Evaluasi dampak kebijakan penghargaan guru berprestasi terhadap kinerja dan motivasi guru Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • Muhamad Roby Ashari Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Ahmad Syadizili Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi
  • Baharuddin Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.17420

Kata Kunci:

Award; Performance; Motivation.

Abstrak

This study aims to analyze the impact of the reward policy on the performance and motivation of senior high school teachers. The award is given as a form of appreciation for the dedication of teachers in devoting their thoughts, energy and resources for the advancement of education. The method used in this research is literature review and literature review relevant to the research topic. Through this approach, the research is expected to provide a comprehensive picture of the effect of rewards on teacher professionalism and morale. The results show that the government's reward policy has a significant impact on improving teachers' welfare and motivation. This is reflected in the high enthusiasm of teachers in obtaining certification as a competency requirement set by the government. In addition, the government has also developed specific guidelines for assessing and rewarding outstanding teachers. These awards not only encourage teachers to maintain optimal performance but also inspire them to innovate in education. Thus, the awards should not only assess academic achievements, but also innovations and contributions that have a positive impact on society and the development of education.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebijakan penghargaan terhadap kinerja dan motivasi guru Sekolah Menengah Atas (SMA). Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi guru dalam mencurahkan pemikiran, tenaga, dan sumber daya demi kemajuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka dan kajian literatur yang relevan dengan topik penelitian. Melalui pendekatan ini, diharapkan penelitian dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai pengaruh penghargaan terhadap profesionalisme dan semangat kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan penghargaan yang dikeluarkan pemerintah memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan dan motivasi guru. Hal ini tercermin dari tingginya antusiasme guru dalam memperoleh sertifikasi sebagai syarat kompetensi yang ditetapkan pemerintah. Selain itu, pemerintah juga telah mengembangkan pedoman khusus untuk menilai dan memberikan penghargaan kepada guru berprestasi. Penghargaan ini tidak hanya mendorong guru untuk mempertahankan kinerja yang optimal, tetapi juga menginspirasi mereka untuk berinovasi dalam dunia pendidikan. Dengan demikian, penghargaan yang diberikan sebaiknya tidak hanya menilai pencapaian akademik, tetapi juga inovasi dan kontribusi yang berdampak positif bagi masyarakat dan perkembangan pendidikan.

Referensi

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515

Andy Pratama, M. F., & Putri Handayani, W. P. (2022). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan: Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sosial Ekonomi Bisnis, 2(2), 62–70. https://doi.org/10.55587/jseb.v2i2.46

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Putra, R. S., & Ar, M. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sma Negeri 3 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3).

Saudagar, F., & Pradana, H. C. (2020). Pengaruh Reward dan Komitmen Guru Terhadap Kepuasan Kerja Pada SMK Negeri Kota Jambi. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 02(01).

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81

Sinaga, E. D. (2021). Efektivitas Pemberian Reward Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Perguruan Tamansiswa Kota Pematangsiantar. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 5(2), 285–292. https://doi.org/10.30743/mkd.v5i2.4367

Wardana, D. S. (2013). Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasi. Jurnal ilmiah psikologi terapan, 01(1), 98-109.

Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02). https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.379

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Ashari, M. R., Syadizili, A., & Baharuddin. (2025). Evaluasi dampak kebijakan penghargaan guru berprestasi terhadap kinerja dan motivasi guru Sekolah Menengah Atas. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(1), 132–139. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.17420

Terbitan

Bagian

Articles