2021). Deconstructing information literacy discourse: Peeling back the layers in higher education. Journal of Librarianship and Information Science, 53(4), 559–571. Https://doi.org/10.1177/0961000620966027

Husaebah P, S. (2014). Literasi Informasi : Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2).

Jabeen, M., Yun, L., Rafiq, M., Jabeen, M., & Tahir, M. A. (2016). Information literacy in academic and research libraries of Beijing, China: Practices, methods and problems. Information Development, 32(3), 579–591. Https://doi.org/10.1177/0266666914562845

Lee, A. Y. L. (2016). Media education in the School 2.0 era: Teaching media literacy through laptop computers and ipads. Global Media and China, 1(4), 435–449. Https://doi.org/10.1177/2059436416667129

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. Https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Mashuri, I. (2012). IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI DI SEKOLAH. Https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v3i1.635

Molla, A., Melesse, S., & Melesse, T. (2022). Practitioners’ Curriculum Conceptualization and Their Professional Participation in Curriculum Development and Implementation in Ethiopia. Journal of Education. Https://doi.org/10.1177/00220574221088504

Salisbury, F., & Sheridan, L. (2011). Mapping the journey: Developing an information literacy strategy as part of curriculum reform. Dalam Journal of Librarianship and Information Science (Vol. 43, Issue 3, hlm. 185–193). Https://doi.org/10.1177/0961000611411961

Shonfeld, M., Aharony, N., & Nadel-Kritz, N. (2022). Teachers’ perceived information literacy self-efficacy. Journal of Librarianship and Information Science, 54(3), 494–507. Https://doi.org/10.1177/09610006211026950

Soini, T., Pietarinen, J., & Pyhältö, K. (2018). Shared sense-making strategies in curriculum reform: District-level perspective. Improving Schools, 21(2), 111–126. Https://doi.org/10.1177/1365480217744290

Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Terhadap Kualitas Pembelajaran (Issue 2).

Wu, J. (2016). Educational discipline, ritual governing, and Chinese exemplary society: Why China’s curriculum reform remains a difficult task. Policy Futures in Education, 14(6), 721–740. Https://doi.org/10.1177/1478210316645248

Wusylko, C., Boehm, S., Dawson, K., & Kohnen, A. (2022). Adolescent Social Media Information Literacy Outside of School: A Scoping Review of the Literacy and Educational Technology Literature. Journal of Educational Technology Systems, 51(1), 89–107. Https://doi.org/10.1177/00472395221110567

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Soleh, R. M. (2023). Mengembangkan Strategi Literasi Informasi Sebagai Bagian Dari Reformasi Kurikulum. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.14676

Terbitan

Bagian

Articles