Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membina hubungan interpersonal guru dan orang tua dalam membentuk karakter anak

Penulis

  • Fanny Sidqia Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Listiowati Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Irnie Victorynie Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.17326

Kata Kunci:

Guru, Kepala sekolah, Orang tua, Strategi kepemimpinan

Abstrak

This tudy aims to eplore the strategies of school principals in building strong interpersonal relationships between teachers and parents to shape children’s character. Through a qualitive approach involving in-depth interviews, observations, and document analysis, it was found that effective school principals integrate open communication, collaboration, and parental involvement in school activities. The result indicate that these strategies positively influence student character formation, enhance parental involvement, and strengthen interpersonal relationships in the school environment. In conclusion, it discusses the strategies implemented by school principals to strengthen the relationship between teachers and parents, as well as their positive impact on children's education in shaping student character.

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun hubungan interpersonal yang kuat antara guru dan orang tua guna membentuk karakter anak. Melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen, ditemukan bahwa kepala sekolah yang efektif memadukan komunikasi terbuka, kolaborasi, dan keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi ini secara positif memengaruhi pembentukan karakter siswa, meningkatkan keterlibatan orang tua, dan memperkuat hubungan interpersonal di lingkungan sekolah. kesimpulannya Ini membahas strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah untuk memperkuat hubungan antara guru dan orang tua, serta dampak positifnya terhadap pendidikan anak dalam pembentukan karakter siswa.

Referensi

Agustin, N., Hanum, A. M., Hanifa, S., Martaningsih, S. T., & Maryani, I. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa (1st ed.). UAD Press.

Amalia, K., Thahir, M., & Alfaiz, A. (2023). “7 POE Atikan Istimewa” Membangun karakter unggul melalui model manajemen mutu pendidikan (R. Fadhli, Ed.; 1st ed.).

Anggito, A., & Septiawan, J. S. P. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (E. D. Lestari, Ed.; 1st ed.). CV Jejak.

Elfrianto, Utama, I., & Akmaluddin, Z. A. (2024). Manajemen kinerja guru dalam konteks kurikulum merdeka: Peningkatan efektivitas pembelajaran (N. A. M. Arifin, Ed.; 1st ed.). UMSU Press.

Fauziah, I. (2014). Peran guru dalam mengembangkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–8.

Halia, S., & Linda, R. (2023). Meningkatkan kinerja guru. Jurnal Pendidikan, 2(3), 491–499.

Hassan, M. H. (2001). Pendidikan Islam di Singapura. Seminar Islam di Pusat-Pusat Pengajian Tinggi ASEAN Ke-3, Fakulti Pengajian Islam UKM dan Kerajaan Negeri Melaka.

Kajian, J., Widya, P., FKIP, A., & Dwijendra, U. (2017). Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra. 2085(1), 1–10.

Lestiono, R., Sabilah, F., Setyaningrum, R. W., Gusdian, R. I., Kodir, S., Khofiyah, N., Rachmawati, M., Febryana, L. A., & Suparmi, E. K. (2018). Pedoman pembelajaran interkultural berbasis pendidikan karakter (1st ed.). Universitas Muhammadiyah Malang.

Prihantini, H., Kadiyo, H., Sariani, N., Rahayu, R., Hilir, A., Shofa, M., Anwari, A. M., Muhibullah, M., & Dalimunthe, B. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan moral dan karakter kepatuhan peserta didik (M. S. Nur Kholik, Ed.; 1st ed.). EDU Publisher.

Purworejo, A. (n.d.). Peran guru dalam pendidikan karakter peserta didik di SDIT. Jurnal Pendidikan, 13(1), 13–22.

Saadah. (2022). Sebagai upaya mewujudkan kinerja teamwork di MI NU. Jurnal Kepemimpinan, 7(4). https://doi.org/10.34125/kp.v7i4.863

Widodo, H. (2018). Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter di sekolah dasar Muhammadiyah Sleman. Metodik Didaktik, 13(2), 69–80. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.8162

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Sidqia, F., Listiowati, & Victorynie, I. (2025). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam membina hubungan interpersonal guru dan orang tua dalam membentuk karakter anak. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(1), 102–113. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.17326

Terbitan

Bagian

Articles